Selasa, 29 Juni 2021

The 516 Arouca Portugal, Jembatan Gantung Terpanjang di Dunia


Sebuah jembatan gantung pejalan kaki terpanjang di dunia telah dibuka di Portugal bagian utara. Jembatan gantung bernama The 516 Arouca tersebut membentang sepanjang 516 meter.

Menurut Dezeen, The 516 Arouca dibangun di Arouca Geopark, digantung 175 meter di atas sungai Paiva dan menghubungkan dua bukit dengan permukaan tebing granit.

Lembaga Penelitian dan Pengembangan Teknologi untuk Konstruksi, Energi, Lingkungan dan Keberlanjutan jembatan ini sebagai daya tarik wisata untuk daerah Arouca. Pemandangan menakjubkan ke Ngarai Pavia dan menuju Air Terjun Aguieiras di dekatnya, terlihat demikian luas.

Terletak di sebelah Paiva Walkways, terdapat juga jalan setapak sepanjang delapan kilometer yang berkelok-kelok melewati perbukitan Arouca.

“Sebuah karya teknik nasional yang luar biasa dan pasti akan menjadi salah satu struktur paling ikonik di Arouca dan itu pasti akan menjadi tengara modernitas,” kata Wali Kota Arouca Margarida Belém seperti dikutip dari Dezeen, Selasa (29/06/2021).

Strukturnya sekarang menjadi jembatan gantung pejalan kaki terpanjang di Eropa, melampaui Jembatan Charles Kuonen setinggi 494 meter di Swiss, yang selesai dibangun pada 2017.

Jembatan Cable Stayed Ikonik Para pengembang percaya bahwa The 516 Arouca merupakan jembatan gantung pejalan kaki terpanjang di dunia, meskipun Jembatan Baglung Parbat sepanjang 567 meter di Nepal juga mengeklaim gelar tersebut.

Namun, penyeberangan Nepal adalah jembatan gantung dengan konstruksi yang sederhana atau catenary, yang hanya menampilkan dek yang didukung dan mengikuti kurva yang sama seperti kabel gantung bebas. Sebaliknya, jembatan gantung biasa, seperti jembatan Portugis, memiliki dek yang didukung oleh kabel yang digantung dari menara yang ditinggikan. Dek dan kabel mengikuti kurva yang berbeda. “Ini adalah yang terbesar di dunia, seperti yang selalu kami katakan, dengan panjang 516 meter, dan ketinggian dari permukaan air 175 meter, itu yang tertinggi dalam hal konstruksi dan dengan kapasitas lebih,” kata seorang perwakilan dari otoritas lokal Portugis. Menara beton dalam bentuk A terbalik menandai titik pendaratan jembatan dan menopang dua kabel suspensi baja, yang dikenal sebagai kabel tarik, yang menopang jalan baja. Kabel suspensi dipasang ke dua titik tertinggi menara beton dan diikat ke dek jalan dengan kabel vertikal. Jalan setapak tersebut dibangun sebagai kumpulan dari 127 geladak berlapis logam yang saling terkait yang berfungsi sebagai sel individual dan masing-masing terhubung ke kabel suspensi di dua titik.

Sumber : Kompas.com

Komentar

mood_bad
  • Belum ada komentar.
  • Tambahkan komentar

    BACAAN TERKAIT