Andai Indonesia tuan rumah Piala Asia 2023

  • Bagikan
Jakarta (ANTARA) – Terakhir kali Indonesia menjadi tuan rumah Piala Asia adalah 2007 bersama dengan Malaysia, Thailand dan Vietnam ketika turnamen sepak bola se-Asia ini dijuarai oleh Irak setelah mengalahkan juara Asia tiga kali Arab Saudi dengan 1-0 dalam final.

Kini Indonesia berkesempatan menjadi tuan rumah tunggal untuk turnamen yang sudah digelar sejak 1956 tersebut setelah China mundur menjadi tuan rumah Piala Asia 2023 karena pandemi COVID-19.

28 Juni lalu atau dua hari sebelum tenggat waktu 30 Juni ditetapkan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC), PSSI resmi mengajukan diri menjadi tuan rumah Piala Asia 2023.

Pada hari itu pula AFC memundurkan tenggat bidding tuan rumah Piala Asia 2023 menjadi 15 Juli.

Korea Selatan menjadi negara kedua yang resmi mengajukan bidding tuan rumah Piala Asia 2023 pada 1 Juli.

Baca juga: Korea Selatan ajukan diri jadi tuan rumah Piala Asia 2023

Australia baru mempertimbangkan mengajukan bidding, Jepang hanya mengaku telah didekati secara tidak resmi agar menggantikan China, sedangkan Qatar sedang bertarung dengan Arab Saudi guna menjadi tuan rumah Piala Asia 2027.

Kepastian siapa tuan rumah Piala Asia 2023 akan ditentukan tahun ini oleh komite eksekutif AFC sebelum semua anggota AFC mengambil suara guna awal tahun depan guna menentukan tuan rumah Piala Asia 2027.

PSSI tadinya ragu mengajukan bidding karena waktu penyelenggaraan Piala Asia 2023 sangat berdekatan dengan Piala Dunia U-20 yang juga akan digelar di Indonesia tahun yang sama.

Piala Dunia U-20 akan digelar dari 20 Mei sampai 11 Juni, sedangkan Piala Asia bergulir mulai 16 Juni sampai 16 Juli dalam tahun yang sama.

PSSI akhirnya mengajukan bidding setelah Presiden Joko Widodo memberikan lampu hijau kepada Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali.

Baca juga: PSSI resmi ajukan diri jadi tuan rumah Piala Asia 2023

Masih 12 hari lagi untuk mengetahui siapa saja yang mengajukan bidding selain Indonesia dan Korea Selatan.

Namun semua negara yang sudah mengajukan dan baru mempertimbangkan bidding, sudah pernah menjadi tuan rumah Piala Asia. Tapi hanya Indonesia yang mengadakannya bersama dengan negara-negara lain.

Qatar dan Australia menjadi tuan rumah untuk dua dari tiga Piala Asia terakhir, sementara Qatar sudah dua kali menjadi tuan rumah pada 1988 dan 2011.

Korea Selatan menjadi tuan rumah pada 1960, tetapi belum pernah lagi menjadi tuan rumah turnamen besar sepak bola sejak bersama Jepang menjadi tuan rumah Piala Dunia 2002.

Baca juga: Indonesia tuan rumah Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 segrup Vietnam
Baca juga: Australia pertimbangkan tawarkan diri jadi tuan rumah Piala Asia 2023

Selanjutnya : membawa sukses

COPYRIGHT © ANTARA 2022

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

-->