6 Calon Negara Baru 2022, Ada yang Bakal Jadi Tetangga Indonesia

  • Bagikan
bermuda
bermuda

Sejumlah wilayah di berbagai negara saat ini sedang memperjuangkan kemerdekaannya. Beberapa di antaranya merupakan daerah jajahan, namun ada pula yang berasal dari wilayah otonom.

World Population Review merangkum sejumlah wilayah yang terus mengupayakan kemerdekaan sepanjang 2021. Sejumlah wilayah di antaranya diperkirakan akan menjadi negara baru pada 2022. Apa saja?

  1. Bougainville
    Calon negara tetangga Indonesia ini merupakan bagian dari Papua Nugini. Masyarakat setempat sudah melakukan pemungutan suara kemerdekaan dengan hasil 98% pada 2019. Pandemi COVID-19 pada akhir tahun tersebut membuat warga menunda upaya kemerdekaan. Saat ini, Bougainville masih menyatakan diri sebagai bagian wilayah Papua Nugini yang unik dan independen.
  1. New Caledonia
    New Caledonia di Samudra Pasifik saat ini merupakan koloni Prancis. Namun, masyarakat setempat sudah lama memperjuangkan kemerdekaan. Kendati gagal pada pemungutan suara kemerdekaan pada 2018 dan 2020, selisih kekalahan pada 2020 sangat kecil. Pemungutan suara kemerdekaan untuk New Caledonia dijadwalkan 2022 mendatang.
  2. Rojava
    Rojava merupakan wilayah otonom di Suriah, Timur Tengah yang sudah lama berperang melawan ISIS dan negaranya sendiri Masyarakat Rojava memiliki gaya politik berdasarkan ideologi anarki, feminis, dan sosialis libertarian yang mendukung desentralisasi, kesetaraan gender, toleransi, keberlanjutan lingkungan, dan ekologi sosial. Karena keunikannya, calon negara baru ini diprediksi akan menjadi pembahasan seiring perjuangan kemerdekaannya.
  3. Bermuda
    Pulau kecil di Samudra Atlantik ini memiliki tim sepak bola, mata uang, dan paspornya sendiri. Namun, pada dasarnya Bermuda masih merupakan bagian dari Britania Raya. Masyarakat dan pemerintah Bermuda masih memperjuangkan kemerdekaan di pengujung 2021. Dengan tingginya jumlah pariwisata dan produk domestik bruto yang berhasil diekspor setiap tahun, Bermuda dipandang akan sukses menjadi negara baru.
  4. Libya Barat dan Timur
    Invasi Amerika Serikat ke Libya, Afrika Utara turut menyebarkan demokrasi. Namun, upaya gagal ini membuat perpecahan di wilayah barat dan timur Libya. Karena itu, analis politik memperkirakan akan terjadi pemecahan Libya menjadi Libya Barat dan Libya Timur yang saling bersaing. Dari perpecahan yang terjadi, wilayah-wilayah Libya diprediksi akan mengalami perebutan antara wilayah barat dan timur.
  5. Chuuck
    Salah satu dari empat negara yang membentuk Federasi Mikronesia, Oseania ini merupakan wilayah yang paling sukses ketimbang tiga negara lainnya. Pendapatan Chuuk di antaranya berasal dari wisata menyelam.Negara kecil yang makmur ini sudah lama memperjuangkan kemerdekaannya sebagai koloni Amerika Serikat. Chuuck sedang menanti waktu pemungutan suara kemerdekaan tanpa campur tangan Amerika pada 2022.

Nah, itu dia enam calon negara baru di tahun 2022 yang sedang memperjuangkan kemerdekaannya. Apakah kamu pernah ke salah satu calon negara baru ini?

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

-->