Soal Supertall, Jakarta Masih Kalah Jauh dari Bangkok

  • Bagikan
soal supertall jakarta masih kalah jauh dari bangkok
soal supertall jakarta masih kalah jauh dari bangkok

Salah satu ciri khas yang dijumpai di berbagai kota besar di dunia adalah gedung-gedung dengan tinggi yang menjulang atau kerap disebut sebagai pencakar langit. Gedung-gedung pencakar langit ini biasanya memiliki kegunaan beragam (mixed use building), baik untuk perkantoran, restoran, area rekreasi, pusat perbelanjaan hingga apartemen. Beberapa kota bahkan memiliki supertall dan megatall, yakni gedung pencakar langit yang memiliki tinggi lebih dari 300 meter dan 500 meter. Saat ini, Jakarta belum memiliki supertall karena rekor gedung tertinggi masih dipegang oleh Gama Tower milik dua bersaudara Ganda dan Martua Sitorus, dengan tinggi 285 meter.

Namun, sebentar lagi Jakarta akan memiliki supertall baru dengan ketinggian 382,9 meter yakni Autograph Tower yang berlokasi di Thamrin Nine, Jakarta Pusat. Konstruksi Autograph Tower telah mencapai tutup atap atau topping off pada Oktober 2020 dan rencananya akan rampung pada Kuartal III-2022.

Meski akan memiliki supertall, bila dibandingkan dengan kota-kota lainnya di Asia Tenggara, ternyata Jakarta masih kalah. Bahkan, bila pun dikomparasikan dengan Bangkok. Bangkok tercatat memiliki 4 supertall, dengan Magnolias Waterfront Residence yang merupakan gedung tertinggi yang mengangkasa 316 meter. Sementara tiga supertall lainnya yakni King Power MahaNakhon (314 meter), Four Season Private Residences Bangkok (309 meter) dan Baiyoke Tower II (304 meter). Ke depannya, Bangkok akan punya supertall terjangkung dengan ketinggian 436 meter yakni One Bangkok, yang saat ini masih dalam tahap konstruksi.

Gedung yang dirancang oleh firma arsitek Skidmore, Owings & Merrill, dijadwalkan rampung pada tahun 2024 mendatang.

Rencana pembangunan Supertall One Bangkok diusulkan pada April 2017. Awalnya, gedung ini dirancang hanya 380 meter, namun diubah menjadi 436 meter. Gedung ini berlokasi tepat di samping Lumphini Park, yang merupakan taman di tengah pusat kota Bangkok. Sebelumnya, Bangkok berencana membangun megatall dengan ketinggian 615 meter yakni Grand Rama 9. Sayangnya, proyek tersebut kini telah dibatalkan.

Sumber : Kompas.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

-->