Rumah MBR dan Irigasi Kecil Jadi Prioritas Kerja Kementerian PUPR di 2019

  • Bagikan
Rumah MBR dan Irigasi Kecil Jadi Prioritas Kerja Kementerian PUPR di 2019

Finroll.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyebut pembangunan rumah bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) dan Padat Karya irigasi kecil jadi prioritas kerja di tahun 2019.

Sementara pembangunan infrastruktur lain seperti jalan, jalan tol, jembatan bentang panjang dan bendungan tetap dilakukan.

Baca Lainnya: Kementerian PUPR Bantu Bangun Rumah Korban Terdampak Tsunami Selat Sunda, Tapi..

“Jadi akan tetap menjadi program prioritas termasuk perbaikan irigasi kecil melalui program Padat Karya Tunai agar dana yang bergulir di desa lebih banyak,” ujar Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono saat meresmikan 40 unit Rumah Khusus (Rusus) Desa Pucungrejo, di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah baru-baru ini.

Ia menambahkan, kebutuhan perumahan di Indonesia saat ini masih tinggi. Sehingga Pemerintah melalui Kementerian PUPR hadir dengan membangun rumah MBR, melalui Ditjen Penyediaan Perumahan seperti pembangunan rumah susun, rumah khusus dan rumah swadaya.

Baca Lainnya: Tol Trans Jawa Diproyeksikan Mampu Meningkatkan Perekoniam Global

“Setiap tahunnya Kementerian PUPR memperbaiki sekitar 160 ribu unit rumah tidak layak huni (RTLH) melalui Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS). Tahun 2019 diprogramkan untuk perbaikan sebanyak 200 ribu unit RTLH yang ada di seluruh Indonesia,” paparnya.

Terkait dengan pembangunan Rusus Desa Pucungrejo, Kementerian PUPR membangunnya diatas lahan seluas 3.800 hektare persegi, dengan ukuran rumah tipe 28. Biaya pembangunan menelan biaya Rp4 miliar oleh kontraktor PT Insan Pesona melalui anggaran tahun 2018.

Sumber: Republika

  • Bagikan
-->