Jumat, 17 September 2021

Ribuan Unit Rusun Dan Ratusan Unit Rusus Dibangun Di Kepulauan Tanimbar


Kementerian PUPR terus mendorong pemerintah daerah untuk mensinkronkan program pembangunan perumahan dengan pemerintah pusat. Di Kabupaten Tanimbar berbagai program perumahan telah dilaksanakan seperti pembangunan rumah khusus, rumah susun, dan berbagai infrastruktur perumahan lainnya.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono telah menghimbau kepada seluruh pemerintah daerah agar mensinergikan program perumahan maupun penataan kawasan kumuh di daerah dengan program pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR.

Karena itu sinkronisasi maupun koordinasi perlu terus dilakukan khususnya melalui Ditjen Perumahan Kementerian PUPR. Belum lama ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, melakukan audensi untuk program pembangunan perumahan di wilayahnya. Ada beberapa program yang akan dijalankan seperti rumah khusus (Rusus), rumah susun (Rusun), penataan kawasan kumuh, dan lainnya.

Menurut Dirjen Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid, pembangunan perumahan bagi masyarakat khususnya di wilayah perbatasan seperti Provinsi Maluku merupakan salah satu upaya Kementerian PUPR yang terus didorong untuk terus meningkatkan pemerataan pembangunan di seluruh wilayah Indonesia melalui program perumahan.

“Kabupaten Tanimbar ini merupakan wilayah perbatasan Indonesia dengan Australia dan merupakan salah satu target kawasan yang pembangunan infrastruktur dan perumahannya terus didorong. Hal in untuk terus memajukan daerah perbatasan supaya bisa meningkatkan kehidupan masyarakat dan menjadi daerah yang berkembang,” ujarnya.

Program pembangunan dari Kementerian PUPR untuk wilayah Maluku sendiri telah dianggarkan dan dilaksanakan sejak tahun 2015 lalu. Hingga saat ini beberapa program telah dilaksanakan seperti pembangunan Rusus sebanyak 164 unit, rumah swadaya 1.953 unit, satu tower Rusun, dan berbagai infrastruktur perumahan lainnya.

Saat ini juga tengah dibangun satu tower Rusun dalam rangka pemanfaatan lahan supaya lebih efektif dan berdaya guna. Rusun yang dibangun itu berada di Jalan Ki Hajar Dewantoro, Saumlaki, yang diperuntukan bagi kalangan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Bupati Kepulauan Tanimbar Petrus Fatolon mengatakan, pihaknya sangat berterima kasih dengan program infrastruktur dan perumahan dari Kementerian PUPR untuk terus mendorong kelayakan masyarakat dengan hunian yang lebih sehat dan layak huni.

“Kami juga terus meningkatkan koordinasi dengan Kementerian PUPR khususnya untuk penyediaan sarana hunian maupun pengentasan kawasan kumuh dan hunian masyarakat yang tidak layak. Saat ini juga masih banyak pulau-pulau di Maluku yang masih membutuhkan dorongan untuk pembangunan kawasannya,” imbuhnya.

Sumber : Rumah.com

CIMB NIAGA

Komentar

mood_bad
  • Belum ada komentar.
  • Tambahkan komentar

    BACAAN TERKAIT