Purwokerto (ANTARA) – Pengurus Pusat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) menunjuk Purwokerto, Banyumas, menjadi tuan rumah BNI Sirkuit Nasional (Sirnas) A Jawa Tengah 2022 di kompleks Gelanggang Olahraga Satria Purwokerto, 3-8 Oktober.

Kejuaraan yang dibuka Bupati Banyumas Achmad Husein di Sasana Krida Raga Satria, GOR Satria Purwokerto, Senin, ini diikuti 1.011 atlet bulu tangkis dari berbagai klub/perkumpulan bulu tangkis (PB) seluruh Indonesia.

Bupati Banyumas Achmad Husein menyampaikan terima kasih kepada Pengurus Pusat PBSI yang kembali menunjuk Purwokerto sebagai tuan rumah penyelenggaraan sirnas bulu tangkis seperti beberapa tahun sebelumnya.

“Nanti akan muncul benih-benih unggul dari sini. Ini akan mendorong semangat masyarakat Banyumas untuk berjaya di cabang olahraga bulu tangkis seperti dahulu,” katanya.

Baca juga: PBSI fokus persiapan Olimpiade Paris usai atasi konflik internal
Baca juga: PBSI Aceh jaring atlet PORA untuk persiapan PON 2024

Menurut dia, atlet-atlet bulu tangkis asal Banyumas banyak yang berjaya di tingkat nasional maupun internasional, salah satunya Tontowi Ahmad.

Sementara itu, Ketua Pengurus Kabupaten PBSI Banyumas Eko Prijanto mengatakan kegiatan BNI Sirnas A Jawa Tengah 2022 selain digelar di Sasana Krida Raga Satria juga berlangsung Gedung Serbaguna GOR Satria.

Pada Sirnas Purwokerto ada 15 nomor yang pertandingan. Dari 1.011 peserta terbagi atas kelompok pemula sebanyak 392 peserta, kelompok remaja sebanyak 371 peserta, dan kelompok taruna sebanyak 248 peserta dan untuk total hadiah mecapai Rp396 juta.

“Alhamdulillah Purwokerto sudah ketiga kalinya sebagai penyelenggara dan sebetulnya pada tahun 2020 juga ditunjuk namun karena pandemi, sehingga vakum dua tahun. Untuk kali ini Sirnas A yang merupakan seri tertinggi,” Ketua Panitia Pelaksana BNI Sirnas A Jawa Tengah 2022 Taufik Widjarmoko

Sementara itu salah seorang peserta BNI Sirnas A Jawa Tengah 2022, Regina (16) mengaku telah berlatih semaksimal mungkin sebagai persiapan untuk mengikuti kejuaraan tersebut mengingat persaingan yang dihadapi bakal ketat.

“Cita-cita saya bisa menembus pelatnas dan menjadi atlet bulu tangkis dunia,” kata Regina yang mengidolakan atlet bulu tangkis asal Jepang, Chiharu Shida itu.

Baca juga: Dejan/Gloria juara Vietnam Open 2022
Baca juga: PB Djarum: Mutiara tunjukkan progres yang pesat menuju WJC 2022

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2022