Jumat, 5 April 2019

Mengenal Sultan Hassanal Bolkiah, Sosok Yang Terapkan Hukuman Mati Bagi LGBT


Finroll.com – Rabu 3 April 2019 menjadi permulaan aturan hukum rajam sampai mati untuk pelaku hubungan Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender (LGBT) yang berlaku di Brunei Darusalam.

Aturan hukum tersebut pun menjadi sorotan pemberitaan media-media internasiolal dan menui kontrovensi bagi negara-negara barat lantaran menerapkan hukum rajm sampai mati bagi LGBT.

Tak hanya itu, Hukum potong tangan bagi pencuri juga di terapkan. Sebenarnya hukum potong tangan sudah diterapkan sejak tahun 2014, namun penegakannya secara tegas baru di mulai pada Rabu, (3/4).

Sultan Hassanal Bolkiah adalah sosok penting yang menjadi pengambilan keputusan hukuman rajam bagi LGBT di Brunei Darusalam.

Siapakah sosok Sultan Hassanal Bolkiah?

Mengenal Sultan Hassanal Bolkiah

Jenderal Sultan Haji Sir Hassanal Bolkiah Mu’izzaddin Waddaulah GCB GCMG adalah Sultan ke-29 dan Yang Di-Pertuan Brunei Darussalam serta Perdana Menteri pertama Brunei Darussalam.

Sultan Hassanal Bolkiah lahir pada 15 Juli 1946 (umur 72 tahun), Ia adalah putra sulung Begawan Sultan Sir Muda Omar Ali Saifuddin III, Sultan Brunei ke-28, dan Babu Raja Pengiran Anak Damit.

Sultan Bolkiah telah menikah dengan tiga wanita. Saleha binti mohamed adalah istri pertama yang dinikahi Sultan Bolkiah pada 1965. Pernikahan kedua dengan Isteri Mariam dari 1982 hingga 2003 dan pernikahan ketiga dengan Azrinaz Mazhar Hakim dari 2005 hingga 2010.

Sultan bukan hanya raja terlama kedua di dunia saat ini, tetapi juga salah satu orang terkaya di dunia. Kekayaan bersihnya diperkirakan Forbes sekitar USD20 miliar.

Sultan Bolkiah memiliki koleksi Rolls-Royce terbesar, dengan sekitar 500 mobil. Menurut Economic Times, koleksi mobil yang paling dicintainya adalah Rolls Royce Phantom VI. Mobil itu dibuat khusus dengan bagian belakang miring yang membantu aerodinamika dan memiliki pintu gunting. Harga mobil mewah itu sekitar USD600.000. Nilai total dari koleksi mobilnya sekitar USD4 miliar.

CIMB NIAGA

Hassanal Bolkiah: Ajaran Islam di Brunei harus tumbuh kuat

Mengenal Sultan Hassanal Bolkiah

Sultan Hassanal Bolkiah dari Brunei Darussalam menyerukan agar ajaran Islam di negaranya diperkuat, kutip AFP.

Tanpa menyebutkan penegakan hukum Syariah (hudud) di Brunei mulai berkaku hari Rabu ini (3/4), Sultan Hasanah Bolkiah mengatakan negaranya adalah bangsa yang memuliakan Allah Subhanahu Wata’ala.

“Saya ingin melihat ajaran Islam di negara ini tumbuh lebih kuat,” katanya dalam pidato yang disiarkan secara nasional di dekat Ibu Kota Bandar Seri Begawan.

“Saya ingin menekankan bahwa Negara Brunei adalah … negara yang selalu mengabdikan ibadahnya kepada Allah,” ujarnya dikutip AFP.

[Berbagai sumber]

BACAAN TERKAIT