Jumat, 28 Mei 2021

Tips dan Trik Mencuci Pakaian Berbahan Halus


erusaknya, kita cenderung menyerahkan tugas ini pada jasa khusus mencuci pakaian. Padahal sebenarnya kamu bisa mencucinya sendiri. Dengan langkah yang benar, pakaian berbahan halus milikmu tidak akan rusak walaupun kamu mencucinya sendiri. Berikut adalah tips mencuci pakaian berbahan halus yang dilansir dari Momtastic,

  1. Jangan selalu percaya pada label pakaian

Wol – wol, kasmir, merino, angora, dan rajutan lainnya – sutra, renda, dan bahan sintetis

halus semuanya dapat dicuci di rumah, meskipun label perawatannya mengatakan ‘hanya boleh dry cleaning’,” kata Lindsey Boyd, salah satu pendiri The Laundress . “Triknya adalah dengan menggunakan deterjen khusus kain yang tepat, suhu air dingin, dan keringkan dengan udara,” lanjutnya.

  1. Mencuci dengan tangan sama baiknya dengan cry cleaning

Masalah terbesar yang dihadapi kebanyakan orang dengan mencuci tangan adalah pakaiannya tidak selalu berbau harum dan segar. Padahal, ini adalah cara yang berbaik. “Isi wastafel, bak atau baskom dengan air dingin dan tambahkan sedikit Wool & Cashmere Shampoo untuk wol atau Delicate Wash untuk sutra, renda atau sintetis,” kata Boyd.

Produk seperti deterjen khusus bayi juga dapat digunakan untuk pakaian berbahagn halus milikmu. Namun, berhati-hatilah saat menggunakan pemutih atau pencerah warna untuk pakaian berbahan halus.

[yarpp]

Gunakanlah benar-benar sesuai dengan takaran. “Lalu, tambahkan item dan kocok air untuk membubarkan sabun. Biarkan terendam hingga 30 menit sebelum mengeluarkan pakaian, memeras air sabun, lalu mengisi ulang dengan air bersih segar untuk membilas dan menghilangkan sabun dari pakaian,” katanya. Dia melanjutkan dengan menggarisbawahi bahwa penting untuk tidak memeras terlalu kuat saat kamu ingin mengeringkan pakaian berbahan halus

Karena, hal ini dapat memengaruhi kualitas kain. Cukup tekan kelebihan air dengan tangan atau di sisi wastafel atau bak, lalu angin-anginkan atau gantung sampai kering. 3. Cara mencuci pakaian halus dengan mesin

Pakaian berbahan halus juga bisa dicuci dengan mesin. Namun, kamu perlu memasukkannya ke dalam kantong pencuci jarung agar pakaian tidak tersangkut di mesin. “Pilih siklus yang rumit, putaran rendah dan air dingin lalu tambahkan deterjen dan item dalam jumlah yang sesuai,” kata Boyd. “Pastikan untuk mencuci dengan warna dan (jenis) kain seperti itu saja. Keluarkan segera dari mesin setelah siklus selesai dan angin-anginkan atau gantung sampai kering,” ujanrnya. Jika pakaian terkena noda, jangan lupa untuk membersihkan noda dan bau sebelum dimasukkan ke mesin cuci.

Oleskan perawatan noda ke area yang terkena dan kerjakan dengan sikat noda,” kata Boyd. Untuk noda membandel, letakkan pakaian di wastafel, bak atau baskom, dan tuangkan air panas dari ketinggian untuk mendorong pewarnaan lebih dalam ke kain. Biarkan terendam dalam air hangat hingga panas hingga 30 menit. Agar noda membandel segera hilang, kamu bisa menggunakan pemutih atau menggunakan cuka putih. Ini akan membantu menyerap bau yang tidak diinginkan. Setelah 30 menit, cuci seperti biasa.

Sumber : Kompas.com

CIMB NIAGA

Komentar

mood_bad
  • Belum ada komentar.
  • Tambahkan komentar

    BACAAN TERKAIT