Rabu, 8 Juli 2020

AS Undurkan diri dari WHO, Trump Kirimkan Surat Resmi Ke PBB


Finroll.com, Jakarta – Presiden Amerika Serikat Donald Trump telah mengirimkan surat secara resmi ke PBB mengenai pengajuan pengunduran diri Amerika Serikat (AS) dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Pengunduran diri dari WHO mulai berlaku pada bulan Juli dan telah menuai kritik dari anggota parlemen bipartisan, asosiasi medis, organisasi advokasi, dan sekutu di luar negeri.

Seperti yang dilansir dari Reuters, Trump sudah mengumumkan keputusannya itu lebih dari sebulan yang lalu. Senator Robert Menendez dari Komite Hubungan Luar Negeri Senat mengatakan sebuah pernyataan di laman twitter pada Selasa kemarin (7/7). Memberi tahu bahwa kongres telah menerima surat remi mengenai pengajuan penarikan diri AS dari WHO.

“Kongres menerima pemberitahuan bahwa POTUS (President of the Unites States) secara resmi menarik AS dari WHO di tengah-tengah pandemi. Untuk memanggil tanggapan Trump terhadap Covid yang kacau dan tidak koheren, tidak melakukannya dengan adil. Ini tidak akan melindungi kehidupan atau kepentingan Amerika, itu membuat orang Amerika Sakit, dan Amerika sendirian,” tulisnya.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat AS Nancy Pelosi menggambarkan bahwa penarikan resmi Trump sebagai “Tindakan tidak masuk akal yang sesungguhnya ketika WHO mengoordinasikan perjuangan global melawan pandemi Covid-19.”

WHO sendiri merupakan badan internasional independen yang bekerja dengan PBB. Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengatakan bahwa WHO “benar-benar kritis terhadap upaya dunia untuk bangkit melawan Covid-19.”

Pemberitahuan penarikan Amerika Serikat, resmi pada 6 Juli 2021 yang juga telah disampaikan kepada Sekretaris Jenderal PBB.

Selain itu, pandemi virus Corona ini sudah tercatat hampir 12 juta kasus terinfeksi dan lebih dari 540.000 kematian diketahui di seluruh dunia, menurut perhitungan dari reuters, dengan sekitar 25 persen dari kedua kasus dan kematian di Amerika serikat.

Trump sendiri sudah menghentikan anggaran untuk organisasi yang beranggotakan 194 orang itu pada April lalu. Sementara itu, Wakil Presiden Mike Pence dalam wawancara dengan Fox News Channel mengatakan bahwa “Ini benar-benar waktu yang tepat”.

“Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengecewakan dunia, pasti ada konsekuensinya,” lanjut Pence.

Sementara mengenai surat pengajuan tersebut masih dalam proses, “Sekretaris Jenderal mengatakan bahwa, pengajuan tersebut masih dalam proses verifikasi dengan WHO apakah semua persyaratan untuk penarikan seperti itu dipenuhi,” kata Jubir PBB Stephane Dujjaric pada Selasa kemarin.

Jababeka industrial Estate

BACAAN TERKAIT