Rabu, 9 Januari 2019

Pertemuan Kim Jong Dengan Xi Jinping, Peringatan Keras Untuk AS


Finroll.com – Sehari setelah menyatakan akan mencari alternatif lain jika Amerika Serikat (AS) tidak menurunkan tekanan dan sanksi, Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un pergi ke China, kemarin. Kunjungan kenegaraan ke Negeri Panda itu juga sekaligus atas undangan Presiden China Xi Jinping.

Pertemuan antara Kim dan Xi diyakini akan menghasilkan berbagai kesepakatan, termasuk pertemuan keempat antara Korut dan China. Kim menggelar tiga pertemuan dengan Xi, mitra terdekat Korut, pada tahun lalu sebelum dan setelah pertemuan dengan Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae-in.

Pengamat menilai kunjungan ini merupakan peringatan. “Kim Jong-un ingin mengingatkan pemerintahan AS bahwa dia memiliki pilihan ekonomi dan diplomatik di samping apa yang dapat ditawarkan Washington dan Seoul,” ujar Direktur Studi Pertahanan di Pusat Kepentingan Nasional, Harry J. Kazianis, dikutip Reuters.

Kim Jong-un berangkat dari Pyonyang, Korut, menuju Beijing menggunakan kereta pribadi pada Senin (7/1) sore. Dia tidak berangkat seorang diri, melainkan ditemani istrinya Ri Sol-ju dan para pejabat senior Korut seperti Kim Yong-chol, negosiator utama perundingan dengan AS, dan Menteri Luar Negeri Ri Yong-ho.

Kereta hijau dengan garis kuning itu tiba di Stasiun Beijing pada kemarin pagi dengan keamanan superketat. Rombongan pejabat Korut kemudian melanjutkan perjalanan dengan menggunakan sejumlah mobil. Seperti dilansir xinhuanet.com, Kim Jong-un akan berada di Beijing selama empat hari dari Senin (7/1) sampai besok.

Kunjungan itu bertepatan dengan hari ulang tahun ke-35 Kim pada Selasa, 8 Januari 1983. Selama pidato Tahun Baru, Kim mengatakan siap bertemu Presiden AS Donald Trump kapan saja untuk mencapai kesepakatan denuklirisasi di Semenanjung Korea. Namun, Korut juga menetapkan beberapa persyaratan.

BACAAN TERKAIT