Jumat, 23 November 2018

CIA Diduga Miliki Rekaman Putra Mahkota Yang Perintahkan “Bungkam” Jamal Khashoggi


Finroll.com – Surat kabar Turki melaporkan bahwa badan intelijen Amerika Serikat (AS), CIA memiliki rekaman percakapan telepon yang menunjukkan bahwa Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman memberi perintah untuk “membungkam” jurnalis Jamal Khashoggi.

Pejabat Turki yang mengatakan bahwa mereka tidak memiliki informasi mengenai rekaman semacam itu. Sementara Presiden AS, Donald Trump dan CIA menolak berkomentar mengenai laporan surat kabar tersebut.

Dalam sebuah kolom di surat kabar Hurriyet Daily News, jurnalis Abdulkadir Selvi mengatakan ada “isu mengenai keberadaan rekaman lainnya” yang berisi percakapan antara Pangeran Mohammed bin Salman dengan saudaranya, Duta Besar Arab Saudi untuk AS di Washington.

“Dikatakan bahwa Pimpinan CIA Gina Haspel mengindikasikan hal ini selama kunjungannya ke Turki,” yang dikutip dari okezone.com

“Dikatakan putra mahkota memberi perintah untuk ‘membungkam Jamal Khashoggi sesegera mungkin’,” dalam sebuah percakapan yang diawasi oleh badan AS, katanya.

Khashoggi tewas dibunuh di konsulat Arab Saudi di Istanbul pada 2 Oktober. Dalam sebuah operasi yang menurut Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan diperintahkan oleh pimpinan tertinggi Saudi.

Riyadh yang mengonfirmasi bahwa beberapa oknumnya terlibat dalam pembunuhan Khashoggi mengatakan bahwa Putra Mahkota Mohammed bin Salman sama sekali tidak memiliki informasi mengenai pembunuhan tersebut sebelumnya.

Trump mengatakan CIA belum secara pasti menyimpulkan bahwa sang putra mahkota bertanggung jawab atas pembunuhan Khashoggi. Dia juga menyatakan akan mendukung kepemimpinan Arab Saudi dalam kasus ini karena Riyadh adalah sekutu utama AS.

“Kami ingin harga minyak yang rendah dan Arab Saudi benar-benar melakukan pekerjaan yang baik dalam hal itu,” kata Trump.

“Saya benci kejahatan itu. Benci apa yang terjadi. Saya benci menutupinya. Dan saya beri tahu Anda apa: putra mahkota lebih membenci daripada saya, ” ujarnya.

CIMB NIAGA

BACAAN TERKAIT