Connect with us

Automotive

Gendong Sekat Saat Angkut Penumpang, Inovasi New Normal Ojek Online

Published

on


Finroll – Jakarta, Asosiasi ojek online (ojol) Garda Indonesia merancang inovasi berupa sekat plastik untuk pengemudi ojol guna mencegah kontak dan mengurangi potensi penularan virus corona (Covid-19) dengan penumpang bila diizinkan membawa penumpang semasa new normal.

Sekat plastik itu digendong pengemudi ojol seperti tas punggung. Alat ini berperan seperti partisi agar pengemudi dan penumpang tak bersentuhan langsung.

Menurut Garda Indonesia inovasi ini merupakan kelanjutan dari protokol kesehatan yang telah dicetuskan buat pengemudi ojol usai menganjurkan penumpang membawa helm sendiri dan pengemudi wajib menjaga kebersihan diri.

“Garda sudah siapkan tools agar penumpang dengan driver disekat atau dipartisi, tujuannya agar driver ataupun penumpang tidak terkena droplet secara langsung,” kata Ketua Presidium Garda Indonesia Igun Wicaksono melalui pesan singkat, Selasa (2/5).

Igun mengatakan sekat itu dapat memberi rasa aman kepada penumpang, maupun pengemudi.

Harapan dia semua ojol di Indonesia dapat menggunakan sekat plastik tersebut saat kembali beroperasi pada masa new normal. Seperti diketahui ojol tak bisa beroperasi di wilayah yang menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) sebab fitur angkut penumpang dimatikan sementara oleh operator.

Namun ada harapan fitur itu diaktifkan kembali ketika PSBB tak lagi diperpanjang yang berarti memasuki masa new normal.

“Jadi kami sendiri sudah siapkan protokol menyambut new normal ini,” kata Igun.

Selain dari kalangan ojol, salah satu penyedia jasa transportasi online, Grab Indonesia, juga diketahui menyiapkan inovasi serupa yakni sekat plastik transparan. Inovasi itu telah terlihat melalui unggahan akun Instagram newdramaojol yang disertai keterangan new normal.

View this post on Instagram

Mantaaaaaaaaappppp 😄

A post shared by Drama Ojek Online Indonesia (@dramaojol.id) on

Grab Indonesia membenarkan mengenai sekat plastik tersebut, namun belum dapat mengungkapnya secara detail. Perusahaan berencana menyampaikan detail soal tameng tersebut mulai pekan ini.

Menurut Grab Indonesia sekat plastik itu bagian dari protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19 bila perusahaan diizinkan kembali mengaktifkan fitur angkut penumpang.

Masa PSBB wilayah bakal segera berakhir dan kemudian diganti dengan aturan new normal. Daerah yang kemungkinan pertama akan mengakhiri PSBB yaitu Jakarta pada 4 Juni.

Sumber : CNN Indonesia

Automotive

Konsumen Cari Mobil Murah, Mobil Manual Honda Laris Saat Corona

Published

on

Finroll – Jakarta, Honda Prospect Motor (HPM) menemukan tren baru semasa penjualan pada Juni saat pandemi Covid-19 masih berlangsung, yakni peningkatan penjualan mobil bertransmisi manual. Tren ini dianggap HPM bahwa masyarakat sedang memilih mobil yang harganya lebih murah.

Pada Juni HPM, saat pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi berlangsung, penjualan mobil Honda tercatat naik 93 persen dibanding Mei menjadi 2.488 unit.

Business Innovation and Sales & Marketing Director HPM Yusak Billy menjelaskan kenaikan penjualan mobil manual terasa pada produk Honda Brio. Dikatakan biasanya penjualan manual Brio sebesar 40 persen, namun meningkat menjadi 60 persen pada Juni.

Brio yang terdiri dari dua model, yakni hatchback dan Low Cost Green Car (LCGC), mewakili 53 persen penjualan mobil Honda pada Juni.

Selain Brio, penjualan mobil manual Honda lainnya yang ikutan naik yaitu Mobilio dengan komposisi pada Juni sebanyak 60 persen dibanding otomatis.

“Jadi pada Juni memang ada peningkatan pada penjualan mobil manual seperti mobil keluarga Brio dan Mobilio,” kata Billy melalui pesan singkat, Jumat (10/7).

Billy menduga kenaikan mendadak penjualan mobil manual disebabkan masyarakat yang mencari kendaraan dengan harga lebih terjangkau. Konsumen tersebut juga disebut rata-rata masyarakat yang baru pertama kali membeli mobil.

“Kami melihat hal ini dipengaruhi first time buyer yang mencari mobil dengan harga terjangkau dan value tinggi untuk transportasi sehari-hari,” ungkap Billy.

Menurut rincian penjualan yang dirilis HPM, Brio terjual 1.314 unit pada Juni. Model terlaris kedua adalah HR-V yang terjual 343 unit, kemudian disusul Jazz 293 unit, CR-V 192 unit, dan Mobilio 164 unit.

Selanjutnya BR-V terjual 66 unit, Civic Hatchback 52 unit, Civic Sedan 26 unit, Accord 20 unit, City sebanyak 14 unit, dan Odyssey mencapai empat unit.

“Hingga bulan Juni lalu, juga tercatat lebih dari 50 persen dari total pembelian mobil Honda datang melalui jalur online,” kata Billy.

Sumber : CNN Indonesia

Continue Reading

Automotive

Spesifikasi Kawasaki ZX-25R, Diklaim Sanggup Ngebut 187 Kpj

Published

on

Finroll – Jakarta, Sepeda motor sport Kawasaki Ninja ZX-25R punya tenaga lebih besar ketimbang Ninja 250. Perbedaannya terpaut 10 hp, ini jadi simbol motor bermesin 4-silinder itu punya berbagai teknologi baru dari saudaranya yang 2-silinder.

Berdasarkan klaim Kawasaki Motor Indonesia (KMI), ZX-25R menggendong mesin 249,8 cc 4-silinder segaris DOHC dan berpendingin cairan. Mesin ini menyemburkan 49,3 hp dalam kondisi normal, tapi bisa meningkat menjadi 50,3 hp jika menggunakan ram air.

Sementara lembar spesifikasi menyatakan torsi yang dihasilkan mesin itu mencapai 22,9 Nm.

Bila dikomparasi dengan Ninja 250, tenaga ZX-25R lebih besar 10 hp. Meski begitu, torsi ZX-25R lebih kecil 0,6 Nm dari Ninja 250.

Head Sales and Promotion Kawasaki Motor Indonesia (KMI) Michael C. Tanadhi mengatakan dalam pengujian internal kecepatan maksimum motor ini mencapai 187 km per jam.

“Kecepatan itu versi standar, bukan modifikasi,” kata Michael dalam peluncuran virtual, Jumat (10/7).

Rangka dan dimensi

Menurut penuturan Michael rangka motor menggunakan teralis baru yang diklaim memudahkan manuver di dalam kota dan di sirkuit. Kata dia pembuatan rangka tersebut terinspirasi motor balap World Superbike.

Pengendalian ZX-25R dikatakan menyerupai ZX10R dan ZX6R saat menikung. Kemampuan manuver juga didukung suspensi depan up side down (USD) dengan diameter 37 mm berteknologi SFF-BP. Kemudian suspensi belakang motor ini menggunakan horizontal back link.

Untuk mencengkeram aspal, ban yang digunakan merek Dunlop GPR300 tipe radial dengan ukuran belakang 150/60/17 dan depan 110/70/17.

Secara keseluruhan dimensi ZX-25R yakni panjang 1.980 mm, lebar 750 mm, tinggi 1.110 mm, serta wheelbase 1.380 mm. Ground clearance motor ini 125 mm, tinggi jok 785 mm, kapasitas tangki 15 liter, berat 180 kg untuk varian standar dan 182 kg versi ABS (antilock braking system).

Fitur

Ada beberapa fitur baru yang diklaim Kawasaki pertama ada pada kelas motor sport 250 cc, yakni kontrol traksi dengan tiga mode berkendara serta power mode selection.

Selain itu terdapat fitur Quick Shifter untuk memindahkan gigi ke atas dan ke bawah dengan cepat tanpa perlu menekan pedal kopling. Fitur ini berfungsi saat putaran mesin di atas 2.500 rpm.

Pada motor ini juga tersemat ram air intake yang terletak pada tengah fairing di atas lampu utama. Ram air ini merupakan trade mark dari beberapa model Kawasaki ZX dan H2, fungsinya berkontribusi pada peningkatan kinerja mesin.

Kata Michael ram air bakal bekerja pada kecepatan sepeda motor di kisaran 100 km per jam.

“Jadi kisaran kecepatan itu udara [lebih banyak] akan masuk ke engine jadi meningkatkan kineja mesin,” kata Michael.

KMI menjual dua varian ZX-25R, yakni standar yang dijual Rp96 juta dan ABS Rp112,9 juta. Pembeda keduanya ada pada fitur di mana ABS dilengkapi traction control, quick shifter, pilihan penutup jok belakang, smoked windshield, frame slider, dan wheel rim tape.

Kawasaki mulai membuka keran pemesanan motor ini mulai besok 11 Juli dan unit akan dikirim ke konsumen pada Agustus 2020. Motor tersebut sudah diproduksi secara lokal sehingga Indonesia mendapatkan predikat negara pertama di dunia yang melakukannya.

“Jadi target produksi dan penjualan kami 2.000 unit per tahun. Kami lihat lagi bagaimana animo ke depan,” ungkap Michael.

Sumber : CNN Indonesia

Continue Reading

Automotive

Toyota Umumkan SUV Pertama Pakai Nama Corolla Cross

Published

on

Finroll – Jakarta, Toyota memperluas keluarga Corolla dengan meluncurkan satu model tambahan, SUV bernama Corolla Cross, di Thailand pada Kamis (9/7). Mobil baru ini menjadi upaya lanjutan Toyota ‘menyerang’ pasar crossover setelah Yaris Cross meluncur pada April lalu.

Corolla merupakan nama mobil Toyota yang sudah digunakan sejak 54 tahun lalu. Sebelum Corolla Cross terbit nama Corolla sudah digunakan pada model sedan, hatchback, dan station wagon.

Toyota Corolla Cross. (Dok. Toyota Thailand)

Corolla Cross dirancang menggunakan platform baru Toyota New Global Architecture C (TGNA-C) yang sama dipakai pada Corolla sedan dan hatchback, C-HR, Prius, serta Lexus UX.

Ukuran wheelbase Corolla Cross sama seperti C-HR, yakni 2.640 mm, namun dimensi bodinya lebih besar yakni panjang 4.460 mm, lebar 1.825 mm, dan tinggi 1.620 mm. Secara posisi produk Corolla Cross berada di atas C-HR dan di bawah RAV4.

Beda dari C-HR yang dirancang stylish, Corolla Cross mengedepankan fungsional sebuah SUV seperti RAV4. Corolla Cross yang muat lima penumpang memiliki desain eksterior membulat dengan grill besar di bagian depan.

Lantas di sekeliling bodi bagian bawah terdapat cladding (kelongsong) dan roof rail di atap untuk menambah kesan SUV.

Toyota Thailand menawarkan dua opsi mesin, yakni bensin 1.800 cc 2ZR-FBE dengan 140 hp dan 175 Nm dan mesin hybrid yang mengkombinasikan 1.800 cc 2ZR-FXE (98 hp dan 142 Nm) dan motor listrik 600 volt (72 hp dan 163 Nm).

“Ini adalah produk baru di kategori baru yang belum pernah dimiliki Toyota sebelumnya di segmen SUV, dan Thailand menjadi negara pertama di dunia yang memperkenalkan All-New Corolla Cross,” kata Michinobu Sugata, President of Toyota Motor Thailand Company Limited, dalam keterangan resmi.

Toyota Corolla Cross. (Dok. Toyota Thailand)

Sumber : CNN Indonesia

Continue Reading
Advertisement

Advertisement
Advertisement

Trending