Kamis, 27 Mei 2021

Timnas 3×3 putri tampil lebih gigih lawan Jerman walau tetap kalah


Jakarta (ANTARA) – Tim nasional bola basket 3×3 putri Indonesia tampil lebih gigih saat melawan Jerman dalam gim kedua Pool A Kualifikasi Olimpiade Tokyo di Graz, Austria, Kamis, namun kalah 9-22.

Seperti saat melawan Amerika Serikat pada gim pertama, Indonesia kembali harus menghadapi pemain liga putri AS WNBA, Satou Sabally, yang merupakan rekrutan kedua WNBA Draft 2020 lalu yang dipilih Dallas Wings.

Penampilan Nathania Orville dkk yang disiarkan langsung oleh FIBA dalam kanal Youtube mereka ini jauh lebih agresif dan tenang dibandingkan gim pertama melawan AS yang berakhir saat masih menyisakan waktu empat menit tujuh detik.

Indonesia bahkan membuat Jerman kesulitan mencetak angka pada satu menit pertama dan bisa mencetak poin pembuka laga ketika CO, demikian sapaan akrab Nathania, menerobos melakukan layup dari sisi kanan.

Jerman segera memperbaiki kelengahan dengan menajamkan pola serangan termasuk dua lemparan luar busur dari Theresa Simon dan Sabally untuk menjauh 7-1 pada sisa waktu tujuh menit empat detik.

Marjin ketertinggalan Indonesia dipangkas menjadi sisa lima poin melalui Lea Kahol dan Dewa Made Ayu Sriartha dalam kedudukan 3-8, tetapi masalah sempat muncul ketika Dyah Lestari tampak mengerang kesakitan pada sisa waktu ke lima menit 15 detik.

Baca juga: Timnas basket 3×3 putri adaptasi dengan suhu dingin di Austria

Dyah mendapat perawatan dari tim medis di tepi lapangan sementara rekan-rekannya kian tertinggal 5-12 saat Sabally kembali melesakkan tembakan dua angka.

CO dan Ayu bisa menceploskan bola untuk menjaga marjin tujuh poin pada sisa waktu dua menit 16 detik, tetapi Sabally kemudian menceploskan tiga tembakan dua angka secara beruntun guna membawa Jerman menjauh 20-8 pada sisa waktu satu menit 37 detik.

Ayu sempat membalas sekira 14 detik berselang, tetapi tembakan luar busur Simon pada sisa waktu 58 detik untuk mengunci kemenangan Jerman 22-9.

CIMB NIAGA

Jerman meraih dua kemenangan di Pool A setelah pada gim pertama mengalahkan Uruguay 21-12.

Indonesia masih punya dua pertandingan lagi di Pool A pada Sabtu (29/5) yakni melawan Uruguay sekitar pukul 16.00 WIB dan Prancis sekira pukul 18.30 WIB.

Turnamen 3×3 kualifikasi Olimpiade Tokyo memperebutkan tiga slot putra dan tiga slot putri untuk tampil dalam keikutsertaan perdana 3×3 sebagai cabang olahraga pada pentas Olimpiade.

Hanya juara Pool yang melangkah ke babak perempat final dan Indonesia saat ini berada pada posisi paling buncit setelah dua kekalahan dan hanya mampu membukukan total 16 poin dari dua pertandingan.

Baca juga: Timnas basket 3×3 putri siap tampil maksimal di kualifikasi Olimpiade

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar

mood_bad
  • Belum ada komentar.
  • Tambahkan komentar

    BACAAN TERKAIT