Selasa, 19 Oktober 2021

Bagaimana Cara Membuat Ruang Apartemen Tampak Lebih Luas?


Memiliki apartemen yang luas dan nyaman menjadi impian banyak orang. Tipe hunian seperti itu memberi banyak opsi bagi penghuni dalam mendesain dan mendekorasi ruangan. Selain itu, penghuni juga lebih leluasa dalam beraktivitas.

Untuk diketahui, apartemen yang luas tak selalu memerlukan bidang yang lapang. Hunian apartemen yang luas juga bisa didapatkan dari konsep interior yang digunakan. Salah satunya, konsep interior open space. Konsep open space mengandalkan interior ruang terbuka dengan minim sekat atau pembatas ruangan berupa dinding. Biasanya, konsep ini diaplikasikan untuk membuat rumah tampak lebih luas dengan perabot multifungsi yang tertata rapi. Berikut cara membuat ruang apartemen tampak lebih luas dengan konsep open space.

  1. Jarak langit-langit

    Agar apartemen terasa lebih luas, Anda dapat memanfaatkan langit-langit atau jarak plafon dengan lantai. Usahakan memilih apartemen dengan tinggi langit-langit lebih kurang 3 meter. Selain memberikan kesan luas, apartemen yang memiliki langit-langit tinggi juga baik untuk sirkulasi udara. Sirkulasi udara yang lancar akan membuat penghuni terasa lebih nyaman dalam melakukan berbagai aktivitas di dalam rumah.

  2. Penggunaan jendela besar

    Langit-langit yang tinggi akan memengaruhi penggunaan jenis jendela pada apartemen. Biasanya, semakin tinggi jarak plafon dengan lantai, semakin tinggi dan besar pula jendela yang digunakan. Dengan penggunaan jendela besar, ruangan akan tampak lebih megah. Keuntungan lainnya, cahaya matahari bisa masuk lebih banyak ke dalam ruangan dan memberikan penerangan natural ke dalam apartemen. Jadi, penghuni tidak perlu menyalakan lampu pada siang hari. Hal itu juga memberikan dampak positif bagi kesehatan penghuni karena bisa mendapatkan
    cahaya matahari pagi dan siang hari secara konsisten.
  3. Warna dinding

    Untuk memberikan kesan lebih luas pada ruangan di apartemen, lebih baik gunakan warna dinding yang cerah. Sebab, warna cerah, seperti putih, krem, abu-abu, beige, dan pastel, dapat memancarkan cahaya lebih baik dibandingkan warna gelap. Warna gelap cenderung menyerap cahaya sehingga ruangan jadi tampak terbatas. Selain memberikan kesan luas, warna cerah pada dinding juga dapat memberi pengaruh baik dari sisi psikologis penghuni. Warna putih dan beige, misalnya, dapat memberikan nuansa nyaman dan tenang di dalam ruangan.

  4. Perabot multifungsi

Kesan lebih luas pada apartemen bisa didapat dengan membatasi perabotan. Sebab, penggunaan sedikit perabot dapat memperlega ruang gerak penghuni di dalam apartemen. Untuk itu, penghuni bisa memanfaatkan perabot multifungsi untuk menghemat ruang.

  1. Lebih sedikit sekat antar ruang

Karena mengedepankan ruang yang lega, konsep open space mensyaratkan penggunaan sekat antar ruang yang sedikit. Penghuni dapat menghilangkan sekat ini pada ruangan tertentu. Sebagai contoh, ruang keluarga dan ruang makan. Daripada memisahkan keduanya dalam dua ruang berbeda, lebih baik gabungkan keduanya menjadi satu ruangan yang luas. Kedua ruangan itu juga sejatinya punya tujuan yang sama, yakni tempat berkumpul anggota keluarga. Dengan ruangan yang lebih luas, pergerakan penghuni di dalam rumah juga jadi lebih nyaman. Saat ini, beberapa apartemen telah mengusung konsep open space dalam hunian yang ditawarkan. Salah satunya adalah Casa Domaine yang berlokasi di kawasan Sudirman sebagai the real central business district di Ibu Kota Jakarta.

Casa Domaine memiliki dua tower, yakni Casa Domaine One dengan tinggi 230 meter yang memiliki 61 lantai di atas tanah dan 3 lantai di bawah tanah. Kemudian, Casa Domaine Tower Prive setinggi 210 meter yang memiliki 57 lantai di atas tanah dan 3 lantai di bawah tanah.

Casa Domaine memiliki tiga tipe unit berbeda, yakni unit dua kamar tidur (2BR) dengan luas nett lebih kurang 128 meter persegi, tiga kamar tidur (3BR) seluas lebih kurang 146-149 meter persegi nett, dan unit exclusive dengan tipe empat kamar tidur (4BR) seluas lebih kurang 278-296 meter persegi nett.

Untuk diketahui, tipe empat kamar tidur (4BR) di Casa Domaine hanya ada di Tower Prive mulai dari lantai 35. Adapun kelebihan tipe ini adalah ruang tamu superluas, master bedroom, dan kamar mandi yang dilengkapi dengan bath up. Fasilitas-fasilitas ini dihadirkan untuk memberikan suasana yang sama seperti tinggal di hotel bintang lima.

Secara garis besar, ruang tengah pada apartemen Casa Domaine mengusung konsep open space dengan menghadirkan tiga area utama, yaitu ruang tamu atau ruang keluarga, ruang makan, dan dapur bersih (gourmet kitchen). Ruangan-ruangan tersebut semakin terasa luas dengan penggunaan jendela besar yang memenuhi hampir 95 persen dinding depan dan jarak lantai ke ceiling setinggi lebih kurang 3 meter. Kemudian, material dan perabotan yang dihadirkan di apartemen Casa Domaine juga merupakan bahan pilihan berkualitas terbaik, seperti gracewood timber flooring, marble, penggunaan kitchen appliance dari miele, serta sanitary wares and fitting untuk kamar mandi terbuat dari villeroy dan boch.

Selain unggul dari segi interior dan arsitektur, Casa Domaine juga menghadirkan fasilitas premium bagi penghuni, seperti kolam renang, area indoor dan outdoor bermain anak, area barbeque, private lobby, jalur joging, pusat kebugaran, ruang sauna dan ruang steam, sky terrace, ruang serbaguna, taman, serta community garden.

Apartemen Casa Domaine dirancang oleh SCDA Architects dari Singapura. SCDA Architects dikenal sebagai salah satu firma arsitektur ternama di dunia. Firma ini telah membangun sejumlah apartemen prestisius atau high-end, seperti The Ladyhill, The Marq, dan Nassim Park Residences di Singapura. Sebagai informasi, Casa Domaine merupakan proyek yang dikembangkan oleh tiga grup besar dan memiliki reputasi baik di bidangnya, yakni Lyman Group, Kerry Group, serta Salim Group. Selain itu, Head of Residential Aldrin Yani mengatakan bahwa Casa Domaine memiliki tim yang solid dan profesional di bidangnya.

Jababeka industrial Estate

Sumber : Kompas.com

Komentar

mood_bad
  • Belum ada komentar.
  • Tambahkan komentar

    BACAAN TERKAIT