Jumat, 3 Januari 2020

Shin Tae-yong Bakal Bawa Timnas Indonesia U-19 ke Thailand, Jepang, Jerman, dan Belanda


Finroll.com, Jakarta –  Shin Tae-yong sudah resmi menjadi pelatih Timnas Indonesia senior, serta kelompok usia yakni U-22, U-20, dan U-16. Kontrak pelatih asal Korea Selatan itu berdurasi hingga empat tahun ke depan.

Saat ini Shin Tae-yong masih berada di negara asal. Mantan pelatih Timnas Korea Selatan itu dijadwalkan akan bertolak ke Jakarta pada Minggu (5/1/2020) dan mulai melakukan tugasnya secara resmi, Senin (6/1/2020).

Kepada Ilgan Sports, Shin Tae-yong mengungkapkan rencana yang sudah disusunnya pada masa awal kebersamaannya di Timnas Indonesia.

Pelatih berusia 50 tahun ini menyeleksi 60 pemain dari kisaran usia 17, 18, dan 19 tahun di Bali selama satu pekan. Nantinya, ia akan memilih 28 pemain, dan pemain terpilih akan diboyong menjalani pemusatan latihan di Thailand hingga Februari 2020.

“Mengikuti itu, saya akan memanggil pemain untuk timnas senior dan memulai latihan. Setelah itu, saya akan memanggil pemain U-19 sekali lagi dan membawa mereka mengikuti turnamen di Jepang. Sekembali dari sana, saya akan memanggil pemain timnas senior lagi untuk menyiapkan mereka untuk laga putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia melawan Thailand serta Uni Emirat Arab,” ujarnya, dilansir dari Korea JoongAng Daily.

“Setelah itu, saya akan menggelar TC sekali lagi dengan tim U-19 di Jerman dan Belanda. Pada Juni, timnas senior akan melakoni laga terakhir kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Vietnam dan memainkan laga persahabatan internasional. Setelah semua itu tuntas, saya pikir saya akan kembali ke Korea untuk break,” lanjutnya.

Shin Tae-yong menegaskan ia memang sudah menjadwalkan semuanya. Tentu ada alasan di balik itu.

Jadwal yang ketat ini memungkinkan saya untuk mengenal dan mengetahui pemain lebih cepat,” jawabnya.

Piala Dunia U-20 2021

Shin Tae-yong
Shin Tae-Yong saat perkenalan pelatih baru Timnas Indonesia di Ruang VVIP Stadion Pakansari, Kab Bogor, Jawa Barat, Sabtu (28/12/2019). Pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-Yong resmi menandatangani kontrak sebagai pelatih Timnas Indonesia selama 4 tahun. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Di sisi lain, Shin Tae-yong terlihat fokus pada Timnas U-19 dalam masa era awal kepelatihannya. Hal ini bisa dimaklumi mengingat ia juga punya tugas membawa Timnas Indonesia U-19 “berbicara” di Piala Dunia U-20 2021.

Program training center di Thailand, Belanda, Jerman termasuk tampil di kompetisi di Jepang merupakan rangkaian perjalanan menuju turnamen elite usia muda yang akan digelar di Indonesia tersebut.

Jababeka industrial Estate

Pemain yang ada saat ini mayoritas berusia 18 tahun, yang akan berusia tepat 20 tahun pada Piala Dunia U-20 2021.

Timnas Indonesia U-19 terlebih dulu tampil di Piala AFC U-19 yang dimainkan di Uzbekistan, 14-31 Oktober 2020.

Sementara untuk timnas senior, peluang Tim Garuda ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2022 sudah tertutup, dan agenda bergengsi terdekat adalah Piala AFF 2020 yang masih belum dipastikan jadwal pelaksanaannya.

“Lantaran timnas senior sudah kalah dalam lima pertandingan di putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2022, saya tak akan terlalu memperhatikan hasil itu. Namun, saya ingin mengantar tim mencapai hasil bagus di Piala AFC U-19, Oktober mendatang,” kata Shin Tae-yong.(bola.com)

Sumber: Korea JoongAng Daily

BACAAN TERKAIT