Donald Trump Menyebut Pekan Depan Suriah dan Irak 100% Bebas Dari ISIS

  • Bagikan
Donald Trump

Finroll.com – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengungkapkan wilayah Suriah dan Irak yang dikuasai kelompok Negara Islam Irak dan Syam (NIIS/ISIS) dapat dikuasai kembali 100% pada pekan depan.

“Ini yang harus diumumkan, kemungkinan pekan depan, kita akan membebaskan 100% semua wilayah yang dikuasai kelompok pendukung kekhalifahan,” kata Trump Seperti dilansir bbc Kamis (7/2/2019).

Presiden Donal Trump juga menghimbau, ia ingin semua pihak untuk menunggu pernyataan resmi.

Seperti diketahui sebelumnya, pejabat militer dan intelijen AS menyebut klompok ISIS dapat kembali menguasai wilayah Suriah-Irak jika tidak mendapatkan tekanan perlawanan terorisme.

Donald Trump sebelumnya juga membuat pernyataan yang mengejutkan banyak negara khusunya para sekutunya. Bulan desember 2018, Trump mengklaim ISIS sudah berhasil diatasai (ditaklukan), saat itu pula Trump menarik pasukan tentara AS dalam tempo waktu 30 hari.

Tetapi dia kemudian memperlambat upaya penarikan pasukan AS setelah mendapatkan reaksi keras dari negara-negara sekutu dan pimpinan Partai Republik.

Koalisi global melawan kelompok ISIS, yang kini berjumlah hampir 80 negara, dibentuk pada 2014 setelah kelompok militan itu menguasai sejumlah wilayah dan terus melancarkan serangan teror di luar kawasan tersebut.

BACA JUGA: Akhir Bulan Donald Trump Akan Bertemu Dengan Kim Jong-Un di Vietnam

  • Bagikan
-->