Hingga 2021, Rekor Tol Terpanjang di Indonesia Masih Dipegang Terpeka

  • Bagikan
hingga 2021 rekor tol terpanjang di indonesia masih dipegang terpeka
hingga 2021 rekor tol terpanjang di indonesia masih dipegang terpeka

Hingga tahun 2021, rekor jalan tol terpanjang di Indonesia adalah jalan Tol Terbanggi Besar–Pematang Panggang–Kayu Agung (Terpeka). Jalan tol ini memiliki panjang hingga 189 kilometer dan hadir untuk menghubungkan dua provinsi yakni Provinsi Lampung dan Sumatera Selatan.

Jalan bebas hambatan ini merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) dan terbagi menjadi dua seksi. Seksi I yakni ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang sepanjang 112 kilometer dan Seksi II ruas Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 77 kilometer.

Karena panjangnya tersebut, Tol Terpeka berhasil mendapatkan rekor MURI sebagai jalan tol terpanjang di Indonesia. Untuk proses konstruksinya, pemerintah mempercayakannya kepada BUMN PT Hutama Karya (Persero). Proses pembangunannya pun memakan waktu 2,5 tahun atau 841 hari.

Mulai dibangun pada pertengahan Tahun 2017, Tol Terpeka selesai dikerjakan pada November 2019 dan menelan biaya investasi sebesar Rp 21,95 triliun. Sejumlah fasilitas rest area disediakan Hutama Karya di sepanjang ruas Terpeka, yakni lima buah rest area berada di jalur yang mengarah ke Kayu Agung, dan empat lainnya berada di arah ke Bakauheni. Selain itu, Tol Terpeka juga dilengkapi 17 jembatan, enam simpang susun dan 23 underpass yang akan memperlancar jalannya lalu lintas. Lebar jalur utama tol Terpeka berukuran 3,6 meter dan dilengkapi dengan enam Gerbang Tol (GT) yaitu GT Gunung Batin di KM 26, GT Menggala yang ada di KM 43, GT Lambu Kibang di KM 61, GT Way Kenanga di KM 77, GT Simpang Pematang di KM 99, dan GT Kayu Agung di KM 188. Jalan Tol Terpeka telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 15 Desember 2019 bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. Saat ini, pemerintah akan segera memulai pembangunan Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap yang menghubungkan wilayah Jawa Barat dan Jawa Tengah. Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap ini membentang sepanjang 206,65 kilometer dan bila rampung maka akan menggeser posisi tol Terpeka sebagai jalan tol terpanjang di Indonesia.

Sumber : Kompas.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

-->