Senin, 4 Maret 2019

Perdana Menteri Pakistan Siap Bebaskan Pilot India Untuk Meredakan Ketegangan


Perdana Menteri Pakistan Imran Khan mengumumkan akan membebaskan pilot India yang pesawatnya ditembak jatuh pada Jumat, 1 Maret. Khan mengatakan, India dan Pakistan perlu melakukan dialog untuk meredakan ketegangan.

Finroll.com – “Sebagai isyarat damai kami akan membebaskannya besok,” kata Perdana Menteri Pakistan Imran Khan dalam pidato di depan parlemen Pakistan pada Kamis. “semua masalah harus diselesaikan melalui dialog,” tambahnya sebagaimana dilansir RT, Jumat (1/3/2019).

Diberitakan sebelumnya, Jet tempur yang dipiloti Letnan Kolonel Abhinandan Varthaman ditembak jatuh di wilayah udara Pakistan saat terbang di atas Kashmir pada Rabu. Dia sempat dipukuli warga sipil yang marah setelah keluar dari pesawat sebelum diselamatkan oleh tentara Pakistan.

Insiden itu terjadi sehari setelah jet tempur India melancarkan serangan udara di wilayah Pakistan yang diklaim ditujukan pada kamp teroris Jaish-e-Muhammad (JeM). India menyatakan kelompok militan tersebut dianggap bertanggung jawab atas serangan bom di Kashmir yang menewaskan lebih dari 40 tentara paramiliter India pada 14 Februari.

Baca Juga: Pakistan dan India Kembali Bersitegang Setelah India Melancarkan Serangan Udara di Wilayah Pakistan

Menteri Luar Negeri Pakistan Shah Mahmood Qureshi mengatakan bahwa Islamabad bersedia mempertimbangkan untuk mengembalikan pilot yang ditangkap jika dapat membantu mengurangi ketegangan antara kedua negara. “Kami siap untuk semua keterlibatan positif,” tegasnya.

Pihak India telah menyatakan sambutan baiknya atas keputusan pengembalian Varthaman, namun tidak memberikan komentar mengenai upaya penurunan ketegangan.

BACAAN TERKAIT