Cetak Sejarah! 6 Ekor Bayi Komodo Lahir di Kebun Binatang New York

  • Bagikan
finroll cetak sejarah! 6 ekor bayi komodo lahir di kebun binatang new york
finroll cetak sejarah! 6 ekor bayi komodo lahir di kebun binatang new york

Pertama dalam sejarah selama seabad lebih, bayi komodo berhasil dikembangbiakkan di kebun binatang. Ada 6 ekor yang lahir di Bronx Zoo, New York.
Dikutip detikTravel dari Travel+Leisure, Kamis (16/12/2021) pertama kalinya setelah 122 tahun komodo lahir di kebun binatang. Peristiwa bersejarah ini terjadi di kebun Binatang Bronx di awal bulan ini.

Sebanyak 6 ekor komodo menetas setelah dikembangbiakkan oleh kebun binatang bersama Wild Life Conservation Society.

“Komodo adalah salah satu spesies paling menarik di planet ini dan tukik ini mewakili masa depan yang penuh harapan bagi spesies ini,” Don Boyer, kurator herpetologi di Kebun Binatang Bronx, mengatakan dalam sebuah pernyataan dari Wild Life Conservation Society.

“Mereka akan menjadi duta besar yang luar biasa untuk rekan-rekan liar mereka karena mereka membantu kami meningkatkan kesadaran tentang kebutuhan konservasi,” sambungnya.

Boyer juga menambahkan, bahwa butuh waktu hampir 20 jam bagi naga pertama untuk sepenuhnya keluar dari telurnya.

Departemen herpetologi kebun binatang (studi tentang amfibi) telah bekerja dan meneliti selama bertahun-tahun untuk berhasil membiakkan komodo, spesies kadal hidup terbesar di dunia. Pekerjaan ini sangat penting karena komodo terdaftar ‘terancam punah’ oleh International Union for Conservation of Nature (ICUN).

Saat ini, diperkirakan ada kurang dari 2.500 spesies yang tersisa di alam liar dan sedikitnya 350 betina yang berkembang biak dibiarkan hidup.

Anak-anak komodo ini pun diperlihatkan di Dunia Reptil Kebun Binatang Bronx. Sedangkan untuk komodo dewasa berada di Zoo Centre.

Di alam liar, komodo hidup di pepohonan untuk menghindari predator. Sedangkan di kebun binatang, mereka berada di kandang dengan banyak ranting dan lempengan kulit kayu.

Para anak komodo ini akan segera mulai berburu serangga dan kadal yang lebih kecil. Nanti ketika mereka dewasa, kumpulan naga baru ini akan bergabung dengan program pemuliaan Asosiasi Kebun Binatang dan Akuarium (AZA) untuk membantu membantu memelihara spesies tersebut.

Sumber : detik.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

-->