Jumat, 26 Oktober 2018

Google Pecat 48 Karyawan Atas Kasus Pelecehan Seksual


Raksasa internet AS Google mengatakan pihaknya telah memecat 48 karyawan karena pelecehan seksual. Termasuk 13 pegawai manajer senior dalam dua tahun terakhir.

Finroll.com – Dalam sebuah surat kepada karyawan, CEO Google, Sundar Pichai mengatakan, perusahaan raksasa teknologi itu mengambil “garis keras” pada perilaku pelecehan seksual tersebut. Surat Pichai mengatakan, Google “serius” tentang menyediakan tempat kerja yang aman dan inklusif.

“Kami ingin meyakinkan Anda bahwa kami meninjau setiap keluhan tentang pelecehan seksual. Atau perilaku tidak pantas, kami menyelidiki dan kami mengambil tindakan,” lanjutnya.

Pichai mengirimkan memo itu kepada staf Google di tengah laporan New York Times. Yang merinci eksekutif Google yang bertanggung jawab atas departemen perangkat lunak Android, Andy Rubin, yang meninggalkan perusahaan pada tahun 2014 setelah ia dituduh melakukan pelanggaran seksual.

Pelecehan Seksual

Rubin, yang dikenal sebagai “bapak Android” karena membuat sistem Android untuk ponsel, diselidiki oleh Google karena terlibat dalam hubungan yang tidak pantas dengan pegawai wanita. Dan dipaksa untuk mengundurkan diri.

Sebelumnya, New York Times menuding Google melindungi segelintir petinggi perusahaan, termasuk ‘bapak’ Android Andy Rubin atas tuduhan pelanggaran seksual. Google juga dituduh menawarkan uang pesangon besar-besaran bagi para mantan karyawannya untuk hengkang dari perusahaan.

Skandal pelecehan seksual yang membelit Rubin berawal ketika seorang perempuan buka suara. Setelah ia dibayar untuk melakukan hubungan seks pada 2013. Setelah melalui serangkaian investigasi, Google menyimpulkan pernyataan perempuan tersebut benar dan bisa dipercaya.

Juru bicara Rubin Sam Singer pun menolak tuduhan pemecatan tersebut, dan mengatakan Rubin meninggalkan Google atas kemauannya sendiri untuk meluncurkan sebuah perusahaan modal ventura.

Dia bergabung dengan Google pada tahun 2005 setelah raksasa teknologi tinggi yang berbasis di California, mengakuisisi Android Inc. Di mana dia adalah co-founder dan CEO. Rubin menjabat sebagai wakil presiden senior konten seluler dan digital di Google, dan mengawasi pengembangan Android untuk ponsel cerdas.

Baac Juga: Perusahaan Blue Star Line Berhasil Membangun Kembali Kapal Pesiar Titanic Yang Siap Berlayar 2022

CIMB NIAGA

Komentar

mood_bad
  • Belum ada komentar.
  • Tambahkan komentar

    BACAAN TERKAIT