Selasa, 23 Februari 2021

Pesona Pemandian Air Soda di Tarutung


Pemandian air soda hanya ada di  dua negara yaitu Indonesia dan Venezuela, kalau di Indonesia ada di Desa Parbubu, kecamatan Tarutung kabupaten Tapanuli Utara dengan nama Aek Rara. terdapat sebuah mata air yang langka. Airnya memiliki rasa yang mirip dengan air soda atau air berkarbonasi. Kolam Air Soda Tarutung ini pertama kali ditemukan oleh Minar Sihite pada tahun 1973. Untuk bisa menemukan sumber air soda inipun ternyata dilakukan secara tidak sengaja.

Pada saat itu Minar yang bekerja sebagai seorang bidan sedang pulang menuju kampung halamannya yang berada di Tarutung. Tapi siapa yang menyangka, kalau ternyata di tengah perjalanan secara tidak sengaja Minar menemukan keberadaan pemandian air soda ini dan yang sekarang bisa dinikmati oleh masyarakat setempat dan bahkan wisatawan dari luar Sumatera Utara.

Bagi para pengunjung yang berendam di pesona pemandian air soda di Tarutung bisa menikmati hangatnya sumber mata air di kolam, dengan suasana asri yang ada di sekeliling pemandian.
finroll pemandian air soda1

Suasana di pemandian air soda ini  sangat sejuk dan menyegarkan mata karena berada di area persawahan, dibarengi dengan pemandangan Lembah Silindung dan jajaran Bukit Barisan.


Tiket masuk pesona pemandian air soda di Tarutung sangat murah dengan harga Rp. 10.000,- . Pengunjung bisa puas menghabiskan waktu bersantai di kolam air soda bersama teman dan keluarga sepuasnya, kedalaman kolam 1,8 meter.


Pengunjung bisa membeli makanan, minuman, serta menyewa ban pelampung jika membutuhkan. Waktu yang tepat untuk mengunjungi pemandian ini adalah pada saat pagi atau siang hari, karena semakin sore air kolam akan terlihat semakin keruh karena banyaknya pengunjung yang berendam seharian.finroll pemandian air soda2

infimas Mulia

Pesona pemandian air soda di Tarutung ini dipercaya bermanfaat bagi kulit, apabila Anda menceburkan diri, tubuh seketika akan dipenuhi dengan buih dan menempel dikulit, banyak pengunjung membuktikan dan merasakan kulitnya lebih halus, bisa menyembuhkan gatal-gatal di badan,
dan menurut hasil uji dokter di Bandung dan Yogyakarta, air soda ini berkhasiat juga untuk membantu penyembuhan pengapuran tulang, rematik, hingga asam urat jika kamu meminumnya.

Rasa airnya mirip seperti soda dengan sedikit sensai asin.Pemandian ini memiliki rasa mirip seperti soda dengan sedikit sensasi asin, tapi harus tetap berhati-hati, jangan sampai terkena mata karena bisa menyebabkan iritasi.

Sumber : traveloka.com

BACAAN TERKAIT