Kamis, 18 November 2021

Ratusan Rumah Subsidi Di Kalimantan Dapat Bantuan PSU


Program prasarana sarana utilitas (PSU) untuk meningkatkan sarana di rumah subsidi kembali disalurkan di Pulau Kalimantan. Kementerian PUPR mengalokasikan bantuan PSU untuk lebih dari 800 unit rumah subsidi sekaligus mendorong pemerintah daerah untuk menginformasikan perumahan yang membutuhkan program bantuan ini.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kembali menyalurkan bantuan prasarana sarana dan utilitas (PSU) untuk mendorong pembangunan rumah subsidi untuk masyarakat di Kalimantan. Program PSU ini diharapkan bisa meningkatkan kualitas perumahan subsidi dan mendorong kalangan pengembang agar lebih bersemangat mengembangkan perumahan untuk segmen masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

“Penyaluran bantuan PSU akan terus kami laksanakan untuk mendorong pembangunan rumah subsidi yang dibangun oleh pengembang di berbagai wilayah Indonesia. Dengan bantuan PSU ini juga masyarakat yang berhunian di perumahan subsidi bisa mendapatkan akses lingkungan maupun fasilitas yang lebih baik,” ujar Khalawi Abdul Hamid, Dirjen Perumahan Kementerian PUPR.

Program PSU maupun berbagai program perumahan lain yang dijalankan Ditjen Perumahan Kementerian PUPR, seluruhnya difokuskan untuk mempercepat capaian program sejuta rumah yang merupakan program utama perumahan Kementerian PUPR. Program ini penting untuk terus didorong karena rumah merupakan kebutuhan pokok masyarakat terlebih saat situasi pandemi Covid-19 masyarakat membutuhkan hunian yang sehat.

Bantuan PSU merupakan salah satu program yang sifatnya stimulan untuk memberikan dorongan khususnya kepada kalangan pengembang yang membangun perumahan untuk segmen MBR. Dengan bantuan PSU ini pengembang bisa lebih fokus pada penyediaan kualitas rumah yang dibangunnya sementara untuk sarana seperti jalan perumahan, drainase, dan lainnya dibangun menggunakan program PSU ini.

Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2) Kalimantan II Ditjen Perumahan Kementerian PUPR H. Hujurat mengatakan, penyaluran bantuan PSU di Kalimantan dilaksanakan di Provinsi Kalimantan Timur yang tersebar di Sembilan lokasi perumahan di empat kabupaten dan kota.

“Program PSU yang disalurkan untuk wilayah Kalimantan Timur ini untuk sebanyak 885 unit rumah subsidi dengan total anggaran mencapai lebih dari Rp6 miliar. Program ini juga dilaksanakan di Kalimantan Utara untuk 130 unit rumah, termasuk di Kota Tarakan dan satu lagi di Kabupaten Bulungan,” jelasnya.

Untuk program ini Kementerian PUPR juga terus mendorong pemerintah daerah untuk ikut aktif mengusulkan bantuan PSU melalu aplikasi Sistem Informasi Bantuan Perumahan (Sibaru). Berbagai program perumahan Kementerian PUPR ini bisa dikombinasikan dengan program perumahan pemerintah setempat sehingga bisa kian mempercepat program perumahan di daerah-daerah.

Sumber : Rumah.com

Komentar

mood_bad
  • Belum ada komentar.
  • Tambahkan komentar

    BACAAN TERKAIT