Kementerian PUPR Bantu Bangun Rumah Korban Terdampak Tsunami Selat Sunda, Tapi..

  • Bagikan
Kementerian PUPR Bantu Bangun Rumah Korban Terdampak Tsunami Selat Sunda, Tapi..

 

Finroll.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyatakan, akan membangun rumah khusus bagi rumah warga yang terdampak tsunami di Selat Sunda.

Meski begitu, rumah-rumah yang akan dibangun tidak bisa di dirikan pada lokasi yang berdekatan dengan pantai.

“Untuk rumah akan kita bantu bangun, tapi tidak mungkin di situ (lokasi rumah yang hancur –red). Harus di relokasi,” ungkap Basuki di Kementerian PUPR, Jakarta, Kamis (27/12).

Ia menjelaskan, lokasi rumah warga yang hancur rata-rata berada dekat dengan bibir pantai. “Karena itu (lokasi rumah) cuma lima meter dari pantai yang hancur itu, betul-betul di bibir pantai. Jadi bahaya, apalagi yang persis menghadap Krakatau,” sambungnya.

Baca Lainnya: Menteri PUPR Tegaskan Masa Prioritas Evakuasi Infrastruktur Selama Seminggu ke Depan

Saat ini pihaknya masih menunggu proses pendataan jumlah rumah warga yang mengalami kerusakan, hingga lokasi baru yang menjadi tempat pembangunan rumah bantuan tersebut.

“Itu dananya dari APBN full. Untuk perhitungannya, pak Bupati lagi mendata jumlah rumahnya. Kami akan bangun rumah tipe 36. Kami masih menunggu lokasi daerah yang aman untuk di bangun,” lanjutnya.

Bantuan ini juga telah sesuai dengan UU nomor 1 tahun 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman, dan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 20/PRT/M/2017 Tahun 2017 tentang Penyediaan Rumah Khusus.

Basuki menambahkan, dari aturan tata ruang sudah menjelaskan jika pendirian rumah di sepandain pantai tidak bisa dikerjakan sembarangan.  Sementara bangunan-bangunan yang terkena terjangan tsunami Selat Sunda terindikasi melanggar aturan tata ruang tersebut.

“Jadi tidak bisa harus 200 meter semuanya dari bibir pantai, ada kriteria berdasarkan intensitas bahayanya. Tapi kalau yang berhadapan langsung dengan Krakatau, mestinya agak jauh,” tutup Basuki.

Sumber: Antara

  • Bagikan
-->