Selasa, 26 Februari 2019

Jelang Pertemuan Trump, Kim Jong-Un Tiba di Vietnam Gunakan Kereta


Finroll.com – Pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong-Un dikabarkan sudah tiba di Vietnam, Selasa (26/2/2019) untuk melakukan pertemuan puncak (KTT) denuklirisasi seri ke-2 dengan Presiden Amerika Serika (AS) Donald Trump.

menukil laman sindo yang juga mengutip reuters, pemimpin Republik Rakyat Demokratik Korea (DPRK) itu tiba dengan kereta api lapis baja di sebuah stasiun di kota Dong Dang, Vietnam setelah melintasi perbatasan China.

Kim Jong-un diperkirakan akan pergi ke Hanoi dengan mobil, di mana ia akan melakukan kunjungan kenegaraan dan bertemu dengan Donald Trump pada hari Rabu dan Kamis.

Sebelumnya, Korean Central News Agency (KCNA) melaporkan bahwa kereta yang membawa pemimpin DPRK Kim Jong-un meninggalkan Pyongyang ke Vietnam pada Sabtu sore.

Kim didampingi oleh Wakil Ketua Komite Pusat Partai Buruh Korea Utara Kim Yong Chol, yang bertanggung jawab atas pembicaraan nuklir dengan Amerika Serikat; Menteri Luar Negeri Ri Yong Ho; Direktur Departemen Hubungan Internasional Majelis Rakyat Tertinggi, Ri Su Yong; dan Menteri Pertahanan No Kwang Chol. Adik Kim Jong-un, Kim Yo Jong, juga berada di antara anggota delegasi Korut.

KTT denuklirisasi semenanjung Korea antara AS-Korea Utara pertama digelar di Singapura Juni lalu. KTT jilid pertama menghasilkan kesepakatan yang menetapkan bahwa Pyongyang akan melakukan upaya untuk mempromosikan denuklirisasi lengkap semenanjung Korea dengan imbalan pembekuan latihan militer gabungan Amerika Serikat dan Korea Selatan.

Pyongyang mengharapkan Washington untuk memenuhi komitmennya dan melonggarkan tekanan sanksi terhadap Korea Utara. Namun, pemerintah AS menuntut langkah-langkah baru Korea Utara untuk perlucutan senjata nuklirnya.

BACAAN TERKAIT