Senin, 15 November 2021

Ghana dan RD Kongo melaju ke babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2022


Jakarta (FINROLL) – Tim nasional Ghana dan Republik Demokratik Kongo menjadi dua negara berikutnya yang memastikan langkah ke babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Afrika setelah meraih kemenangan di laga pemungkas grup masing-masing.

Ghana yang menghadapi laga hidup mati Afrika Selatan di Stadion Cape Coast, Minggu waktu setempat (Senin WIB), meraih kemenangan 1-0 atas tamunya berkat gol semata wayang Andre Ayew.

Kapten Ghana itu sukses mengonversi tendangan penalti pada menit ke-33 setelah Rushine de Reuck menjatuhkan Daniel Amartey di dalam kotak terlarang.

Baca juga: Jerman sikat Armenia tutup kualifikasi Piala Dunia 2022

Adik Andre Ayew, Jordan, hampir menggandakan keunggulan Ghana pada menit ke-48 tetapi tembakan jarak jauhnya bisa diamankan kiper Ronwen Williams.

Afsel kesulitan menembus pertahanan Ghana dan mengandalkan percobaan jarak jauh hingga Percy Tau mendapat umpan sundulan dari Fagrie Lakay di tengah kotak penalti, sayang tandukan akhirnya melenceng dari sasaran.

Kemenangan membuat Ghana menjuarai Grup G berbekalkan produktivitas gol atas Afsel meski sama-sama mengoleksi 13 poin dari enam pertandingan, demikian catatan laman resmi FIFA.

Baca juga: Mancini minta Italia kalahkan rasa cemas saat hadapi Irlandia Utra

Dalam pertandingan lain yang dimainkan lebih awal di Stadion Martyrs, Kinshasa, tuan rumah RD Kongo meraih kemenangan 2-0 atas Benin.

Eksekusi penalti Dieumerci Mbokani yang diikuti gol Ben Malango memastikan RD Kongo menjadi juara Grup J dengan koleksi 11 poin, menggusur Benin (10) yang finis di urutan kedua.

Jababeka industrial Estate

Ghana dan RD Kongo menyusul langkah empat negara lain yang sudah lebih dulu lolos ke putaran ketiga yakni Mali dari Grup E, Mesir (F), Senegal (H) dan Maroko (I).

Nantinya sepuluh negara akan berebut lima tiket Piala Dunia 2022 dari zona Afrika dalam putaran ketiga yang dijadwalkan berlangsung Maret tahun depan.

Baca juga: Hasil laga zona Afrika, persaingan ke Piala Dunia Qatar kian sengit

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © FINROLL 2021

Komentar

mood_bad
  • Belum ada komentar.
  • Tambahkan komentar

    BACAAN TERKAIT