Chinese (Simplified) ZH-CN English EN Indonesian ID Korean KO Russian RU

Amerika Tidak Mendukung Kemerdekaan Taiwan

  • Bagikan

Amerika Serikat (AS) tidak akan mendukung kemerdekaan Taiwan, meski memiliki hubungan tidak resmi dengan Taipei.

Begitu yang dikatakan oleh Koordinator Kebijakan Gedung Putih untuk Indo-Pasifik Kurt Campbell dalam diskusi virtual yang digelar Asia Society Policy Institute (ASPI) pada Selasa (6/7).

“Kami mendukung hubungan tidak resmi yang kuat dengan Taiwan. Kami tidak mendukung kemerdekaan Taiwan. Kami sepenuhnya mengakui dan memahami kepekaan yang terlibat di sini,” ujar Campbell, seperti dikutip Global Times.

Ini adalah pertama kalinya seorang pejabat tinggi di pemerintahan Presiden Joe Biden secara eksplisit mengatakan AS tidak akan mendukung kemerdekaan Taiwan.

Campbell sendiri menggambarkan hubungan AS dan Taiwan sebagai “keseimbangan berbahaya”, antara mengadvokasi peran Taiwan di panggung global namun menghindari konfrontasi militer dengan China.

Ia mengatakan, AS mempercayai bahwa Taiwan memiliki hak untuk hidup damai dan mendukungnya di organisasi internasional, khususnya dalam bidang kesehatan.

Menyoroti tindakan China terhadap Hong Kong, Campbell memperingatkan, tindakan tersebut akan menjadi bencana jika terjadi pada Taiwan.

Sebelumnya, Wakil Perdana Menteri Jepang Taro Aso mengatakan Jepang dan AS harus melindungi Taiwan dari ancaman eksistensial, dengan merujuk pada China.

China menganggap Taiwan sebagai bagian dari wilayahnya. Sedangkan Taiwan yang saat ini dikuasai oleh Partai Progresif Demokratik (DPP) mengklaim Taiwan sebagai negara yang merdeka dan demokratis.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Chinese (Simplified) ZH-CN English EN Indonesian ID Korean KO Russian RU
-->