Connect with us

E-Sports

Game Gran Turismo Resmi Jadi Olahraga di Olimpiade Tokyo 2021

Published

on


Komite Olimpiade Internasional (IOC) mengumumkan rangkaian olahraga virtual yang akan hadir di Olympic Virtual Series. Event ini akan diselenggarakan secara perdana menjelang Olimpiade Tokyo 2021.

Komite Olimpiade Internasional (IOC) akan bermitra dengan lima Federasi Olahraga Internasional (IF) dan beberapa penerbit game. Hal ini dilakukan untuk menghasilkan Olympics Virtual Series sebuah acara berlisensi Olimpiade pertama untuk olahraga virtual fisik dan non-fisik.

Terdapat beberapa kategori olahraga virtual yang akan diperlombakan yaitu baseball, sepeda, dayung, layar dan motorsport. Gran Turismo pun terpilih menjadi game motorsport yang akan di pertandingkan, dilansir detikINET dari situs resmi Olimpiade Tokyo, Senin (26/4/2021).

Presiden IOC, Thomas Bach mengatakan Olympics Virtual Series adalah Olimpiade baru yang memberikan pengalaman digital unik, dengan tujuan untuk menumbuhkan keterlibatan langsung dengan pemirsa baru di bidang olahraga virtual.

“Konsep ini sejalan dengan Agenda Olimpiade 2020 + 5 dan Strategi Digital IOC. Ini mendorong partisipasi olahraga dan mempromosikan nilai-nilai Olimpiade yang terfokus pada anak muda,” kata Bach.

Berikut Federasi Internasional dan penerbit game yang akan berpartisipasi dan menjadi bagian dalam Olympic Virtual Series:

  • Baseball – World Baseball Softball Confederation (WBSC) – eBaseball Powerful Pro Baseball 2020 (Konami Digital Entertainment)
  • Bersepeda – Union Cycliste Internationale (UCI) – Zwift (Zwift inc.)
  • Mendayung – World Rowing – Open format
  • Berlayar – World Sailing – Virtual Regatta (Virtual Regatta SAS)
  • Otomotif – Federation Internationale de l’Automobile (FIA) – Gran Turismo (Polyphony Digital)Olympics

Virtual Series sendiri akan diadakan menjelang Olimpiade Tokyo 2020 yang sempat tertunda hinggaJuli 2021 karena pandemi. Rencananya event ini yang dimulai pada 13 Mei hingga 23 Juni 2021.

Kelima olahraga yang diperlombakan di Olympic Virtual Series akan memiliki konsep berbeda-beda. Dalam hal ini, para penerbit akan menggunakan platformnya masing-masing.

Sedangkan untuk informasi terkait konsep tersebut dan berapa hadiah yang diperebutkan masih belum diketahui detailnya. Namun mereka mengungkapkan akan segera mengumumkannya.

Sumber : Detik.com

Advertisement

E-Sports

Rapat dengan ESI Solo, Gibran Ingin Esports Jadi Masa Depan Anak Muda

Published

on

Walikota Solo, Gibran Rakabuming menggelar audiensi dengan Pengurus ESI Kota Solo pada Senin kemarin di Pemkot (26/4). Tujuannya untuk mengenalkan cabang olahraga prestasi baru yakni Esports kepada pemerintah daerah Solo.

Meski pelantikan pengurus ESI Solo baru baru direncanakan Mei mendatang, mereka menyatakan siap untuk hadir memberi kontribusi positif untuk masyarakat Solo dengan bermain game kompetitif sebagai atlet esports.

Dilansir dari tribunSolo.com, Ketua ESI Solo, Prima Prasetyo mengatakan esports bukan saja sebatas hiburan tapi juga motivasi bagi anak muda untuk bisa berprestasi sebagai atlet esports.

“Ke depan diharapkan kota Solo mempunyai atlet esports yang handal untuk mengikuti kompetisi esports skala nasional maupun internasional,” ucapnya. Ia juga meluruskan tentang dampak negatif game yang kerap jadi hambatan bagi orangtua dan anak muda yang mengejar karir esports. Butuh pengelolaan dan pengarahan agar dampak negatif esports bisa diminimalisir, sehingga bermain game secara kompetitif lebih terasa manfaat baiknya.

Sang walikota baru, Gibran yang juga anak dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menyampaikan apresiasi terhadap kehadiran ESI Solo. “Harapannya dengan segera dilantiknya pengurus, semoga geliat Esports di kota Solo lebih ramai lagi,” ucap Gibran. Ia menegaskan pentingnya edukasi dan pendampingan pada anak yang sering bermain game online. Ia berencana tak cuma mengadakan event-event esports saja tapi juga menata masa depan anak muda di bidang esports.

Wah semoga gamer di kota Solo bisa terakomodir dengan baik dengan kehadiran ESI Solo dan dukungan walikota Gibran. Bagaimana pendapatmu Sobat Esport?

Sumber : Esport.id

Continue Reading

E-Sports

NIP Datangkan dev1ce dari Astralis untuk Rebut Major!

Published

on

Tim Ninja in Pajamas berhasil menggegerkan komunitas CS:GO setelah mereka berhasil mendatangkan Nicolai “⁠dev1ce⁠” Reedtz secara permanen dari Astralis. Pemain legenda peraih 4 kali Major ini akan diikat kontrak selama 3 tahun bersama organisasi asal Swedia tersebut. Dev1ce bergabung ke NiP untuk menggantikan posisi Tim “⁠nawwk⁠” Jonasson yang kini berada di bursa transfer.

Dev1ce merupakan salah member original dari tim juara Astralis. Bersama Astralis, dev1ce berhasil mendominasi skena CS:GO selama tahun 2018 – 2020 dengan memenangkan banyak kejuaraan internasional diantaranya 3 kali juara Major secara berturut-turut. Saat ini dev1ce memiliki rekor medal MVP terbanyak yaitu 18, dimana dua diantaranya didapat dari event Major.

Di tim barunya, dev1ce akan bermain sebagai Awper menggantikan nawwk dan akan melakukan debutnya di gelaran Flashpoint 3. Di sisi lain, mengisi kekosongan di tim Astralis mendatangkan Lucas “⁠Bubzkji⁠” Andersen untuk bertanding di DreamHack Masters Spring 2021. Kehadiran dev1ce melengkapi komposisi pemain tim CS:GO NIP:

  • Nicolai ‘dev1ce’ Reedtz
  • Fredrik ‘REZ’ Sterner
  • Nicolas ‘Plopski’ Gonzalez Zamora
  • Hampus ‘hampus’ Poser
  • Erik ‘⁠ztr⁠’ Gustafsson
  • Björn ‘THREAT’ Pers (coach)

“Pergi dari Astralis itu berat. Anak-anak(para pemain Astralis) akan selalu seperti keluarga bagiku, tetapi masa Covid ini membuatku banyak berpikir, dimana nantinya aku ketika semuanya kembali normal?” kata dev1ce.

“Aku sudah tinggal di Swedia belakangan ini, berbicara menggunakan bahasanya, dan aku sangat antusias dengan proyek NIP ini. Untuk bergabung dengan salah satu organisasi paling sukses, di mana begitu banyak legenda telah bermain, ini menginspirasi ku. Dengan Major di Stockholm yang akan datang, membawa pulang trofi ke Swedia adalah tujuan utama ku.” tutup dev1ce. Bagaimana pendapatmu Sobat Esports?

Sumber : Esport.id

Continue Reading

E-Sports

Susul NXL, BOOM Wakili Indonesia di Valorant SEA Challengers Finals!

Published

on

BOOM Esports menjadi tim perwakilan Indonesia kedua (setelah Team NXL) yang akan bertanding di Valorant SEA Challengers finals. BOOM Esports mendapatkan spot setelah berhasil memenangkan Challengers 3 Indonesia akhir pekan kemarin. BOOM berhasil mengalahkan Bigetron Astro di grand final dengan skor akhir 3-0.

Perjalanan BOOM Esports di Challengers stage 2 Indonesia kali ini memiliki pola yang hampir sama dengan perjalanan mereka di Challengers Indonesia stage 1. Mereka berhasil menjadi juara di Challengers 1, masuk 8 besar di Challengers 2, dan kembali juara di Challengers 3. Baik stage 1 ataupun 2, Indonesia diwakili oleh dua tim Valorant yang sama yaitu Team NXL dan BOOM Esports.

Di final qualifier 3 ini BOOM Esport tidak menghadapi banyak halangan, pasalnya mereka tidak pernah jatuh 1 map pun dari 3 laga yang mereka jalani. Bahkan di grand final, BOOM berhasil menutup seri atas Bigetron Astro di map ketiga dengan skor 13-2 saat bermain di map favorit mereka yaitu Split. Dengan kemenangan tersebut BOOM Esports dianugerahi juara Challengers 3 juga mendapatkan undangan untuk bermain di SEA Challengers Finals.

Di SEA Challengers finals nantinya BOOM akan dipertemukan dengan 9 tim juara lainnya di Asia Tenggara dan bertanding untuk memperebutkan 1 spot di acara internasional pertama Valorant esports yaitu Valorant Masters yang akan dilaksanakan di Reykjavik ibukota Islandia. Berikut adalah daftar tim yang akan bertanding di SEA Challengers Finals:

  • Team NXL (Indonesia)
  • BOOM Esports (Indonesia)
  • X10 Esports (Thailand)
  • FULL SENSE (Thailand)
  • Bren Esports (Filipina)
  • 6045Pirates (Filipina)
  • CBT Gaming (Hongkong & Taiwan)
  • Cerberus Esports (Vietnam)
  • Fearus (Vietnam)
  • Paper Rex (Singapura & Malaysia)

Valorant SEA Challengers Finals akan dimulai pada 29 April 2021 mendatang. Hanya 1 tim yang akan menjadi juara dan mewakili Asia Tenggara di ajang Masters nanti. Acara Challengers Finals ini nantinya bisa disaksikan secara langsung lewat kanal YouTube Valorant Esports Indonesia. Bagaimana pendapatmu Sobat Esports, tim mana yang jadi jagoanmu?

Sumber : Esport.id

Continue Reading

Trending