Connect with us

Science & Technology

Huawei Tandingan Google Maps Bikin Aplikasi Peta

Published

on


Finroll.com — Perusahaan asal China Huawei dikabarkan tengah mengembangkan layanan peta digital tandingan Google Maps. Huawei disebut akan mengungkap aplikasi peta digitalnya tersebut pada Oktober mendatang.

Huawei tidak langsung menyasar konsumen lewat Map Kit. Layanan peta digital yang dinamakan Map Kit berbeda dengan Google Maps atau Apple Maps.

Sementara Huawei disebut mendesain Map Kit untuk mendorong pengembang aplikasi berkontribusi mengembangkan kemampuan pemetaan.

Map Kit disebut akan terhubung ke layanan pemetaan lokal dan mencakup 150 negara dan wilayah.

Seperti pada laporan China Daily. Presiden layanan awan Huawei Zhang Pingan mengatakan ada lebih dari 50 persen aplikasi seluler merupakan layanan berbasis lokasi yang mengandalkan kemampuan pemetaan.

Seperti halnya aplikasi peta lainnya, Map Kit juga dilengkapi fitur kondisi lalu lintas dan sistem navigasi yang mampu mengenali jalur penggantian kendaraan.

“Ini [Map Kit] akan mendukung pemetaan berbasis augmented-reality,” ucap Pingan.

Pihak Huawei mengakui jika mereka terlambat merilis layanan pemetaan yang dibekali informasi pelengkap untuk data posisi satelit.

Layanan ini rencananya akan tersedia dalam 40 bahasa.

Kemunculan Map Kit disebut sebagai upaya Huawei untuk merambah negara di luar China dengan kemunculan peranti lunak Harmony OS.

Huawei mengakui jika pihaknya memiliki kebutuhan mendesak untuk menarik semakin banyak pengembang peranti lunak untuk sistem operasinya tersebut.(red)

Advertisement

Science & Technology

Instragram Hilang dari Playstore

Published

on

By

Waduh guys, belum hilang memori masyarakat pengguna internet Tanah Air yang heboh dengan aplikasi Bukalapak hilang dari Play Store, kini giliran Instagram yang lenyap lho.

Untuk kasus hilangnya Bukalapak, usut punya usut, lenyapnya aplikasi Bukalapak karena platform unikorn itu sedang membarui aplikasi. Tidak butuh waktu lama, setelah pembaruan rampung aplikasi Bukalapak kembali tersedia di PlayStore pada Kamis malam 19 September 2019.

Nah gantian aplikasi lain lho yang hilang. Sejumlah warganet menemukan Instagram hilang di toko aplikasi Android tersebut. Belum jelas, penyebab Instagram menghilang dari Play Store apakah sama seperti Bukalapak atau hal lain.

Hilangnya Instagram dari Play Store ditemukan oleh pengguna internet di luar Indonesia sih. Untuk di Indonesia, pada Jumat siang 20 September 2019, aplikasi Instagram tersedia di Play Store.

Nah, aplikasi yang hilang dari Play Store ada kemungkinan keluar dari kebijakan yang telah diterapkan Google. Makanya, pengelola aplikasi membarui aplikasi mereka untuk menyesuaikan dengan regulasi Google.

Untuk memahaminya, kami akan memberi beberapa poin:

Konten yang dibatasi

Aplikasi tidak boleh melebihi batas, seperti membahayakan anak, berisi konten tidak pantas, perjudian, aktivitas ilegal, konten buatan pengguna dan zat yang belum disetujui. Jelas kalau ini mah ya.

Tiruan

Berikutnya yang dilarang adalah peniruan identitas dan kekayaan intelektual. Perusahaan raksasa teknologi melarang aplikasi di tokonya melakukan hal tersebut.

Privasi, keamanan dan penipuan

Setiap aplikasi harus mengamankan data pribadi pengguna. Mereka juga tidak boleh menyalahgunakan perizinan yang diberikan pengguna, tidak boleh melakukan hal yang berbahaya, menipu dan memberi informasi keliru.

Monetisasi dan iklan
Aplikasi harus memiliki praktik bisnis yang sehat. Poin ini meliputi topik pembayaran, langganan dan pembatalan, iklan dan sertifikasi jaringan iklan.

Direktori toko dan promosi

Penggunaan dengan praktik tidak wajar untuk menarik pengguna juga jadi hal yang dilarang. Pelanggaran dilihat melalui promosi aplikasi, metadata, ulasan, penginstalan dan rating pengguna, serta rating konten.

Spam

Jika ada aplikasi spam atau tidak memberi pengalaman yang sesuai kepada pengguna, kemungkinan juga akan dilarang oleh Google.

Program lainnya

Selain mematuhi kebijakan, aplikasi juga harus memenuhi persyaratan kebijakan khusus program, agar bisa terus tersedia di PlayStore.

Sesuai usia

Pengembang harus menampilkan aplikasi yang sesuai untuk semua usia jika mereka menargetkan usia tertentu. Pengembang bertanggung jawab untuk memastikan aplikasinya aman dan mematuhi peraturan undang-undang.

Penegakan aturan

Ada baiknya untuk menghindari pelanggaran. Namun jika ada peraturan yang dilanggar, Google berkomitmen membuat developer tahu akan kesalahannya itu dan melakukan perbaikan.

Pembaruan

Google memiliki pembaruan dan perubahan pada Kebijakan Program Pengembang, serta sumber daya dan persyaratan tambahan untuk program khusus. Developer diharapkan tahu tentang update yang dibuat perusahaan.

Continue Reading

Science & Technology

Raih 5 Juta Unduhan dengan Ulasan Positif, UC Browser Turbo Targetkan 10 Juta Pengguna Aktif Bulanan Tahun Fiskal 2020

Published

on

Finroll.com — UCWeb, bagian dari Alibaba Innovation Initiatives Business Group baru saja meluncurkan versi terbaru UC Browser Turbo 1.6, browser dengan desain minimalis yang hadir dengan beberapa peningkatan fitur dan telah menyaksikan performa unduhan yang kuat dengan tinjauan positif sejak diluncurkan. Aplikasi browsing ini telah menarik banyak pengguna di India dan Indonesia, dan mendapatkan lebih dari 5 juta unduhan secara global dan diperkirakan akan menghasilkan 10 juta pengguna aktif bulanan pada akhir tahun fiskal. UC Browser Turbo telah diluncurkan di 148 negara dan tersedia dalam 8 bahasa termasuk bahasa Inggris, Indonesia, Vietnam, Thailand, Rusia, Portugis, Spanyol dan Arab.

Huaiyuan Yang, Vice President UCWeb Global Business menyampaikan keberhasilan peluncuran versi terbaru UC Browser Turbo: “Kami selalu mencari cara untuk memenuhi beragam kebutuhan dasar pengguna kami yang luas di seluruh dunia. Fitur unduhan cepat dan penghematan mobile data UC Browser telah membuat reputasi kami semakin kuat. UC Browser Turbo adalah alat pencarian yang lebih nyaman dengan tampilan yang bersih dan fitur pemblokiran iklan untuk mereka yang menginginkan platform yang simple dan cepat untuk bernavigasi.

Browser ini dirancang untuk memberikan pengalaman pencarian yang lebih cepat kepada pengguna dan sejauh ini, kami senang dengan tanggapan-tanggapan positif terhadap aplikasi ini,” jelas Huaiyuan Yang.

UC Browser Turbo 1.6 memiliki kapasitas 36MB untuk versi 32-bit dan kapasitas 42MB untuk versi 64-bit dan kini hadir dengan desain yang stylish, tampilan yang smooth, dengan proses unduhan dan surfing yang cepat. Browser ini juga memiliki fungsi ‘Share’ yang baru, untuk memberikan opsi bagi pengguna untuk berbagi halaman situs web dan detail lainnya dengan pengguna lain, serta menawarkan dukungan multi-bahasa yang dapat disesuaikan. Fungsi lain yang tersedia adalah Quick Search, Private Browsing, dan Cloud Acceleration gratis di dalam aplikasi.

Server UC Browser Turbo dapat menstabilkan unduhan dalam waktu singkat dan ketika diatur pada untaian unduhan yang tinggi, proses unduhan akan semakin cepat. Aplikasi browser ini memungkinkan pengguna untuk mengunduh video pilihan mereka, sehingga mereka dapat menontonnya tanpa koneksi internet aktif. Ada juga pilihan Customizable Homepage, yang memungkinkan pengguna untuk menambahkan halaman dan situs web pilihan ke halaman homepage dari Bookmark, serta menghapus semua situs default untuk menikmati homepage yang kosong. Pengguna juga dapat memasang gambar mereka sendiri pada latar belakang homepage sesuai selera.

Aplikasi UC Browser Turbo 1.6 sudah dapat diunduh melalui Google Play (https://play.google.com/store/apps/details?id=com.ucturbo&hl=en_US)

Sebagai informasi tentang UC. UCWeb, sebuah bisnis di dalam Alibaba Innovation Initiatives Business Group, adalah penyedia perangkat lunak dan layanan internet seluler terkemuka. Portofolio produk internasional UC termasuk platform distribusi konten UC Browser, UC Browser Turbo, UC Browser Mini, dan UC Ads untuk pemasaran seluler. UC Browser adalah peramban seluler pihak ketiga nomor 1 di dunia, sesuai StatCounter. UC Browser telah mencapai 430 juta pengguna aktif bulanan secara global.(red)

Continue Reading

Science & Technology

Wow! Samsung Rilis Ponsel Rp1 Jutaan di Indonesia

Published

on

By

Samsung Electronic Indonesia resmi meluncurkan Samsung Galaxy A10s. Dikutip dari keterangan pers Samsung, Selasa, 17 September 2019,ponsel ini disebut bisa menjadi andalan generasi live, dengan kombinasi fitur yang value yang dihadirkan.

“Era of Live kini telah dimiliki oleh semua kalangan masyarakat Indonesia, tidak terkecuali bagi mereka yang masih menikmati kreasi foto sebagai konten andalan yang dapat diunggah secara live melalui akun media sosial mereka. Namun, terkadang tidak semua smartphone menawarkan kemampuan yang serba guna dengan harga yang juga bersaing,” kata Denny Galant, Head of Product Marketing IT & Mobile, Samsung Electronics Indonesia.

Samsung Galaxy A10s dibekali dengan dual camera 13+2 MP yang memiliki kemampuan Live Focus, sehingga membuat hasil konten live lebih epik.

Kemampuan untuk menghadirkan hasil foto bokeh juga dimiliki Samsung Galaxy A10s dengan memanfaatkan dual camera tersebut. Fungsi ini juga dapat digunakan pada kamera depan dengan lensa 8MP yang membuat foto maupun video live ataupun vlog semakin terang dan tajam.

Ada juga teknologi fingerprint scanner serta face recognition untuk kenyamanan mobile pengguna, hingga all day battery 4.000 mAh yang siap menemani segala kegiatan untuk tetap nge-live sepanjang hari.

Selain itu, Samsung Galaxy A10s juga didukung dengan fitur seperti AR Sticker, yang dapat diaplikasikan pada hasil foto.

Pada bagian layar mengusung konsep Infinity Display-V yang luas dengan 6,2 inch High Definition+. Sedangkan kemampuan audionya Dolby Atmos2.

Galaxy A10s dibanderol Rp1.899.000. Smartphone ini akan hadir dalam tiga pilihan warna menarik dan kekinian, yaitu Merah, Hijau, dan Hitam.

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

Trending