Selasa, 23 Februari 2021

Tradisi Pernikahan Unik, Pengantin Dilarang BAB Selama 3 Hari


Pernikahan merupakan suatu hal yang sakral dan semua orang tentu mempunyai keinginan untuk menikah. Pernikahan juga bukan sesuatu yang sederhana, selain kesiapan materi kita juga memerlukan keteguhan hati untuk menjalani bahtera rumah tangga. Biasanya, pernikahan akan dilaksanakan menurut adat atau tradisi dari masing-masing calon pengantin.

Nah, pada kali ini kita akan membahas salah satu tradisi pernikahan yang sangat unik, dimana pasangan pengantin dilarang untuk buang air 3 hari setelah mereka menikah. Wah, tradisinya rumit juga ya! Coba bayangkan kalau kamu tidak boleh buang air besar setelah menikah, tentu bisa bikin kepala kita tambah pusing. Kira-kira bisa batal nikah nih, daripada kita tambah pusing yuk kita langsung simak aja tradisi yang ada di Kalimantan ini.

Mengenal Tradisi Pernikahan Suku Tidung, Kalimantan Utara

finroll sukutidung2
Pernikahan Suku tidung

Berbeda dengan tradisi pernikahan lainnya, tradisi pernikahan di Suku Tidung ini terbilang sangatlah langka. Di dalam tradisi pernikahan ini kedua calon pengantin tidak boleh buang air besar selama 3 hari setelah mereka sah menjadi sepasang suami istri.

Walaupun hal ini terdengar sulit untuk dilakukan, tapi percayalah bahwa hal ini dianggap mudah dilakukan oleh masyarakat Suku Tidung. Tradisi menahan buang air ini dilakukan demi harapan mendapatkan kehidupan rumah tangga yang harmonis.

Uniknya sebelum tradisi menahan buang air setelah menikah, calon pengantin juga harus melewati beberapa tradisi lainnya. Jika kalian penasaran yuk simak tulisan dibawah ini!

Prosesi Tradisi Pernikahan Suku Tidung

Pengantin wanita dilarang untuk meningggalkan rumah

infimas Mulia

Sebelum resmi menikah, calon pengantin akan melakukan acara tunangan terlebih dahulu. Setelah acara pertunangan, pihak wanita di larang untuk keluar rumah sampai waktu yang ditentukan. Sepertinya tradisi ini agak mirip dengan tradisi pingit ( tradisi dimana calon pengantin tidak boleh saling bertemu, calon pengantin wanita juga tidak diperbolehkan keluar dari rumah) dari adat Jawa yaa!

Pengantin pria tidak diperbolehkan datang terlambat

Saat acara pernikahan, pengantin pria dilarang datang terlambat dan harus datang tepat waktu. Tentu ini tradisi yang mudah bukan? jarang sekali ada calon pengantin yang datang telat di acara pernikahannya sendiri.

Nah, bagaimana jika calon pengantin pria datang terlambat? tentunya akan diberi sanksi. Sanksinya adalah calon pengantin pria akan dikenakan denda berupa perhiasaan.

Penganting pria dilarang melihat wajah sang calon istri

Ini juga merupakan salah satu rangkaian tradisi pernikahan yang sangat unik dimana apabila calon penganti pria ingin melihat wajah calon istrinya, ia diwajibkan untuk menyanyikannya sebuah lagu terlebih dahulu.

Jadi, untuk melihat wajah sang calon istri dibutuhkan sebuah usaha ya! Maka dari itu setidaknya calon pengantin pria diharuskan fasih bernyanyi. Lalu, bagaimana jika tidak bisa? Jawabannya ya sang calon pengantin pria harus berusaha belajar menyanyi, yang penting tidak fals banget ya.

Kedua pengantin dilarang untuk buang air besar

Setelah mereka menikah dan sah menjadi sepasang suami istri, mereka harus melakukan salah satu tradisi yang lumayan menyiksa. Selama 3 hari lamanya mereka berdua harus menahan buang air besar. Wah, gimana kalau sudah tidak tahan? apa yang harus kita lakukan?.

Untuk mencegah hal ini terjadi, kedua calon pengantin diharuskan untuk memakan makanan dengan porsi yang tidak terlalu banyak. Jika mereka sudah melakukannya tapi tidak berhasil juga, ya mereka tetap harus menahannya. Semangat kepada pengantin baru!.

Nah, ini merupakan tradisi pernikahan di Suku Tidung yang ada di Kalimantan Utara. Bagaimana menurut kalian tradisi ini sangat unik bukan? Ohya, tradisi ini masih berlaku lho hingga sekarang.

BACAAN TERKAIT