[gtranslate]

Adakah Sirkuit Terindah di Dunia Selain Mandalika?

  • Share
Adakah Sirkuit Terindah di Dunia Selain Mandalika?
Adakah Sirkuit Terindah di Dunia Selain Mandalika?

Hal yang sama juga diungkapkan oleh akun resmi pabrikan motor KTM melalui akun media sosianya. “Betapa cantiknya sirkuit MotoGP yang baru? Katakan hallo untuk Mandalika! Kita hanya punya waktu satu jam lagi di sirkuit untuk hari pertama ” cuit akun @KTM_Racing.

Kekaguman akan indahnya pemandangan di sirkuit Mandalika juga diungkapkan oleh beberapa pebalap MotoGP seperti Marc Marquez.

Sementara Pol Espargaro menyatakan hal sebagai berikut;

Berada di Mandalika International Street Circuit, Anda tak hanya dapat menikmati pemandangan birunya hamparan laut namun juga bukit-bukit hijau yang memanjakan mata. Pemandangan laut sebenarnya juga bisa dinikmati bila Anda berkunjung ke Sirkuit Phillip Island di Australia.

Namun bedanya, di sekeliling Phillip Island tak ada area perbukitan hijau layaknya di Mandalika.

Sementara itu, di sirkuit Aragon Spanyol, para pengunjung akan disuguhi pemandangan alam berupa gurun yang didominasi bebatuan besar berwarna merah bata. Sama dengan sirkuit Aragon, sirkuit Losail Qatar juga dibangun di area gurun, tepat di bagian utara kota Doha. Kontur lintasan ini sejatinya merupakan padang pasir sehingga pemilik sirkuit harus menambahkan rumput buatan untuk mencegah pasir yang masuk ke lintasan. Karena panasnya suhu udara di area sirkuit ini, sejak tahun 2008 balapan MotoGP selalu digelar pada malam hari, tentunya dengan dukungan pencahayaan yang maksimal. Pemandangan berbeda juga bisa disaksikan ketika Anda berada di Sirkuit KymiRing, Finlandia. Sirkuit ini berada di tengah hutan Finlandia yang indah. Jadi Anda akan melihat hamparan pepohonan pinus yang menjulang tinggi. Dua sirkuit lainnya yang berada di kawasan Asia Tenggara yakni Sirkuit Sepang, Malaysia dan Sirkuit Buriram, Thailand, tidak menawarkan pemandangan alam yang istimewa.

Di sirkuit Sepang misalnya, berada di dekat Bandara Internasional Kuala Lumpur. Untuk memberikan pemandangan hijau, lebih dari 5.000 pohon palem ditanam di sekitar sirkuit. Sedangkan di Sirkuit Buriram, dibuat dua danau buatan di dalam area lintasan untuk membantu sirkulasi udara serta memaksimalkan penyerapan air ketika hujan turun. Jadi bila ditanya sirkuit manakah yang menawarkan pemandangan paling indah, tentu saja cuitan ofisial @MotoGP, jawabannya.

Sumber : Kompas.com

  • Share

Leave a Reply

-->