Timnas U-19 Thailand pantau Indonesia sejak Turnamen Toulon 2022

  • Bagikan
Jakarta (ANTARA) – Pelatih tim nasional U-19 Thailand Salvador Valero Garcia mengakui telah memantau kekuatan Indonesia sejak skuad berjuluk “Garuda Nusantara” tampil di Turnamen Toulon pada akhir Mei-awal Juni 2022.

“Kami menyaksikan semua laga Indonesia di Turnamen Toulon, di mana mereka ketika itu berganti pelatih,” ujar Salvador pada konferensi pers di Jakarta, Jumat.

Ketika tampil di Turnamen Toulon 2022, timnas U-19 dilatih oleh Dzenan Radoncic, asisten dari pelatih kepala Shin Tae-yong. Shin sendiri kala itu fokus menangani timnas senior Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023.

Menurut Salvador, gaya bermain timnas U-19 di bawah Radoncic berbeda dengan Shin Tae-yong.

“Saya melihat Indonesia mengubah sistem bermainnya. Pada pertandingan persahabatan (bersama Shin Tae-yong-red), mereka memakai tiga bek. Ketika itu ada pula pemain yang datang dari Belanda,” tutur dia.

Baca juga: PSSI rilis 28 pemain timnas untuk Piala AFF U-19 2022

Untuk mempersiapkan diri menuju Piala AFF U-19 2022, timnas U-19 Indonesia menjalani dua kali laga uji coba yaitu melawan Persija dengan hasil seri tanpa gol dan Bhayangkara FC, di mana mereka takluk 0-1.

Ketika itu, timnas U-19 Indonesia diperkuat oleh tiga pemain Belanda yang diproyeksikan untuk memperkuat timnas di Piala Dunia U-20 2023 yakni Kai Boham, Jim Croque dan Max Christoffel.

Meski begitu, Salvador tidak menganggap Indonesia sebagai tim terkuat di Grup A Piala AFF U-19 2022, yang juga beranggotakan Vietnam, Filipina, Myanmar dan Brunei Darussalam.

“Kami menghormati semua tim. Saya mengenal permainan Vietnam karena saya bertemu dua kali dengan pelatih mereka (Dinh The Nam-red) di Piala AFF U-23 2022, Kamboja. Sementara Filipina, mereka memiliki dua pemain bagus yang bermain di Spanyol. Lalu untuk Brunei Darussalam dan Myanmar, saya yakin mereka memiliki semangat tinggi dan itu membuat Grup A ini sulit,” kata Salvador.

Baca juga: Indonesia dan Vietnam kritik jadwal Piala AFF U-19 2022

Piala AFF U-19 2022 akan berlangsung di Jakarta dan Bekasi pada 2-15 Juli.

Pada turnamen itu, Indonesia berada di Grup A bersama Myanmar, Thailand, Vietnam, Brunei Darussalam dan Filipina.

Pertandingan pertama Indonesia di Piala AFF U-19 2022 bergulir pada Sabtu (2/7) melawan Vietnam di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, mulai pukul 20.30 WIB.

Laga Indonesia kontra Thailand akan berlangsung pada Rabu (6/7), juga di Stadion Patriot Candrabhaga.

Baca juga: Shin buta kekuatan lawan Grup A tetapi tetap targetkan juara AFF U-19
Baca juga: Peserta Piala AFF U-19 2022 apresiasi fasilitas di Indonesia

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2022

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

-->