Selasa, 8 September 2020

PM Malaysia bertemu menhan China, bahas kerja sama bilateral


FINROLL.COM — Perdana Menteri (PM) Malaysia Muhyiddin Yassin bertemu dengan Anggota Dewan Negara sekaligus Menteri Pertahanan (Menhan) China Wei Fenghe yang sedang berkunjung di Kuala Lumpur, Malaysia, pada Senin (7/9). Keduanya membahas tentang kerja sama bilateral kedua negara.

Muhyiddin menyampaikan ucapan selamat atas keberhasilan China dalam mengendalikan wabah COVID-19. Dengan dukungan yang sangat besar dari China, Malaysia menjadi salah satu negara pertama di dunia yang dapat meredam wabah tersebut, ujarnya, seraya menyampaikan penghargaan dan harapan bahwa kedua negara akan terus melanjutkan kerja sama dalam memerangi COVID-19.

Malaysia siap bekerja sama dengan China untuk memperkuat kerja sama bilateral di segala bidang antara lain termasuk pertahanan, ekonomi dan perdagangan, serta pendidikan, ujar Muhyiddin.

Sementara itu,Wei pada gilirannya mengatakan persahabatan antara China dan Malaysia memiliki sejarah yang panjang, dan hubungan bilateral telah senantiasa mencatatkan perkembangan yang sehat serta stabil.

China dan Malaysia telah saling memberikan bantuan selama wabah COVID-19, serta memimpin upaya untuk mendorong pemulihan ekonomi dan sosial seraya memajukan kerja sama pragmatis di segala bidang, kata Wei.

China, lanjutnya, berkomitmen untuk memperkuat kerja sama pertahanan antara kedua negara, dan terus memajukan hubungan antarmiliter guna mencapai hasil-hasil baru.

Wei juga menyampaikan bahwa pemeliharaan stabilitas di Laut China Selatan merupakan tanggung jawab bersama China dan Malaysia. Saat situasi keseluruhan di Laut China Selatan tetap stabil, China bersedia bekerja sama dengan negara-negara anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) termasuk Malaysia untuk mencapai kompromi agar bisa menjaga perdamaian dan ketenangan di kawasan laut tersebut, paparnya.

Pada Senin yang sama, Wei mengadakan pertemuan resmi dengan Menteri Pertahanan Malaysia Ismail Sabri Yaakob. Dalam pertemuan tersebut, kedua belah pihak saling bertukar pandangan terkait berbagai isu, termasuk situasi internasional dan regional, hubungan antara militer kedua negara, serta Laut China Selatan.

Ismail Sabri menggelar upacara penyambutan bagi Wei menjelang pertemuan. Dalam upacara penyambutan itu, Wei menginspeksi pasukan kehormatan militer Malaysia. (Xinhua)

BACAAN TERKAIT