Kamis, 10 Januari 2019

Mungkin Hal Inilah Yang Membuat Sultan Muhammad V Mengundurkan Diri


Kerajaan Malaysia tidak boleh lama-lama membiarkan singgasana Yang Dipertuan Agung kosong. Kemarin (7/1) enam di antara total sembilan Sultan Malaysia berkumpul di Istana Negara.

Finroll.com – Mereka menetapkan 24 Januari sebagai hari penunjukan yang Yang Dipertuan Agung baru. Dia akan menggantikan Sultan Muhammad V yang resmi mengundurkan diri Minggu (6/1).

’’(Pengunduran diri Sultan Muhammad V, Red) sudah sesuai konstitusi. Pemerintah tidak akan ikut campur urusan ini,’’ ujar Perdana Menteri (PM) Malaysia Mahathir Mohamad sebagaimana dilansir The Daily Star.

Sebagai pemimpin tertinggi monarki Malaysia, yang dipertuan agong memang punya hak untuk meletakkan jabatan.

Tapi, selama ini tidak pernah ada Yang Dipertuan Agung yang mengundurkan diri sebelum periodenya berakhir. Sultan Muhammad V adalah yang pertama.

Selama belum ada pengganti, jabatan Yang Dipertuan Agung dipangku Sultan Nazrin. Dia adalah wakil Yang Dipertuan Agung. Dia pula yang mendapat giliran terakhir menggantikan Sultan Muhammad V yang ambil cuti dua bulan. Tugas Sultan Nazrin berakhir pada 31 Desember bersamaan dengan berakhirnya masa cuti Sultan Muhammad V.

Namun, Sultan Muhammad V yang baru pekan lalu kembali ke Malaysia setelah dua bulan cuti memutuskan untuk mundur. Majlis Raja-Raja, kumpulan sembilan sultan Malaysia, pun memerintah Sultan Nazrin kembali menggantikan posisi Yang Dipertuan Agung. Mereka punya waktu maksimal empat pekan untuk menunjuk pemimpin baru.

Baca Juga: Raja Malaysia Resmi Turun Takhta Usai Menikahi Miss Moscow 2015

Kemarin, selain Sultan Muhammad V, dua sultan yang lain absen dalam pertemuan Majlis Raja-Raja. Mereka adalah Sultan Azlan Shah dari Pahang dan Sultan Sharafuddin Idris Shah dari Selangor. Sultan Azlan tidak hadir karena sakit. Sementara itu, Sultan Sharafuddin berada di luar negeri.

Channel News Asia menyatakan, sesuai dengan sistem rotasi monarki Malaysia, Sultan Azlan seharusnya menjadi Yang Dipertuan Agung berikutnya. Namun, tokoh 88 tahun itu sakit-sakitan.

Urutan berikutnya adalah Sultan Ibrahim Ismail dari Johor. Tapi, dia menolak jabatan tertinggi monarki Malaysia itu sejak 2016. Jika bukan Sultan Azlan dan Sultan Ibrahim, Sultan Nazrin-lah yang berpotensi Yang Dipertuan Agung. Sebab, dia menempati urutan berikutnya.

’’Rakyat Malaysia lebih menghormati kerajaannya daripada sosok rajanya,’’ ujar Oh Ei Sun, peneliti senior di Singapore Institute of International Affairs yang dikutip jawapos.com.

Jababeka industrial Estate

Dia yakin pergantian Yang Dipertuan Agung tidak membawa dampak serius kepada masyarakat.  Pendapat yang sama dipaparkan Azizuddin M. Sani, guru besar School of International Studies (SoIS) Universitas Utara Malaysia, kemarin.

Baca Juga: Oksana Voevodina, Mantan Miss Moscow Dipersunting Sultan Malaysia

’’Sebenarnya peran yang dipertuan agong lebih bersifat seremonial. Setelah tidak lagi menjabat (sebagai Yang Dipertuan Agung), Sultan Muhammad V kembali ke Kelantan dan tetap menjadi pemimpin monarki setempat,’’ paparnya lewat pesan elektronik.

Menurut Azizuddin, keputusan untuk mundur itu tidak akan berpengaruh terhadap kehidupan sang sultan maupun masyarakat Kelantan. Bahkan publik Malaysia pada umumnya.

Pengunduran diri Sultan Muhammad V memang datang tiba-tiba. Namun, bukan tanpa tanda-tanda. Awal tahun ini, Majlis Raja-Raja menggelar pertemuan darurat. Konon, empat sultan yang hadir dalam pertemuan itu mendesak Sultan Muhammad V untuk mundur. Jika tidak, mereka terpaksa mendepak sultan 49 tahun tersebut dari jabatan Yang Dipertuan Agung.

Diduga, pernikahan diam-diam Sultan Muhammad V dengan Oksana Voevodina menjadi penyebab ketidaksukaan para sultan terhadap pria bernama asli Tengku Muhammad Faris Petra itu. Kabarnya, Majlis Raja-Raja tidak ingin Voevodina yang merupakan Miss Moscow 2015 menjadi Permaisuri Agung Malaysia.

’’Abdikasi ini sudah ditunggu para sultan. Kini PR mereka tinggal menentukan pemimpin yang baru,’’ ujar Direktur Eksekutif Penang Institute Ooi Kee Beng.

BACAAN TERKAIT