Selasa, 2 Juli 2019

Akibat Pelemahan Ekonomi Global, Harga Minyak Kembali Terkoreksi


Keterangan foto : Ilustrasi kilang minyak mentah dunia

Finroll.com — Selasa (2/7) pukul 08.05 WIB harga minyak jenis west texas intermediate (WTI) kembali terkoreksi setelah naik lebih dari 1% kemarin, untuk pengiriman Agustus 2019 di New York Mercantile Exchange ada di level US$ 58,72 per barel, turun 0,62% dari sehari sebelumnya.

Harga minyak terkoreksi terjadi lantaran kekhawatiran investor bahwa pelemahan ekonomi global akan mengurangi permintaan komoditas melebihi keputusan OPEC untuk memperpanjang pengurangan pasokan hingga Maret 2022.

Analis pasar senior di OANDA New York Edward Moya, mengatakan, setelah dua setengah tahun pemangkasan produksi, efek dari pemangkasan produksi mulai kehilangan tenaga,” katanya seperti dikutip dari Reuters Selasa (2/7/2019).

Ia menambahkan, pasar tetap gusar memikirkan bagaimana permintaan dalam beberapa bulan ke depan.

“Perang dagang tidak mungkin selesai dalam waktu dekat, sementara bank sentral global diharapkan memberikan stimulus baru dalam beberapa bulan mendatang. Aktivitas ekonomi dalam tren yang lebih rendah.”

Konflik perdagangan AS-China menekan pasar global dan memicu kekhawatiran permintaan komoditas seperti minyak mentah.

Sebagai informasi, OPEC pada Senin (1/7) kemarin sepakat untuk memperpanjang pengurangan pasokan minyak mentah hingga Maret 2020. Hari ini, OPEC dijadwalkan bertemu dengan Rusia dan negara-negara lain yang tergabung dalam OPEC+ untuk membahas pengurangan pasokan di tengah melonjaknya produksi AS.

Sementara negara-negara produsen minyak dunia yang tergabung dalam Organization Petroleum Exporting Countries (OPEC) sepakat juga untuk memperpanjang pemangkasan pasokan minyak dunia hingga Maret 2020 untuk menopang harga minyak mentah di tengah melemahnya ekonomi global dan melonjaknya produksi Amerika Serikat.(red)

BACAAN TERKAIT