Senin, 15 Juli 2019

Dalam Waktu Dekat, Kementerian ESDM Berencana Lelang Jabatan Dirjen Migas


Finroll.com — Dalam waktu dekat, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) merencanakan lelang untuk mengisi jabatan Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Dirjen Migas),

Seperti diketahui, pada Jumat (12/7) lalu Djoko Siswanto yang selama ini menjabat sebagai Dirjen Migas digeser menjadi Sekretaris Jenderal Dewan Energi Nasional (DEN). Dalam posisi tersebut, Djoko menggantikan Saleh Abdurrahman yang digantikan Jonan menjadi Staf Ahli Bidang Lingkungan Hidup dan Tata Ruang.

Kepastian lelang ini disampaikan Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Ego Syahrial ketika ditemui di Kantor Kementerian ESDM. “Mudah-mudahan dalam waktu dekat, kalau tidak hari ini, besok,” kata Ego, Senin (15/7).

Lebih lanjut Ego menambahkan ketentuan lelang merujuk Peraturan Pemerintah (PP) tentang Aparatur Sipil Negara (ASN). Kendati demikian, menurut Ego Kementerian ESDM memiliki kriteria khusus untuk kandidat Dirjen Migas. Dia harus punya pengalaman di bidang migas, untuk detailnya akan disampaikan nanti, sejauh ini seperti itu dulu,” ungkap Ego.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan, memastikan Djoko Siswanto akan rangkap jabatan untuk sementara waktu. “Saya sudah minta Sekjen (Kementerian ESDM) seleksi terbuka untuk Dirjen Migas. Selama seleksi, Pak Djoko tetap rangkap sebagai Dirjen Migas. Jadi tugasnya dua,” kata Jonan.

Sekedar informasi Jonan kembali merombak susunan pejabat di lingkungan Kementerian ESDM. Salah satu posisi yang kena perombakan adalah Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Dirjen Migas) Djoko Siswanto.

Setelah dilepas dari Dirjen Migas, Djoko digeser menjadi Sekretaris Jenderal Dewan Energi Nasional (DEN). Dalam posisi tersebut, Djoko menggantikan Saleh Abdurrahman yang digeser Jonan menjadi Staf Ahli Bidang Lingkungan Hidup dan Tata Ruang.

Kendati demikian, Jonan menyebutkan bahwa Djoko tetap menjabat sebagai Dirjen Migas hingga ada orang baru yang terpilih untuk menempati posisi tersebut. Jonan bilang, mulai pekan depan pihaknya akan menggelar seleksi terbuka.

“Saya sudah minta Sekjen (Kementerian ESDM) seleksi terbuka untuk Dirjen Migas. Selama seleksi, Pak Djoko tetap rangkap sebagai Dirjen Migas. Jadi tugasnya dua,” kata Jonan dalam acara pelantikan yang digelar di Kementerian ESDM, Jum’at (12/7) lalu.

Dalam kesempatan tersebut, Jonan melantik 17 orang Pejabat di Lingkungan Kementerian ESDM yang terdiri dari dua orang Pejabat Pimpinan Tinggi Madya (Eselon I), empat orang Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (Eselon II), delapan orang Pejabat Administrator (Eselon III) dan tiga orang Pejabat Pengawas (Eselon IV).(red)

CIMB NIAGA

BACAAN TERKAIT