Connect with us

Automotive

Gelaran GIIAS 2019 Ditutup Dengan Pemberian Penghargaan Kepada Peserta Pameran

Published

on


Finroll.com — Gelaran world class auto show series, GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 kembali diselenggarakan oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) pada tanggal 18 – 28 Juli bertempat di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Serpong, Tangerang.

 Dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, M. Jusuf Kalla serta didampingi oleh Menteri Perindustrian Republik Indonesia, Airlangga Hartarto, pameran GIIAS yang ke-27 ini didukung secara penuh oleh Astra Financial sebagai Platinum sponsor, Blibli.com sebagai exclusive E-commerce & Online ticketing dan Go-jek sebagai GIIAS 2019 On Demand Platform. GIIAS merupakan satu-satunya pameran GAIKINDO yang diselenggarakan secara rutin dan berkelanjutan sejak tahun 1986.

Mengusung tema “Future in Motion” GIIAS 2019 akan menampilkan transformasi teknologi industri otomotif serta inovasi terbaru dari para agen pemegang merek. Tema tersebut dapat diartikan sebagai upaya pergerakan industri otomotif Indonesia untuk menyongsong kemajuan di masa depan yang lebih baik dan untuk bisa berperan lebih penting dalam tatanan  jaringan industri otomotif global. Semangat “Future in Motion” akan hadir lewat berbagai teknologi kendaraan terkini dan berbagai program yang akan mengangkat otomotif dari sisi menarik. Sehingga masyarakat luas dapat mengetahui seberapa jauh perkembangan industri otomotif di Indonesia.

Acara penutupan GIIAS 2019 ditandai dengan penyelenggaraan Exhibitors Nightyang berlangsung di Nusantara Hall, ICE-BSD, malam ini, Rizwan Alamsjah, Ketua Penyelenggara GIIAS 2019 mengungkapkan rasa syukurnya terhadap penyelenggaraan GIIAS tahun ini,

“Kehadiran Wakil Presiden Republik Indonesia dan sejumlah Menteri serta Pejabat Negara pada gelaran otomotif ini menjadi bukti bahwa industri otomotif Indonesia bukan hanya memiliki peran besar terhadap pertumbuhan ekonomi, tetapi juga telah menjadi industri andalan penyumbang devisa Indonesia.

Semoga GIIAS bisa menjadi salah satu faktor yang memberikan dukungan upaya mencapai 1 juta unit ekspor pada tahun 2025.  Kami berterima kasih atas dukungan yang diberikan oleh seluruh peserta pameran, pengunjung dan juga pemerintah.”

Pada sambutannya, Rizwan mengungkapkan bahwa GIIAS 2019 menampilkan peluncuran 33 kendaraan baru dan menghadirkan 7 kendaraan konsep, diantaranya teknologi autonomus yang merupakan gambaran dari teknologi masa depan industri otomotif.

Satu diantara kendaraan konsep yang diluncurkan adalah world premiere, hal ini menunjukkan GIIAS sebagai sebuah  world-class auto show.  Tahun ini GIIAS juga mencatat peluncuran total 8 motor baru, yang dihadirkan oleh 12 merek sepeda motor.

Selanjutnya Rizwan mengatakan bahwa GAIKINDO ingin terus menekankan bahwa GIIAS tidak mentargetkan jumlah pengunjung selama penyelenggaraannya, target GIIAS adalah untuk meratakan jumlah pengunjung baik selama  weekdays  dan  weekends, untuk menjaga kenyamanan pengunjung. Tahun ini antusiasme pengunjung memperlihatkan hasil yang positif.

“Hingga Sabtu sore pengunjung sudah menebus lebih dari 400 ribuan pengunjung, namun GAIKINDO ingin terus menekankan bahwa GIIAS tidak mentargetkan jumlah pengunjung selama penyelenggaraannya, yang paling membahagiakan bagi kami adalah target kami akan pemerataan jumlah pengunjung selama weekdays dan weekends, telah menunjukkan hasil yang sangat baik, karena untuk kami kenyamanan pengunjung adalah yang utama,” tutur Rizwan.

Semarak acara GIIAS 2019 juga diramaikan dengan penghargaan untuk para pemenang dari favorite booth,  favorite vehicles, dan favorite motorcycle berdasarkan pilihan dari para pengunjung serta Miss Auto Show 2019.

Berikut adalah susunan pemenang untuk masing-masing kategori:

Favorite VehicleSpecial Exhibit Passenger Car: Honda NSXFavorite Passenger Car: Mercedes-Benz AMG G63Special Exhibit Commercial Vehicle: Hino Dutro HybridFavorite Commercial Vehicle: Fuso FighterSpecial Exhibit Karoseri: Adiputro Jetbus 3 SSD Voyager

Favorite Booth GIIAS 2019Supporting Industry< 100 SQM: Yuasa> 100 SQM: CrescendoMotorcycle : Astra Honda MotorCommercial Vehicle: IsuzuPremium Cars: BMW & MINIPassenger Cars < 1000 SQM: RenaultPassenger Cars 1000 – 2000 SQM: DaihatsuPassenger Cars > 2000 SQM: Toyota

Favorite MotorcycleSpecial Exhibit Motorcycle: Kawasaki zx-10RFavorite Motorcycle: Honda ADV150
Most Driven CarMost Driven Car (at Test Drive):Wuling Almaz

Miss Auto Show 2019Miss Favorite: Brenda (Mazda)Runner-Up 2: Claudia (Astra Financial)Runner-Up 1: Michelle (Nissan)Miss Auto Show 2019: Adinda (Lexus).

Pameran otomotif berskala internasional ini didukung penuh oleh merek-merek kendaraan anggota GAIKINDO, termasuk didalamnya 20 merek kendaraan penumpang yakni; Audi, BMW, Daihatsu, Datsun, DFSK, Honda, Hyundai, JEEP, DFSK, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, MINI, Mitsubishi Motors, Nissan, Suzuki, Renault, Toyota, VW, dan Wuling, Isuzu LCV serta 10 merek kendaraan komersial dan karoseri yaitu DFSK Commercial, FAW, Hino, Isuzu CV, Mitsubishi FUSO, Tata Motors, dan UD Truck, serta Adi Putro, Laksana, Tentrem. Pameran ini juga dimeriahkan oleh sejumlah merek motor dan  diikuti oleh lebih dari 300 merek supporting otomotif di Indonesia.(red)

Advertisement Valbury

Automotive

Nissan Jawab Dugaan Konspirasi Ghosn di Depan Pemegang Saham

Published

on

Finroll – Jakarta, Nissan Motor Co menyangkal laporan media yang menyatakan perusahaan melakukan konspirasi pada mantan pejabat chairman Carlos Ghosn. Konspirasi itu juga pernah diutarakan berulang kali oleh Ghosn usai ditangkap di Jepang karena tuduhan pelanggaran keuangan pada 2018.

“Saya tahu di cetak dan media ada pembicaraan tentang konspirasi tetapi tidak ada fakta untuk mendukung hal ini,” ucap Motoo Nagai, chairman komite audit Nissan saat rapat tahunan pemegang saham perusahaan, Senin (29/6).

Automotive News menjelaskan saat rapat para pemegang saham meminta penjelasan terkait masalah Ghosn. Nagai berpendapat investigasi pada Ghosn sudah dilakukan secara internal dan eksternal dari lembaga hukum.

Di rapat yang berlangsung selama dua jam itu pemegang saham juga meminta CEO Nissan Makoto Uchida menjelaskan rencananya mengembalikan kepercayaan publik pada perusahaan usai skandal Ghosn. Uchida juga dicecar cara membangkitkan kembali penjualan di Amerika Serikat dan China.

Uchida yang mengisi jabatan CEO sejak Desember menjanjikan bakal mengundurkan diri jika dia gagal membalikkan keadaan Nissan yang pada bulan lalu melaporkan kerugian pertama keuangan tahunan pertama selama 11 tahun.

Carlos Ghosn. (AP Photo/Maya Alleruzzo)

Nissan juga telah mengumumkan mengencangkan ikat pinggang dengan memangkas biaya dan mengecilkan produksi. Nissan berencana mengurangi jumlah model produk global sekitar seperlima dan mengurangi kapasitas produksi, termasuk di Indonesia dan Spanyol, serta melakukan PHK, termasuk di Meksiko.

Saat ini Nissan menargetkan menjual 5 juta unit per tahun, jauh di bawah ambisi sebelumnya 8 juta unit.

Sumber : CNN Indonesia

Continue Reading

Automotive

Dirilis 10 Juli, Ninja 250 cc Baru Diklaim Lebih Bertenaga

Published

on

Finroll – Jakarta, Kawasaki memastikan Ninja 250 cc empat silinder meluncur di Indonesia pada 10 Juli 2020. Peluncuran sempat tertunda sejak April imbas pandemi Covid-19 terus meluas di Tanah Air.

Kawasaki mengumumkan jadwal peluncuran motor Ninja 250 cc empat silinder melalui akun resmi video berbagi perusahaan, sementara peluncuran pada 10 Juli bakal ditayangkan virtual melalui akun yang sama.

“Lihat peluncuran ZX-25R Juli 2020,” demikian pesan yang ditulis Kawasaki dalam videonya, Senin (29/6).

Ninja 250 cc empat silinder pertama diungkap ke publik secara global pada perhelatan Tokyo Motor Show 2019.

Head Sales and Promotion Kawasaki Motor Indonesia (KMI) Michael C. Tanadhi pernah mengatakan perusahaan tidak akan mendatangkan motor tersebut secara utuh bakal pasar Indonesia. KMI akan merakit lokal motor pesaing Honda CBR250RR dan Yamaha R25 itu di pabriknya di Indonesia.

Sejumlah komponen yang digunakan juga dipastikan berasal dari Indonesia sehingga meningkatkan kandungan lokal.

Michael juga menyebutkan produk baru Kawasaki ini memiliki tenaga lebih besar dibandingkan versi Ninja 250 cc pada pasar Jepang.

“Bedanya cukup lumayan dari segi power (hp) dan torsinya (nm). Tapi yang bisa saya konfirmasi perbedaan tenaga untuk sementara antara versi Indonesia dan Jepang saja,” kata Michael.

Michael menjelaskan Ninja 250 cc empat silinder di Jepang punya mesin dengan tenaga lebih kecil dari Indonesia imbas spesifikasi mesin menyesuaikan ketentuan regulasi emisi Euro 4. Namun, ia tak menyebut dengan detail perbedaan tenaga yang dimaksud.

Ada juga perbedaan katalitik konverter dan electronic control unit (ECU) setelah memperhitungkan kondisi jalan di masing-masing negara.

“Power di Jepang lebib kecil karena mereka menyesuaikan dengan Euro 4. Sedangkan Indonesia ini sepeda motor standarnya masih Euro 3, jadi dampaknya tenaga menjadi lebih besar dari versi Jepang,” ucap dia.

Sumber : CNN Indonesia

Continue Reading

Automotive

Imbas Corona, Harga Mobil Bekas Disebut Turun Rp30 Juta

Published

on

Finroll – Jakarta, Harga mobil bekas turut terkena dampak pandemi Covid-19. Hal tersebut dirasakan pedagang mobil bekas di WTC Mangga Dua, Jakarta.

Senior Manager bursa mobil bekas WTC Mangga Dua Herjanto Kosasih mengatakan harga mobil bekas terkoreksi sekitar Rp20 juta sampai Rp30 juta. Namun penurunan harga kembali lagi tergantung kondisi kendaraan.

“Ya bisa turun segitu [Rp20 juta-Rp30 juta] contoh mobil Avanza, itu dari harga bekas normal. Tapi ini tergantung dengan kondisi juga ya,” kata Herjanto beberapa waktu lalu.

Sejak pertengahan Maret 2020, pemerintah telah mengimbau perusahaan untuk menerapkan kebijakan bekerja dari rumah (work from home). Selain itu, beberapa pemerintah daerah juga menerapkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Menurut Herjanto imbasnya menurunkan minat beli konsumen terhadap mobil bekas. Selain itu pandemi juga berdampak pada perekonomian masyarakat. Sebab sejumlah perusahaan yang tidak beroperasi normal, melakukan PHK pada sejumlah pekerja imbas pandemi Covid-19. Tak sedikit masyarakat menjual mobilnya dengan harga terjangkau.

Dijelaskan Herjanto kondisi ini memunculkan istilah baru, yaitu “harga covid”. Istilah itu sebab pedagang membeli stok mobil dengan banderol lebih murah dari pemilik mobil pada masa pandemi.

“Ya biasanya banyak orang BU (butuh uang) saat pandemi terus dibeli. Sama pedagang kemudian dijual lagi tentu tidak terlalu mahal. Ambil margin tipis saja,” ucap Herjanto.

“Jadi mereka beli saat corona awal-awal dan lagi murah-murahnya.’

Herjanto memprediksi penjualan mobil bekas dengan harga lebih terjangkau hingga akhir tahun ini.

Pemilik Madina Mora Motor, dealer mobil bekas, Husen Lubis juga mengakui harga kendaraan bekas belum maksimal meski kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dilonggarkan. Memasuki masa transmisi, harga mobil bekas tak kunjung stabil.

“Jadi memang sekarang ini orang jual dengan istilah harga corona. Harga memang lebih murah 20-30 persen. Tapi mudah-mudahan sudah naik lagi walau cuma sekitar 10 persen saja,” ungkapnya.

Harga Avanza Bekas

Harga mobil bekas diharapkan kembali ke titik awal seiring dengan meningkatkan daya beli konsumen pasca pelonggaran PSBB.

Senior Manager bursa mobil bekas WTC Mangga Dua Herjanto Kosasih mengatakan sejak pelonggaran PSBB muncul ‘mobil primadona’ yang menjadi incaran masyarakat dengan konfigurasi tiga baris bermuatan tujuh penumpang.

“Dan yang laku dicari orang sekarang mobil tujuh penumpang saja,” ucap Herjanto.

Mobil tujuh penumpang ini antaranya kelas Low Multi Purpose Vehicle (MPV) yakni Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Mitsubishi Xpander, Suzuki Ertiga, Honda Mobilio, hingga Wuling Confero.

Selain itu Toyota Rush dan Daihatsu Terios bekas juga banyak diburu konsumen. Sedangkan medium Sport Utility Vehicle (SUV) seperti Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner generasi pertama mulai dibidik pembeli. Mobil-mobil bekas yang laku di pasaran dengan kisaran harga Rp100an juta ke atas

Nah itu naik daun sekarang, mobil Jepang dan China,” ucap dia.

Khawatir tertular masyarakat gunakan mobil pribadi

Herjanto berharap industri mobil bekas kembali membaik. Kesempatan itu melihat ada kekhawatiran masyarakat menggunakan transportasi umum dan sebaliknya membeli mobil pribadi dengan harga terjangkau.

“Ya yang tadinya naik kendaraan umum atau taksi online pada beli mobil sendiri akhirnya. Yang tadinya naik ojol [ojek online], beli motor sendiri. Kalau grafik kenaikan belum terlalu terlihat,” tutup Herjanto.

Sumber : CNN Indonesia

Continue Reading
Advertisement

Advertisement

Trending