Rabu, 18 Agustus 2021

3 Penghargaan Individual yang Bakal Kembali Diperebutkan Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi


Jakarta – Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi kini sudah sama-sama meninggalkan La Liga Spanyol dan bermain di kompetisi yang berbeda. Namun, bukan berarti persaingan kedua pemain terbaik dalam satu dekade terakhir ini sudah berhenti.

Setelah Cristiano Ronaldo meninggalkan Real Madrid pada 2018, tak ada lagi persaingan yang intens di La Liga yang hanya menyisakan Lionel Messi.

Namun, menariknya pada musim panas 2021 ini Messi turut meninggalkan La Liga dan memutuskan bergabung bersama klub raksasa Prancis, Paris Saint-Germain (PSG).

Satu hal yang juga menarik, Lionel Messi kini satu tim dengan mantan rekan setim Cristiano Ronaldo di Real Madrid, Sergio Ramos.

Namun, persaingan antara Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi, sebenarnya belum benar-benar usai. Kedua pemain tersebut masih sama-sama mampu bermain di level tertinggi, apalagi didukung dengan kondisi bermain di klub besar di kompetisi domestiknya masing-masing.

Bukan tidak mungkin Juventus yang diperkuat Cristiano Ronaldo dan PSG yang diperkuat Lionel Messi bertemu di Liga Champions. Namun, satu hal yang pasti, tanpa pertemuan kedua tim itu, kedua pemain memiliki arena lain dalam bersaing.

Pada musim ini, Cristiano Ronaldo masih punya potensi untuk meraih setidaknya lima penghargaan individual jika sukses bersama Juventus.

Namun, dari lima penghargaan yang bisa direbut Cristiano Ronaldo, ada tiga di antaranya yang harus melalui persaingan dengan Lionel Messi. Apa saja penghargaan individual yang bakal diperebutkan keduanya?

UEFA Player of the Year

UEFA Player of the Year, atau penghargaan pemain terbaik Eropa merupakan sebuah penghargaan yang diberikan kepada individu pemain yang memperlihatkan performa terbaik dalam satu musim, baik berasma klub atau pun negaranya.

Meski gagal membawa Juventus menjadi juara di Serie A, begitu pun Timnas Portugal di Euro 2020, Cristiano Ronaldo mampu mengemas 29 gol di Serie A yang membuatnya menjadi top scorer di Liga Italia.

Jababeka industrial Estate

Sementara di Euro 2020, ia juga menjadi pencetak gol terbanyak, bersama pemain Republik Ceska, Patrik Schick dengan mengemas lima gol.

Cristiano Ronaldo tercatat sudah tiga kali meraih penghargaan ini, yaitu pada musim 2013/2014, 2015/2016, dan 2016/2017. Apakah Cristiano Ronaldo bisa meraih yang keempat.

Lionel Messi masih punya peluang untuk merebutnya dari Ronaldo. Memang jika melihat data dan statistik, pencapaian Lionel Messi tak terlalu baik pada musim lalu, tapi keberhasilan La Pulga mengantarkan Barcelona menjuarai Copa del Rey dan menjadi top scorer La Liga bisa saja membuat Ronaldo tersaingi.

Ballon d’Or

3. Menjuarai Ballon D'or dan FIFA's Player of the Year di dua liga berbeda, yakni ketika bermain untuk Manchester United dan Real Madrid. (AFP/Pierre-Philippe Marcou)
3. Menjuarai Ballon D’or dan FIFA’s Player of the Year di dua liga berbeda, yakni ketika bermain untuk Manchester United dan Real Madrid. (AFP/Pierre-Philippe Marcou)

Ballon d’Or adalah bukti nyata persaingan Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi selama bertahun-tahun. Keduanya sudah bersaing sejak 2007, di mana saat itu baik Messi dan Ronaldo menjadi kandidat tiga besar tapi kalah dari Kaka yang meraih predikat pemain terbaik dunia itu.

Baru pada 2008, Cristiano Ronaldo berhasil meraih Ballon d’Or pertama dalam kariernya. Lionel Messi menyusul dengan meraih bola emas itu pada 2009.

Setelah itu, Messi mendominasi dengan meraih tiga Ballon d’Or lagi pada 2010 hingga 2012. Cristiano Ronaldo kemudian kembali meraih Ballon d’Or pada 2013 dan 2014.

Lionel Messi kembali meraih Ballon d’Or pada 2015, tapi Cristiano Ronaldo kembali meraih penghargaan tersebut dua tahun berturut-turut pada 2016 dan 2017. Lionel Messi kembali meraihnya pada 2019.

Artinya Lionel Messi sudah meraih enam trofi Ballon d’Or, sementara Cristiano Ronaldo meraih 5 trofi. Namun, torehan tersebut sudah cukup untuk membuat kedua pemain tersebut menjadi dua pemain paling banyak meraih penghargaan tersebut dalam sepanjang sejarah Ballon d’Or yang dimulai sejak 1956.

Seperti halnya UEFA Player of the Year, Cristiano Ronaldo juga berpeluang meraih Ballon d’Or berkat keberhasilannya menjadi top scorer di Serie A dan Euro 2020.

Namun, kans Lionel Messi untuk menambah torehan Ballon d’Or juga besar, terutama karena Messi untuk pertama kalinya berhasil membawa Timnas Argentina menjuarai Copa America. Tak hanya meraih trofi Copa America 2021, Lionel Messi juga menjadi pencetak gol terbanyak dan pemain terbaik dalam turnamen tersebut.

Sepatu Emas Eropa

Sepatu Emas Eropa adalah penghargaan yang diberikan kepada pemain yang memimpin perolehan gol di kompetisi top Eropa, mulai dari Premier League Inggris, Serie A Italia, Bundesliga Jerman, Ligue 1 Prancis, atau pun La Liga Spanyol.

Penghargaan ini terakhir kali diraih oleh striker Bayern Munchen, Robert Lewandowski. Namun, yang menarik, seperti halnya Ballon d’Or, torehan terbanyak penghargaan ini juga dimiliki oleh Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Lionel Messi tercatat enam kali meraih Sepatu Emas Eropa, sementara itu Cristiano Ronaldo meraih empat penghargaan Sepatu Emas Eropa.

Dengan torehan gol yang dicetaknya pada musim lalu, Cristiano Ronaldo memang lebih berpeluang untuk mendapatkannya ketimbang Lionel Messi pada tahun ini.

Sumber: Bola.com

Komentar

mood_bad
  • Belum ada komentar.
  • Tambahkan komentar

    BACAAN TERKAIT