Kamis, 22 Juli 2021

Data dan Fakta Menarik Duel Brasil Vs Jerman di Olimpiade Tokyo 2020: Head to Head hingga Final di Rio


Jakarta – Timnas Brasil akan berjibaku melawan Timnas Jerman di Grup D sepak bola putra Olimpiade Tokyo 2020 di Stadion Yokohama, Kamis (22/7/2021) pukul 18.30 WIB. 

Kamu dapat menyaksikan pertandingan Brasil VS Jerman melalui link streaming Olimpiade Tokyo 2020.

Brasil dan Jerman sama-sama baru saja menelan pil pahit di level senior. Brasil dikalahkan Argentina di final Copa America, sedangkan Jerman ditumbangkan Inggris di babak 16 besar Euro.

Untuk Olimpiade ini, sang juara bertahan, Tim Samba Brasil, mengusung skuad yang berisikan sejumlah pemain top. Termasuk di antaranya adalah Diego Carlos dari Sevilla, Bruno Guimaraes dari Lyon, Richarlison dari Everton, Gabriel Martinelli dari Arsenal, hingga pemain senior dan kapten Dani Alves yang saat ini memperkuat Sao Paulo.

Sementara itu, skuad Jerman untuk Olimpiade ini isinya adalah pemain-pemain Bundesliga. Pelatih Stefan Kuntz juga membawa tiga pemain senior, yaitu duo gelandang Nadiem Amiri (Bayer Leverkusen) dan Maximilian Arnold (VfL Wolfsburg), serta striker Max Kruse (Union Berlin).

Tergabung di Grup D bersama Pantai Gading dan Arab Saudi, Brasil dan Jerman merupakan dua unggulan terdepan. Namun, mereka sudah harus bentrok di laga pertama.

Brasil dan Jerman terakhir kali bertemu di Olimpiade adalah di final Olimpiade Rio de Janeiro 2016. Waktu itu, berstatus sebagai tuan rumah, Brasil yang dimotori Neymar sukses mengalahkan Jerman lewat adu penalti dan meraih medali emas.

Kali ini, mereka bertemu lagi di Tokyo 2020 dengan komposisi tim yang berbeda. Namun, gengsinya tak berubah. Dari delapan pertandingan di hari pertama penyisihan grup ini, duel merekalah yang paling dinantikan.

Bagi Brasil, Yokohama merupakan kota yang memberi kenangan indah. Di kota ini, pada 2002 silam, tim senior mereka meraih gelar juara Piala Dunia usai menang 2-0 di partai final. Lawan yang mereka kalahkan waktu itu: Jerman. Mampukah Brasil kembali memetik hasil positif pada laga pertama di Olimpiade Tokyo 2020

Perbandingan Jumlah Medali

Medali Olimpiade Tokyo 2020 resmi diumumkan kepada publik saat seremoni untuk merayakan momen satu tahun jelang Olimpiade di Tokyo, Rabu (24/7/2019). Medali yang didesain Junichi Kawanishi itu berdiameter 85 mm dan dihiasi gambar dewi Yunani, Nike serta logo Olimpiade. (Behrouz MEHRI/AFP)
Medali Olimpiade Tokyo 2020 resmi diumumkan kepada publik saat seremoni untuk merayakan momen satu tahun jelang Olimpiade di Tokyo, Rabu (24/7/2019). Medali yang didesain Junichi Kawanishi itu berdiameter 85 mm dan dihiasi gambar dewi Yunani, Nike serta logo Olimpiade. (Behrouz MEHRI/AFP)

Brasil dan Jerman merupakan negara dengan perolehan medali terbanyak dalam sejarah sepak bola di ajang Olimpiade.

Jababeka industrial Estate

Tim Samba berhasil memenangkan enam medali yang terdiri dari satu medali emas (2016), tiga perak (1984, 1988, 2012) dan dua perunggu (1996, 2008).

Di satu sisi, Der Panzer juga berhasil meraih enam medali (jika diakumulasikan dengan perolehan dari Jerman Barat, Jerman Timur, dan Jerman Bersatu). Medali tersebut terdiri dari satu medali emas (1976), dua perak (1980, 2016) dan tiga perunggu (1964, 1988, 1972).

Rekor Pertemuan

Ekspresi striker tim nasional Brasil, Neymar, usai mencetak gol ke gawang Jerman, pada pertandingan final cabang sepak bola Olimpiade 2016, di Stadion Maracana, Rio de Janiero, Sabtu atau Minggu (21/8/2016) dini hari WIB. (AFPLuis Acosta).
Ekspresi striker tim nasional Brasil, Neymar, usai mencetak gol ke gawang Jerman, pada pertandingan final cabang sepak bola Olimpiade 2016, di Stadion Maracana, Rio de Janiero, Sabtu atau Minggu (21/8/2016) dini hari WIB. (AFPLuis Acosta).

Dilansir melaui Transfermarkt, Jerman dan Brasil sudah pernah bertemu dalam 23 pertandingan sepanjang sejarah sepak bola di berbagai ajang.

Dari rekor pertemuan tersebut, Tim Samba berhasil meraih 13 kemenangan, 5 kali seri, dan lima kekalahan.

Terakhir, mereka bertemu di pertandingan persahabatan pada 28 Maret 2018. Saat itu, Brasil menang dengan skor 1-0. 

Brasil Sempat Dipermalukan di Kandang Sendiri

Dari rekor pertemuan, Brasil unggul telak atas Jerman dengan total 13 kemenangan. Meskipun begitu, Jerman sempat mempermalukan Selecao pada ajang Piala Dunia 2014 yang diselenggarakan di Brasil.

Kala itu, Der Panzer sukses menggilas tuan rumah dengan skor telak 7-1. Gol-gol Jerman dicetak oleh Thomas Muller, Miroslav Klose, Sami Khedira, serta dua brace dari Toni Kroos dan André Schürrle. Di satu sisi, Brasil hanya bisa mencetak satu gol dari Oscar pada menit ke-90.

Tidak hanya itu, Jerman berhasil mengalahkan tetangga Brasil, Argentina pada babak final Piala Dunia 2014 dengan satu gol tunggal dari Mario Götze pada babak extra time, menjadikannya sebagai pemenang di ajang sepak bola paling bergengsi di dunia.

Brasil Membalas di Olimpiade Rio 2016

Brasil akhirnya membalaskan dendamnya atas Jerman pada final Olimpiade Rio de Janeiro 2016.

Pada pertandingan waktu normal, Neymar mencetak golnya pada menit ke-27. Namun, Max Meyer berhasil menyamakan kedudukan untuk Jerman pada menit ke-59. Meskipun dilanjutkan ke babak extra time, kedua tim belum menambahkan skor.

Brasil akhirnya berhasil meraih medali emas setelah mengalahkan Jerman melalui babak adu penalti. Sempat bermain imbang 1-1 selama pertandingan, akhirnya pertandingan diputuskan untuk dilanjutkan pada babak adu penalti dengan skor akhir 5-4 bagi Brasil.

Sumber: Bola.com

Komentar

mood_bad
  • Belum ada komentar.
  • Tambahkan komentar

    BACAAN TERKAIT