Menjaga Piala Dunia U-20 di Indonesia tetap dalam rumah besar olahraga

  • Bagikan
Jakarta (ANTARA) – Sampai 30 Juni sudah sepuluh negara, termasuk tuan rumah Indonesia, memastikan diri lolos ke Piala Dunia U-20 2023 yang akan digelar mulai 20 Mei sampai 11 Juni tahun depan.

Dua zona sudah memastikan wakil-wakilnya bertarung di Jakarta, Surabaya, Bandung, Solo, Palembang dan Gianyar dalam turnamen 24 tim dari lima benua itu.

Kedua zona itu adalah UEFA atau Eropa, dan zona Amerika Tengah, Utara dan Karibia atau CONCACAF.

Eropa mengirimkan wakilnya dari hasil Piala Eropa U-19 2022 yang akan menuntaskan partai final 1 Juli esok di Slovakia.

Eropa sudah memastikan mengirimkan lima tim ke Piala Dunia U-20 di Indonesia itu yang terdiri dari empat semifinalis Piala Eropa U-19 dan satu tim hasil playoff antara dua peringkat ketiga terbaik dari dua grup turnamen ini.

Empat semifinalis itu adalah Prancis, Inggris, Italia, dan Israel, serta Slovakia sebagai pemenang playoff.

Sementara itu, CONCACAF mengirimkan empat semifinalis Piala CONCACAF U-20 2022, yakni Amerika Serikat, Honduras, Dominika, dan Guatemala.

Empat zona lainnya belum memastikan wakilnya, tapi Agustus nanti ada tambahan dua tim dari zona Oseania.

Sedangkan Asia, Afrika dan Amerika Latin baru bisa memastikan wakilnya dari hasil kompetisi U-20 di tiga kawasan ini pada 2023.

Di luar Indonesia, Asia akan mengirimkan empat wakil. Afrika dan Amerika Latin juga empat tim. Ketiga zona sama-sama memberangkatkan empat semifinalis turnamen U-20 di ketiga wilayah itu.

Namun belum juga semua itu rampung, muncul kontroversi setelah Israel memastikan lolos ke Piala Dunia U-20 edisi Indonesia itu.

Sejumlah kalangan menolak tim Israel bertanding di Indonesia, sekalipun pemerintah dan PSSI sudah menegaskan Israel boleh bermain dalam Piala Dunia U-20 tahun depan itu.

Bahkan itu sudah ditegaskan sejak 2019 ketika Indonesia menyatakan semua negara yang lolos ke Piala Dunia U-20 2023 dipersilakan bermain dalam turnamen ini.

“FIFA sudah menyampaikan kepada kami, negara mana pun yang masuk Piala Dunia U-20 2023, harus bertanding di Indonesia. Pihak keamanan kita pasti akan memberikan rasa aman,” kata Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali dalam laman PSSI awal pekan ini.

Israel adalah satu dari lima wakil sah Eropa untuk Piala Dunia U-20 di Indonesia itu. Mereka bahkan berpeluang menjuarai Piala Eropa U-19 2022 jika mengalahkan Inggris dalam final esok Jumat.

Israel masuk zona Eropa setelah lama terdepak dari Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC).

Baca juga: Pemerintah-PSSI tegaskan Israel dapat bermain di Piala Dunia U-20 2023

Selanjutnya : “Undangan” FIFA

COPYRIGHT © ANTARA 2022

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

-->