简体中文EnglishBahasa Indonesia한국어Русский

Thailand pastikan satu tempat di semifinal Piala AFF U-16 2022

  • Bagikan
Sleman, Yogyakarta (ANTARA) – Thailand memastikan satu tempat di semifinal Piala AFF U-16 2022 sebagai juara Grup B setelah menundukkan Timor Leste dengan skor 4-1 pada laga pamungkas grup tersebut di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Minggu.

Puncak klasemen Grup B dikuasai Thailand lantaran mereka mengumpulkan tujuh poin dari tiga pertandingan.

Adapun posisi kedua klasemen akhir ditempati Laos (lima poin, tiga laga), disusul Timor Leste di tangga ketiga (empat poin, tiga laga) dan Brunei Darussalam (nol poin dari tiga laga).

Baca juga: Indonesia bangkit tundukkan Vietnam demi tiket semifinal AFF U-16

Dari laga versus Timor Leste, Thailand membuka keunggulan pada menit kesembilan lewat gelandang Kritakan Rungrotbenjaphon. Delapan menit kemudian, Jirapol Saelio membawa Thailand unggul 2-0.

Usai jeda, gol penyerang Timor Leste Marques de Carvalho pada menit ke-46 menipiskan jarak dengan Thailand.

Akan tetapi, setelah itu, Thailand melesakkan dua gol tambahan via Tontawan Puntamunee (50′, 63′) dan menutup pertandingan itu dengan kemenangan 4-1.

Pencapaian ke semifinal membuat Thailand nyaris tak pernah gagal melaju ke fase gugur selama berkompetisi di Piala AFF U-16.

Baca juga: Australia tersingkir dari Piala AFF U-16 2022 usai dikalahkan Kamboja

Hanya sekali Thailand tak mampu melewati babak grup yakni pada edisi pertama turnamen tahun 2002. Bersama Vietnam, Thailand merupakan negara tersukses di Piala AFF U-16 dengan koleksi tiga gelar juara.

Nantinya di semifinal Piala AFF U-16 2022, Thailand akan berhadapan tim peringkat kedua terbaik pada Rabu (10/8) di Stadion Maguwoharjo.

Peringkat kedua terbaik akan diperebutkan tim dari Grup A yakni Vietnam dan tim dari Grup C.

Laga pamungkas yang menjadi penentu di Grup C baru digelar pada Senin (8/8). Ada tiga tim yang masih berpeluang ke semifinal dari grup tersebut yakni Malaysia, Myanmar dan Kamboja.

Sementara dari laga lain di Grup B, juga digelar Minggu (7/8), Laos sukses mengandaskan Brunei Darussalam dengan skor 10-0.

Semua gol Laos diciptakan oleh tiga pemain yakni Thanousack Nanthavongdouangsi (empat gol), Sayfon Keohanam (empat gol) dan Xayxana Sihalath (dua gol).

Baca juga: Malaysia buang peluang lolos ke semifinal setelah diimbangi Myanmar

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2022

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

简体中文EnglishBahasa Indonesia한국어Русский
-->