简体中文EnglishBahasa Indonesia한국어Русский

Australia susul Vietnam ke final AFF U-18 Putri 2022

  • Bagikan
Palembang, Sumatera Selatan (ANTARA) – Tim nasional U-18 putri Australia menyusul Vietnam ke babak final Piala AFF-U18 Putri 2022 setelah mengalahkan Thailand dengan skor 1-0 pada partai semifinal di stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan, Selasa malam.

Perjuangan The Young Matildas selaku juara grup B dengan raihan poin sempurna itu terbilang berat saat berhadapan dengan Thailand yang telah memaksa mereka bermain hingga dua kali babak perpanjangan waktu.

Kapten tim putri Australia, Shay Taylay dan rekan yang tampil menyerang harus berpeluh keringat memecah kekokohan skema pertahanan Gajah Merah Muda sejak babak pertama dimulai.

Namun, setiap serangan yang dibangun para anak asuh pelatih Reanne Maree Dower itu berhasil dipatahkan oleh garis pertahanan Thailand yang dipimpin Supapron Intaraprasit.

Baca juga: Timnas Indonesia tumbang 0-3 kontra Thailand AFF U-18 putri 2022

Miyo Okamoto mempercepat tempo permainan anak asuhnya di babak kedua, yang dibuktikan beberapa kali lini depan Thailand menembus jantung pertahanan Australia.

Peluang diciptakan Supansa Trishto yang menerima umpan terobosan dari pemain pengganti Ratchada Srivirach pada menit ke 50, namun sepakan penyerang 16 tahun itu dapat dihalang jangkar pertahanan Australia Zoe Karipidis.

Thailand kembali mendapatkan dua kesempatan emas melalui serangan cepat kolaborasi Jeena Thongpan dan Praewe Nudnabee, tapi tetap saja gagal dikonversi jadi gol.

Tapi serangan motor penggerak bagi Gajah Merah Muda tersebut masih mampu dipatahkan dengan mudah penjaga gawang Australia, Tahlia Franco pada menit ke 54, dan 60.

Baca juga: Menilik “satu untuk semua, semua untuk satu” ala timnas U-16 Indonesia

Mendapat ancaman bertubi dari Thailand, Reanne merotasi pemainnya dengan memasukkan trisula andalannya di lini depan yakni India Baier, Ella O’rady dan Elana Cortellino.

Masuknya tiga pemain tersebut membuat Australia kembali menguasai jalannya pertandingan setidaknya berhasil melesatkan sembilan kali tendangan ke gawang.

Sayangnya, semua peluang tersebut gagal dikonversi jadi gol berkat ketangkasan Pawarisa Homyamyen malam ini.

Pertandingan pun dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu dengan kedudukan masih 0-0.

Baca juga: Afrika Selatan untuk kali pertama juarai Piala Afrika Putri

Penjaga gawang masa depan timnas putri Thailand Pawarisa Homyamyen mendapat ujian berat di babak perpanjangan waktu karena digempur habis-habisan oleh trisula Australia.

Hingga akhirnya Thailand harus mengakui keunggulan Australia, setelah Ella O’grady berhasil membobol gawang yang dijaga secara apik Pawarisa itu, melalui sepakan kaki kanannya pada menit ke 107.

Wasit Keomany Phengmeuangkhoun meniupkan peluit panjang menutup pertandingan yang berakhir dengan skor 1-0 untuk kemenangan timnas U-18 putri Australia.

Baca juga: Timnas putri Amerika menangi perjuangan kesetaraan gaji

Atas kemenangan tersebut timnas U-18 putri Australia bakal berhadapan dengan Vietnam pada babak final AFF U-18 Putri 2022 yang akan berlangsung pada Kamis (4/8) malam pukul 20.00 WIB di Stadion Glora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan.

Timnas U-18 putri Vietnam telah lebih dulu memastikan tiket ke babak final setelah mengalahkan Myanmar peringkat kedua Grup B itu dengan skor akhir 4-1.

Kemudian timnas U-18 putri Myanmar dan Thailand akan bertemu memperebutkan juara ketiga AFF U-18 Putri 2022 pada Kamis (4/8) sore pukul 15.30 WIB di Stadion Glora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan.

Pewarta: Muhammad Riezko Bima Elko
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2022

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

简体中文EnglishBahasa Indonesia한국어Русский
-->