Connect with us

Keuangan

IHSG Kehabisan Tenaga Akibat Perang Dagang & Inflasi

Published

on


IHSG

Finroll.com  – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka melemah tipis 0,04% pada perdagangan hari ini ke level 6.286,8. Pada pukul 09:30 WIB, pelemahan IHSG sudah bertambah dalam menjadi 0,31% ke level 6.270,34. IHSG harus merasakan pahitnya zona merah pasca kemarin (10/6/2019) melejit hingga 1,3%.

Kinerja IHSG berbanding terbalik dengan seluruh bursa saham utama kawasan Asia yang sedang kompak ditransaksikan di zona hijau: indeks Nikkei naik 0,22%, indeks Shanghai naik 0,89%, indeks Hang Seng naik 0,55%, indeks Straits Times naik 0,52%, dan indeks Kospi naik 0,18%.

Sentimen positif bagi bursa saham Benua Kuning datang dari rilis data ekonomi yang menggembirakan. Kemarin, ekspor China periode Mei 2019 diumumkan tumbuh sebesar 1,1% secara tahunan.

Walaupun tipis saja, capaian pada periode Mei jauh lebih baik ketimbang April kala ekspor jatuh sebesar 2,7% secara tahunan, serta lebih baik dari konsensus yang memperkirakan penurunan sebesar 3,8%, dilansir dari Trading Economics.

Terlepas dari perang dagang yang terus memanas dengan AS, ternyata ekspor China masih bisa dipacu untuk membukukan pertumbuhan.

Sisi negatifnya, perang dagang AS-China sangat mungkin tereskalasi kedepannya. Belakangan ini, kabar yang beredar menunjukkan bahwa Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping akan bertemu di sela-sela KTT G-20 pada akhir bulan ini di Jepang.

Namun ternyata, pertemuan itu belum pasti. Berbicara dalam wawancara dengan CNBC International kemarin (10/6/2019), Trump tak berani mengonfirmasi pertemuannya dengan Xi. Trump hanya menyebut bahwa dirinya berpikir akan ada pertemuan dengan Xi.

“Saya pikir dia akan datang (ke KTT G-20), dan saya pikir kami dijadwalkan untuk menggelar sebuah pertemuan,” kata Trump, dilansir dari CNBC International.

Lebih lanjut, Trump juga mengancam bahwa dirinya akan akan membebankan bea masuk tambahan bagi produk impor asal China jika Xi sampai tak menemuinya di sela-sela KTT G-20 nanti.

Sementara itu, pihak China juga tak bisa mengonfirmasi terkait apakah Trump dan Xi akan bertemu untuk mencoba menyelesaikan perang dagang yang sudah berlarut-larut tersebut.

“Jika ada berita yang lebih konkret soal ini, maka China akan segera menerbitkan pemberitahuan,” ujar Geng Shuang, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China, mengutip Reuters.

Beijing kemudian menegaskan bahwa China tidak ingin ada perang dagang, tetapi tidak takut untuk melakukannya kalau terpaksa. Namun, pintu dialog dengan Washington masih terbuka, sepanjang dilakukan dengan prinsip saling menghormati.

“China tidak ingin ada perang dagang, tetapi tidak takut menghadapinya. Jika AS bersedia melakukan dialog dengan prinsip kesetaraan, maka pintu kami selalu terbuka. Namun jika AS bersikukuh ingin menaikkan eskalasi friksi dagang, maka kami akan merespons dengan tegas dan melawan sampai akhir,” tegas Geng.

Advertisement

Keuangan

Erick Thohir Tunjuk Royke Tumilaar Jadi Dirut Mandiri

Published

on

Finroll.com, Jakarta — Menteri BUMN Erick Thohir menyebut posisi Direktur Utama Bank Mandiri akan ditempati oleh Royke Tumilaar.

“Sudah kan nanti siang (Dirut Mandiri). Pak Royke kan,” ujarnya, Senin (9/12).

Pengumuman resmi penunjukkan Royke akan diumumkan pada RUPS Bank Mandiri yang dijadwalkan berlangsung siang ini, Senin (9/12).

Saat ini, Royke merupakan Direktur Corporate Banking Bank Mandiri. Dia akan menempati posisi yang ditinggalkan oleh Kartika Wirjoatmodjo, yang ditunjuk menjadi Wakil Menteri BUMN. (CNN)

Continue Reading

Keuangan

BCA Tebar Dividen Interim Rp 100/Saham, Ini Jadwalnya

Published

on

By

PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) akan membagikan dividen interim senilai Rp 100 per saham kepada pemegang saham untuk tahun buku 2019. Dividen interim yang dibagikan bersumber dari perolehan laba bersih perseroan yang berakhir pada 30 September 2019.

Pada periode Januari hingga Septemvber 2019, perseroan membukukan laba bersih Rp 20,9 triliun. Dividen yang dibagikan sebesar 11,78% dari perolehan laba bersih atau setara Rp 2,46 triliun.

“Berdasarkan keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada 11 April 2019, perseroan akan melaksanakan pembagian dividen interim tunai untuk tahun buku 2019 sebesar Rp 100 per saham,” tulis manajemen BCA, dalam keterbukaan informasi, 29 November 2019 yang ditandatangani Corporate Secretary BCA, Raymon Yonarto.

Dividen interim tunai akan dibagikan kepada pemegang saham yang namanya tercatat dalam daftar pemegang saham BBCA tanggal 9 Desember 2019 pukul 16.15 WB.

Dalam jadwal yang dipublikasikan BEI, Kamis (5/12/2019), tanggal terakhir perdagangan saham dengan hak dividen atau cum dividen di pasar reguler dan pasar negosiasi pada 5 Desember 2019. Sedangkan cum dividen di pasar tunai dijadwalkan pada 9 Desember 2019.

Dengan demikian, pemegang saham akan menerima pembayaran dividen interim pada 20 Desember 2019.

Pada perdagangan Kamis (29/11/2019), harga saham Bank BCA terpantau terkoreksi 0,08% ke level Rp 31.800 per saham. Saat ini, nilai kapitalisasi pasar BCA di BEI tercatat sebesar Rp 784,03 triliun.

Continue Reading

Keuangan

Binomo Diblokir Malah Buat Situs Baru

Published

on

By

Binomo sedang viral di dunia maya. Binomo adalah salah salah satu website penyedia jasa investasi trading.

Binomo sendiri viral setelah iklan produknya ramai diperbincangkan di dunia maya. Dalam video tersebut memperlihatkan seorang pria yang mengaku sukses dan kaya raya karena Binomo.

Jargonnya: “Jutaan orang bahkan tak menyadari bahwa mereka bisa menghasilkan US$ 1.000 sehari tanpa meninggalkan rumah. Dan Anda adalah salah satu dari mereka.”

Namun tidak disangka, ternyata legalitas Binomo tidak jelas. Bahkan, pemerintah pun sudah memblokir situs utama Binomo, binomo.com dan binomo.net.

Dua situs tersebut masuk ke dalam daftar 58 domain entitas ilegal yang disusun oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan. Bappebti pun sudah meminta Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk memblokir situs-situs entitas tersebut.

Namun, sepertinya Binomo ngeyel. Usai diblokir, kini Bappebti menyatakan menemukan website baru Binomo. Bagaimana kisah selengkapnya? Simak di halaman berikutnya.

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

Asco Global

Trending