Connect with us

MotoGP

Hasil Tes MotoGP Valencia, Maverick Vinales Tercepat

Published

on


Finroll.com – Maverick Vinales mengungguli juara dunia MotoGP 2018, Marc Marquez, pada tes Valencia, dengan Valentino Rossi melengkapi tiga besar.

Sesi uji coba berlangsung pukul 10:00 sampai 17:00 waktu setempat. Dalam tes yang berdurasi selama tujuh jam itu, harus terhenti lebih awal karena hujan mengguyur Circuit Ricardo Tormo, Selasa (20/11).

Kendati dimulai sejak pagi, para pembalap memilih bertahan lama di dalam garasi. Selain menunggu kondisi cuaca lebih baik, juga kebanyakan dari mereka ingin mengenal lebih dulu motor terbaru yang bakal digeber, seperti Jorge Lorenzo atau Andrea Iannone.

Setelah menunggu dua jam lebih, Johann Zarco menjadi yang pertama menuju ke trek, sekaligus penampilan perdana menunggangi RC16. Awalnya, ia hanya menempuh dua lap. Sempat terjatuh, sang pembalap Prancis memutuskan masuk pit.

Berselang satu jam, Zarco kemudian beraksi di lintasan lagi. Kali ini ia melahap lebih dari lima lap. Tak berapa lama, Michele Pirro dan Stefan Bradl – menjalankan peran penguji untuk Ducati serta Honda – mengikutinya. Semua pembalap lalu akhirnya menjalani tes Valencia.

Andrea Dovizioso bersama Marquez tampil dominan. Keduanya secara bergantian menduduki urutan teratas. The Baby Alien, mengetes dua versi RC213V 2019, kemudian mengambil alih usai meningkatkan catatan waktu menjadi 1 menit 31,4718 detik. Namun posisinya digusuru Vinales.

Telah berganti nomor ke 12, Top Gun menorehkan 1 menit 31,416 detik atau lebih cepat 0,302 detik. Apiknya performa Vinales turut disamai Rossi. The Doctor membawa Yamaha masuk tiga besar, sekaligus di depan Dovizioso.

Slot kelima diklaim Bradl, diikuti Morbidelli yang tampil impresif. Kini memperkuat Yamaha Petronas SRT, ia menutup tes pada posisi keenam. Di belakangnya ada Aleix Espargaro dan Danilo Petrucci – sekarang berstatus pembalap pabrikan Ducati.

Pol Espargaro mengantarkan KTM pada tempat kesembilan, dilanjutkan Pirro yang melengkapi 10 besar. Ia sempat terjatuh, tapi beruntung tak cedera serius.

Jorge Lorenzo – penampilan perdana di atas RC213V – menutup sesi pada posisi ke-18 atau lebih lambat 1,5 detik. Sementara pembalap baru Aprilia, Andrea Iannone, satu tingkat di bawahnya.

Dari empat rookie, Francesco Bagnaia (Pramac Racing) keluar sebagai yang terbaik, yakni posisi ke-11. Joan Mir (Suzuki) menempati urutan ke-15, sebaliknya Fabio Quartararo (Yamaha Petronas SRT) serta Miguel Oliveira (KTM Tech 3) terlempar dari 10 besar.

Selain pembalap tes Pirro dan Bradl, ada pula Jonas Folger yang menjalani pengujian untuk tim tes Eropa Yamaha. Sedangkan Bradley Smith debut mengendarai Aprilia.

Hasil Tes MotoGP Valencia:

1 Maverick Viñales Yamaha 39 1’31″416
2 Marc Márquez Honda 25 0.302
3 Valentino Rossi Yamaha 40 0.429
4 Andrea Dovizioso Ducati 38 0.430
5 Stefan Bradl Honda 51 0.599
6 Franco Morbidelli Yamaha 40 0.669
7 Aleix Espargaró Aprilia 37 0.679
8 Danilo Petrucci Ducati 43 0.684
9 Pol Espargaró KTM 35 0.763
10 Michele Pirro Ducati 19 0.804
11 Francesco Bagnaia Ducati 38 0.980
12 Álex Rins Suzuki 32 0.986
13 Takaaki Nakagami Honda 26 1.123
14 Jack Miller Ducati 19 1.139
15 Joan Mir Suzuki 59 1.371
16 Tito Rabat Ducati 36 1.418
17 Johann Zarco KTM 36 1.419
18 Spain Jorge Lorenzo Honda 30 1.543
19 Italy Andrea Iannone Aprilia 15 1.875
20 Czech Republic Karel Abraham Ducati  35 1.885
21 United Kingdom Bradley Smith Aprilia 17 2.293
22 Germany Jonas Folger Yamaha 30 2.394
23 France Fabio Quartararo Yamaha 38 2.434
24 Malaysia Hafizh Syahrin KTM 20 2.817
25 Portugal Miguel Oliveira KTM 33 3.702

(source: Motorsport)

MotoGP

GP Inggris dan Australia Batal, MotoGP 2020 Semakin Rontok

Published

on

By

MotoGP 2020 semakin rontok setelah Dorna Sports mengumumkan pembatalan MotoGP Inggris dan Australia. Total sudah enam seri balapan yang dibatalkan.

CEO Dorna Sports selaku pengelola MotoGP, Carmelo Ezpeleta, mengatakan keputusan pembatalan MotoGP Inggris dan Australia diambil setelah pihaknya menemui jalan buntu untuk menggelar balapan di dua sirkuit legendaris tersebut.

“Kami sedih untuk mengumumkan pembatalan dua ajang ikonis ini setelah tidak menemui jalan untuk memasukkan logistik dan menjalani operasional karena pandemi dan perubahan jadwal,” ujar Ezpeleta dalam rilis resmi.

MotoGP Inggris di Sirkuit Silverstone semula dijadwalkan berlangsung 28-30 Agustus 2020. Sementara MotoGP Australia di Sirkuit Phillip Island memiliki jadwal pada 23-25 Oktober 2020.

Ini adalah kali pertama sejak 70 tahun sejarah balap motor Grand Prix tidak seri balapan di Inggris. Sementara Phillip Island sudah menggelar balapan Grand Prix sejak 1989.

“Atas nama Dorna Sports, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh penggemar atas pengertian dan kesabaran mereka saat kita menunggu situasi membaik. Kami tidak sabar menjalani balapan di Silverstone dan Phillip Island tahun depan,” ucap Ezpeleta.

Total sudah enam seri balapan MotoGP 2020 yang dibatalkan. Selain Inggris dan Australia, seri balapan yang sudah dibatalkan adalah Qatar, Jerman, Belanda, dan Finlandia.

Empat seri balapan: Spanyol, Prancis, Italia, dan Catalunya hingga kini belum memiliki jadwal baru setelah ditunda. Sementara MotoGP Thailand, Amerika Serikat dan Argentina sudah memiliki jadwal baru setelah diundur dari awal musim.

Dorna Sports sendiri dikabarkan siap menggelar balapan pertama MotoGP 2020 di Sirkuit Jerez, Spanyol, pada 19 Juli mendatang. (CNN/GPH)

Continue Reading

MotoGP

MotoGP Virtual Seri Keempat Rossi Akan Tampil Lagi

Published

on

Finroll – Jakarta, Valentino Rossi bakal tampil pada MotoGP Virtual Race seri keempat, Minggu (17/5), yang bakal menggunakan Sirkuit Misano Marco Simoncelli sebagai lokasi adu kebut.

Absen pada balapan virtual pertama, Rossi sempat mengikuti balapan MotoGP Virtual seri kedua yang berlokasi di Sirkuit Red Bull Ring, Austria, pada 12 April.

Dalam balapan tersebut, Rossi tercatat beberapa kali terjatuh dan menempati peringkat ketujuh dari 10 pebalap yang ikut serta.

Pebalap gaek tim Monster Energy Yamaha itu kemudian menyatakan tidak mengikuti seri ketiga di Sirkuit Angel Nieto, Jerez, awal Mei.

Selain Rossi, para pebalap yang akan tampil diantaranya adalah Maverick Vinales, serta kakak beradik dari tim Honda Marc Marquez dan Alex Marquez.

Berbeda dari seri ketiga yang mengikutsertakan pebalap-pebalap dari kelas MotoGP, Moto2 dan Moto3, balapan kali ini menghadirkan 11 joki kuda besi MotoGP dan sembilan dari MotoE.

Para pebalap MotoGP akan menyelesaikan sembilan lap dan pebalap MotoE akan berpacu dalam lima lap.

Dari tiga balapan MotoGP Virtual yang sudah berlangsung, terdapat tiga juara berbeda. Alex Marquez menjadi kampiun seri pertama, Francesco Bagnaia finis terdepan pada seri kedua, dan Maverick Vinales yang menguasai seri ketiga.

 

Daftar Pebalap MotoGP Virtual Race Seri Keempat:

 

Repsol Honda Team: Marc Marquez dan Alex Marquez

Monster Energy Yamaha MotoGP: Maverick Viñales dan Valentino Rossi

Ducati Team: Michele Pirro

Team Suzuki Ecstar: Joan Mir

Aprilia Racing Team Gresini: Lorenzo Savadori

Petronas Yamaha SRT: Fabio Quartararo

Pramac Racing: Franceso Bagnaia

LCR Honda Idemitsu: Takaaki Nakagami

Reale Avintia Racing: Tito Rabat

Sumber : CNN Indonesia

Continue Reading

MotoGP

Rossi Gabung Petronas Yamaha Bukan Aib

Published

on

By

Peluang Valentino Rossi gabung Petronas Yamaha di MotoGP 2021 cukup besar. Bergabung Petronas Yamaha yang berstatus sebagai tim satelit Yamaha bukan sebuah aib bagi The Doctor.

Rossi memulai karier di kelas primer Grand Prix (500cc/MotoGP) pada 2000 memperkuat tim satelit Honda bernama Nastro Azzuro Honda. Bahkan Rossi merebut gelar juara dunia 500cc/MotoGP pertamanya bersama tim satelit tersebut.

Pada musim 2000, Honda mempromosikan Rossi ke kelas 500cc. Namun, ketika itu Honda sudah memiliki tiga pebalap di tim pabrikan Repsol Honda: Alex Criville, Sete Gibernau, Tadayuki Okada.

Tidak mau kehilangan peluang mendapatkan Rossi, Honda kemudian membentuk tim satelit Nastro Azzuro Honda. Meski memperkuat tim dengan status sebagai tim satelit, Rossi mendapat sepeda motor dan fasilitas yang sama dengan pabrikan.

Ketika itu Rossi bekerja sama dengan Mick Doohan sebagai mentor dan Jeremy Burgess sebagai kepala mekanik. Meski gagal merebut gelar juara dunia 500cc, Rossi menjadi pebalap Honda terbaik pada musim 2000 dengan finis di posisi kedua di belakang Kenny Roberts Jr. yang menjadi juara dunia.

Pada 500cc musim 2001, Rossi sukses menjadi juara dunia bersama Nastro Azzuro Honda mengalahkan Max Biaggi yang memperkuat Yamaha. Rossi meraih 13 finis podium termasuk 11 kemenangan.

Kembali memperkuat tim satelit Petronas Yamaha bukan aib atau hal memalukan bagi Rossi, yang berstatus salah satu pebalap terbaik dalam sejarah MotoGP. Terlebih pihak Yamaha sudah memastikan akan memberi Rossi sepeda motor dan fasilitas pabrikan jika tampil di MotoGP 2021 bersama Petronas Yamaha.

Rossi diklaim akan bergabung dengan Petronas Yamaha setelah posisinya di tim pabrikan digeser Fabio Quartararo. The Doctor berpeluang menjadi rekan setim Franco Morbidelli yang merupakan mantan anak didiknya di VR46 Academy.

Rossi sendiri dikabarkan sudah memulai pembicaraan dengan Petronas Yamaha. Sementara itu CEO Petronas Yamaha Razlan Razali mengatakan keputusan pebalap baru, termasuk rumor Rossi, akan dipastikan dalam beberapa bulan ke depan.

“Valentino Rossi jelas sebuah opsi, tapi saat ini saya tidak bisa menjawab apapun. Hal itu harus kami putuskan pada Juli atau Agustus 2020,” ucap Razali. (CNN)

Continue Reading
Advertisement

Advertisement

Trending