RANS PIK bakal tanpa Shane Heyward di lima pertandingan IBL 2022

  • Bagikan
rans pik bakal tanpa shane heyward di lima pertandingan ibl 2022 622b40468ffc1.jpeg
rans pik bakal tanpa shane heyward di lima pertandingan ibl 2022 622b40468ffc1.jpeg
Jakarta (ANTARA) – RANS PIK Basketball tidak akan diperkuat satu pemain asing mereka, Hal Shane Heyward, yang dikenai sanksi larangan bertanding dalam lima pertandingan Liga Bola Basket Indonesia (IBL) 2022.

Hukuman tersebut dijatuhkan terhadap Heyward setelah dia terbukti memukul pemain asing Prawira Bandung, Taj Davis Spencer. Akibat perbuatannya, pemain berusia 29 tahun itu juga dikenai denda Rp20 juta, demikian pernyataan resmi liga, Jumat.

Heyward terbukti memukul Spenser berdasarkan hasil peninjauan yang dilakukan seluruh wasit dan IBL. Aksi kekerasan tersebut terjadi pada dua menit 25 detik tersisa di kuarter keempat.

“Hukuman ini sesuai dengan peraturan pertandingan IBL Bab V Pasal 3 Ayat 2,” kata Manajer Kompetisi IBL, Rufiana.

Pasal tersebut disebutkan bahwa personel klub yang saat pertandingan melakukan pemukulan, menendang, menyikut dan kekerasan fisik lain dengan disengaja, baik sebagai inisiator maupun pembalasan terhadap sesama pemain, pelatih, manajer, ofisial, IBL dan penonton/suporter pada kegiatan IBL dapat dikeluarkan dari pertandingan, dikenakan sanksi larangan mendampingi minimal lima kali pertandingan serta dikenakan denda minimal sebesar Rp20 juta.

Baca juga: Hasil IBL 2022: RANS PIK catat kemenangan kelima beruntun
Baca juga: RANS PIK hentikan rentetan kemenangan NSH Mountain Gold di IBL 2022

Meskipun tindakan pemukulan, menendang, menyikut, dan bentuk tindakan kekerasan fisik lain tersebut tidak terlihat oleh wasit, tetapi dapat dibuktikan melalui rekaman video maka personel yang bersangkutan tetap akan dikenakan sanksi dan denda.

IBL menegaskan bahwa sanksi dan denda serupa juga akan dikenakan apabila kekerasan fisik dilakukan di luar pertandingan.

Sanksi tersebut menjadi pukulan bagi RANS PIK, mengingat Shane Heyward merupakan pilar penting bagi tim di musim ini.

Tim debutan milik Raffi Ahmad itu belum terkalahkan dalam lanjutan IBL 2022 yang dimulai sejak 3 Maret lalu, salah satunya berkat peran Heyward.

Heyward, yang memperkuat Satya Wacana Salatiga di IBL 2020, mencatatkan performa cukup impresif bersama RANS PIK di sepanjang musim ini. Sejauh ini, dia mencetak rata-rata 12,55 poin dan 8,09 rebound per pertandingan.

Baca juga: IBL 2022 bisa disaksikan penonton mulai besok
Baca juga: Dewa United Surabaya lepas dua pemain asing sekaligus

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2022

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

-->