Minggu, 4 Juli 2021

Tundukkan Ceko 2-1, Denmark melangkah ke semifinal Euro 2020


Jakarta (FINROLL) – Tim nasional Denmark melangkah ke babak semifinal Euro 2020 seusai menundukkan Republik Ceko 2-1 dalam laga perempat final di Stadion Olimpiade Baku, Azerbaijan, Sabtu waktu setempat (Minggu WIB).

Thomas Delany dan Kasper Dolberg masing-masing mengemas satu gol untuk kemenangan tim besutan Kasper Hjulmand, demikian catatan laman resmi UEFA.

Patrik Schick mencetak gol kelimanya untuk berbagi puncak daftar top skor dengan megabintang Portugal Cristiano Ronaldo, tetapi itu tidak cukup menghindarkan Ceko dari kekalahan dan Denmark melangkah ke semifinal.

Di semifinal nanti, Denmark akan menanti pemenang laga perempat final lain yang berlangsung lebih larut yakni Ukraina atau Inggris.

Baca juga: Preview perempat final Euro 2020: Denmark vs Republik Ceko

Lima menit pertandingan berjalan, Delaney mampu membawa Denmark memimpin ketika ia bergerak tanpa kawalan untuk menanduk umpan sepak pojok kiriman Jens Stryger Larsen menaklukkan kiper Tomas Vaclik.

Ceko berusaha bangkit tapi mereka belum mampu menciptakan serangan berbahaya dan nyaris kebobolan lagi pada menit ke-16 ketika Delaney kembali tanpa kawalan menyambut umpan silang Stryger Larsen, sayang penyelesaiannya tak sempurna dan melenceng di sisi gawang.

Enam menit berselang keunggulan Denmark nyaris raib ketika kiper Kasper Schmeichel melakukan blunder umpan yang mengarah tepat ke Lukas Masopust dan diteruskan untuk diselesaikan Tomas Holes di area tiang jauh. Beruntung Schmeichel langsung membayar sendiri kesalahannya dengan menghalau tembakan Holes.

Ceko terus kesulitan menembus lini pertahanan Denmark dan berkali-kali gagal memanfaatkan situasi bola mati yang biasanya jadi keahlian mereka. Denmark justru sukses menggandakan keunggulan tiga menit jelang turun minum melalui sebuah serangan cepat yang diakhiri sontekan Dolberg.

Joakim Maehle bergerak menyisir area sayap kiri dan melepaskan umpan silang menawan yang gagal dijangkau oleh Martin Braithwaite, tapi bola mendarat tepat di kaki Dolberg yang mencetak gol ketiganya di Euro 2020.

CIMB NIAGA

Gol itu membuat Dolberg menorehkan rekor sebagai pemain kedua yang mengemas tiga gol dalam putaran final satu edisi Euro setelah John Dahl Tomasson pada 2004.

Baca juga: Dolberg yang mempesona akhiri riwayat Wales di kandang lama
Baca juga: Ceko kontra Denmark bak duel dua tim bersenjata kembar

Selanjutnya tertinggal 0-2

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © FINROLL 2021

Komentar

mood_bad
  • Belum ada komentar.
  • Tambahkan komentar

    BACAAN TERKAIT