Senin, 28 Januari 2019

Setelah Kemunculan Rompi Kuning di Paris, Kini Datanglah Kelompok Syal Merah Yang Justru Mendukung Pemerintah


Finroll.com – Setelah kemunculan kelompok Rompi Kuning dalam serangkaian protes anarkis di Paris dan beberapa kota di Perancis tahun lalu. Kini muncul kelompok lainnya yang menamakan diri mereka ‘Kelompok Syal Merah dan telah menggelar aksi turun ke jalan di Paris.

Namun tidak seperti Rompi Kuning, Kelompok Syal Merah ini justru menyuarakan dukungan kepada pemerintah sekaligus perlawanan terhadap kekerasan.

Setidaknya lebih dari 10.000 orang tergabung dalam aksi massa yang digelar hari Minggu (27/1) lalu.

“Orang-orang bosan dengan penutupan jalan. Hal itu berdampak buruk untuk bisnis. Terlebih anak-anak terhambat untuk datang ke sekolah tepat waktu,” ungkap juru bicara Syal Merah Alex Brun, dilansir dari laman BBC, Senin (28/1).

“Kami mengecam iklim pemberontakan yang dilancarkan oleh rompi kuning. Kami juga menolak ancaman dan pelecehan verbal terus-menerus (ditujukan untuk rompi non-kuning),” ujar peserta aksi dalam sebuah pernyataan bersama yang dikutip dari Akurat.

Aksi tersebut juga diikuti oleh kelompok lain yang memiliki pandangan senada dengan kelompok Syal Merah.

Namun, berdasarkan pantauan media Perancis terjadi perbedaan pandangan di kalangan internal kelompok Syal Merah tentang apakah mereka harus mendukung Presiden Emmanuel Macron atau tidak. Beberapa petinggi Syal Merah dikabarkan mengimbau pengikutnya untuk tidak ikut dalam aksi tersebut.

BACAAN TERKAIT