Jumat, 22 Oktober 2021

Aturan Baru Arab yang Bikin Kaget, Selain Pantai Bikini


Arab Saudi akhir-akhir ini berangsur-angsur lebih modern dan terbuka. Terbaru, Negeri Raja Salman itu mengizinkan penggunaan bikini saat mengunjungi pantai Pure Beach, di dekat wilayah Kota Jeddah.

Perempuan dan laki-laki juga dapat menikmati deburan ombak bersama-sama, tanpa adanya pemisah. Hal ini disambut bahagia oleh sejumlah warga.

Asma misalnya. Wanita 32 tahun itu kini dapat menghabiskan waktu satu hari di Pantai Murni dekat Jeddah dengan pacarnya.

Ia bahkan bisa berdansa dengan pasangannya di atas pasir putih di tepi Laut Merah. Bahkan dengan diiiringi dentuman musik dari pengeras suara.

“Saya senang bahwa saya sekarang bisa datang ke pantai terdekat untuk menikmati waktu saya. Ini adalah lambang kesenangan … itu adalah impian kami untuk datang ke sini dan menghabiskan akhir pekan yang indah,” katanya kepada AFP, mengenakan gaun biru di atas pakaian renangnya.

Langkah ini sendiri merupakan rangkaian dalam era keterbukaan Arab Saudi. Sebelumnya negara itu juga telah memberikan kelonggaran-kelonggaran bagi para warganya dan juga wisatawan yang berkunjung.

1. Izinkan pasangan tak menikah menginap dalam satu kamar

Langkah ini diambil negara itu pada 2019 lalu. Pasangan yang belum menikah sekarang akan diizinkan untuk berbagi kamar saat berlibur di negara tersebut.

“Komisi Saudi untuk Pariwisata dan Warisan Nasional baru-baru ini menyetujui peraturan baru akomodasi pariwisata,” kata seorang juru bicara kepada CNN International, membenarkan sebuah laporan oleh surat kabar Saudi Okaz.

Peraturan ini dibuat untuk menarik 100 juta pengunjung tahunan, baik internasional dan domestik, pada tahun 2030 mendatang. Saat ini Saudi juga diketahui sedang membangun resor-resor dan juga memperbaiki situs-situs bersejarahnya.

CIMB NIAGA

2. Izinkan wanita mengendarai kendaraan tanpa muhrim

Izin ini diberikan mulai September 2017 melalui sebuah titah kerajaan. Peraturan tersebut memberikan perempuan hak untuk mengemudi dan mendapatkan surat izin mengemudi. Dan hal ini tidak perlu dilakukan dengan pendampingan atau izin dari pendamping pria atau muhrimnya.

3. Restui pendirian bioskop dan penyelenggaraan konser

Pada 2018, Arab Saudi juga sudah mulai memberikan izin bagi bioskop untuk berdiri dan beroperasi di negara itu. Hal ini dilakukan setelah 35 tahun kebijakan itu tidak diberlakukan.

Dalam penayangan perdana, film Black Panther ditayangkan dalam sebuah bioskop di manapria dan wanita duduk bersama dengan bebas.

Selain bioskop, negeri Raja Salman itu juga mengizinkan penyelenggaraan konser. Akibat pembukaan keran itu, banyak artis internasional yang manggung di negara kaya minyak itu. Bahkan, boyband Korea BTS sempat tampil di negara itu pada 2019 lalu.

Sumber : cnbcindonesia.com

Komentar

mood_bad
  • Belum ada komentar.
  • Tambahkan komentar

    BACAAN TERKAIT