Rabu, 23 Juni 2021

Euro 2020 : Deretan Catatan Impresif Timnas Kroasia Setelah Lumat Skotlandia


Jakarta – Timnas Kroasia memetik kemenangan meyakinkan saat bersua Skotlandia pada laga terakhir Grup D Euro 2020, Rabu (23/6/202) dini hari WIB. Sejumlah catatan menarik berhasil diukir Kroasia pasca-duel tersebut.

Bermain di kandang Skotlandia, Hampden Park, Glasgow, tim asuhan Zlatko Dalic tersebut langsung mengambil inisiatif serangan. Berdasarkan statistik di situs resmi UEFA, Timnas Kroasia menorehkan 64 persen penguasaan bola, berbanding 36 persen milik Skotlandia.

Tim berjulukan The Blazers tersebut juga melepaskan 11 tembakan yang tujuh di antaranya mengarah ke gawang. Di sisi lain, Timnas Skotlandia memperoleh empat peluang bagus dari tujuh kesempatan.

Bermain menekan sejak bola digulirkan, Timnas Kroasia membungkam Skotlandia dengan skor 3-1. Ketiga gol Kroasia disarangkan Nikola Vlasic (17′), Luka Modric (62′), dan Ivan Perisic (77′). Adapun gol tunggal Skotlandia disarangkan Callum McGregor (42′).

Hasil positif tersebut membuat Timnas Kroasia melenggang ke-16 besar Euro 2020 dengan status peringkat kedua Grup D. Kroasia mendulang empat poin, tertinggal tiga angka dari Inggris yang keluar sebagai juara grup.

Pada fase knock-out, Timnas Kroasia akan menghadapi peringkat kedua Grup E di Parken Stadium, 28 Juni mendatang.

Sejumlah catatan menarik berhasil diukir Timnas Kroasia pasca-duel kontra Skotlandia pada pertandingan terakhir Grup D Euro 2020. Apa sajakah itu? Berikut ini adalah ulasannya.

Data dan Fakta

Bermain di markas Skotlandia, Timnas Kroasia langsung mengambil inisiatif serangan. Apalagi, Kroasia membutuhkan kemenangan demi bisa lolos ke-16 besar Euro 2020. (Foto: AP/Pool/Petr David Josek)
Bermain di markas Skotlandia, Timnas Kroasia langsung mengambil inisiatif serangan. Apalagi, Kroasia membutuhkan kemenangan demi bisa lolos ke-16 besar Euro 2020. (Foto: AP/Pool/Petr David Josek)

1. Ini adalah untuk ketiga kalinya Timnas Kroasia mencetak tiga gol dalam satu pertandingan putaran final Euro. Sebelumnya, Kroasia melakukan hal serupa pada Euro 1996 (menang 3-0 atas Denmark) dan Euro 2012 (menang 3-1 atas Republik Irlandia.

2. Luka Modric kini berstatus sebagai pencetak gol termuda Kroasia pada putaran final Euro (22 tahun dan 273 hari, dalam kemenangan 1-0 Vs Austria pada 2008), sekaligus pencetak gol tertua (35 tahun dan 286 hari, hari ini Vs Skotlandia).

3. Timnas Kroasia hanya menorehkan satu clean sheet dalam 11 pertandingan terakhir pada putaran final Euro.

CIMB NIAGA

4. Kroasia kebobolan lebih dari satu gol hanya dalam satu laga dari 14 pertandingan terakhir pada putaran final Piala Eropa.

5. Skotlandia hanya sekali gagal mencetak gol dalam lima pertandingan internasional terakhir melawan Kroasia.

6. Timnas Skotlandia berhasil mencetak gol pada babak pertama dalam lima dari enam pertandingan internasional terakhir mereka melawan Kroasia.

7. Skotlandia hanya meraih dua kemenangan dari sembilan laga terakhir putaran final Euro (2 imbang; 5 kalah).

8. Tidak termasuk adu penalti, Timnas Skotlandia hanya meraih dua kemenangan dari 11 pertandingan internasional terakhir (5 imbang; 4 kalah).

Sumber : Bola.com

Komentar

mood_bad
  • Belum ada komentar.
  • Tambahkan komentar

    BACAAN TERKAIT