Rabu, 6 Februari 2019

Kelompok Teroris Taliban Serang Afghanistan Saat Pembicaraan Damai Digelar di Moskow


Finroll.com – Kelompok teroris Taliban kembali melancarkan serangannya pada Afghanistan. Kali ini serangan tersebut ditujukan ke sebuah pangkalan militer dan menewaskan 26 orang. Ironisnya, serangan tersebut dilancarkan saat pembicaraan damai tengah digelar di Moskow.

Berdasarkan keterangan kepala dewan provinsi Mohammad Yusouf Ayubi, Kelompok teroris Taliban menyerbu pangkalan militer di pinggiran kota Kunduz sekitar pukul 02.00 waktu setempat pada hari Selasa (5/2). Dari total 26 korban tewas, 23 orang merupakan tentara dan 3 orang adalah polisi.

Sebelumnya pada hari Senin (4/2), Taliban melancarkan serangan yang menewaskan 21 orang, 11 di antaranya merupakan polisi. Serangan tersebut terjadi di Distrik Baghlani Markazi, Afghanistan wilayah timur laut. Taliban juga menargetkan seorang milisi propemerintah di sebuah desa di area utara Provinsi Samangan, menewaskan 10 orang termasuk seorang wanita.

Pembicaraan di Moskow dijadwalkan berlangsung selama dua hari. Taliban akan berunding dengan Hamid Karzai, mantan presiden Afghanistan sekaligus tokoh masyarakat, namun mereka menolak untuk berunding dengan pemerintah Afghanistan saat ini. Menurut Taliban, pemerintah Afghanistan yang saat ini dipimpin oleh Presiden Asraf Ghani yang merupakan boneka Amerika Serikat (AS).

Sementara itu Kepala Komando Pusat Militer AS Joseph Votel mengatakan pihaknya akan hadir dalam pembicaraan damai tersebut sebagai perwakilan dari pemerintah Afghanistan.

“Kami jelas menyadari bahwa mereka (pemerintah Afghanistan) harus menjadi bagian dari solusi ini dan harus berada dalam aspek negosiasi ini. Kami dapat dapat melakukan itu atas nama mereka,” kata Votel dilansir dari laman Sky News, Rabu (6/2).

Pekan lalu, AS dan Taliban mencapai “perjanjian prinsip” pada kesepakatan damai. Langkah ini menghidupkan kembali harapan untuk mengakhiri perang yang telah berlangsung lebih dari 17 tahun di Afghanistan. (Akurat)

BACAAN TERKAIT